40 Kata-Kata Bijak Mahatma Gandhi, Sederhana tapi Sarat Makna

Reporter : Ulyaeni Maulida
Senin, 18 Mei 2020 18:49
40 Kata-Kata Bijak Mahatma Gandhi, Sederhana tapi Sarat Makna
“Dunia ini cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia, bukan untuk memenuhi keserakahan manusia.”

Dream – Mahatma Gandhi adalah salah seorang pemimpin besar di India bahkan dunia. Sosoknya yang inspiratif dan pembawaannya yang tenang, memberikan banyak pelajaran tentang cara manusia memaknai kehidupan.

Salah satu ajarannya Mahatma Gandhi yang paling terkenal adalah tak pernah melawan penindasan dengan kekerasan. Sikap welas asih serta keberaniannya telah menjadi inspirasi. Kata-kata bijak yang sering ia ungkapkan, tentu saja menjadi penyemangat dalam berjuang.

Meskipun sederhana, namun kata-kata bijaknya memiliki makna yang begitu dalam.

Berikut adalah kumpulan kata-kata bijak Mahatma Gandhi  yang dapat membantumu terus berjuang dalam kehidupan.

1 dari 4 halaman

Kata-Kata Bijak Tentang Kehidupan

Kehidupan© Pixabay.com

1. “ Kebahagiaan adalah disaat apa yang ada pikirkan, apa yang anda katakan, dan apa yang anda lakukan berada dalam satu keharmonian.”

2. “ Jika kita bisa mengubah diri kita sendiri, maka dunia juga akan berubah. Ketika seseorang mengubah kelakuannya, maka kelakukan dunia terhadapnya juga berubah... Kita tidak perlu menunggu hingga orang lain berubah.”

3. “ Selalu percaya pada impian Anda, karena jika tidak, Anda masih akan memiliki harapan.”

4. “ Jadilah kamu manusia yang pada kelahiranmu semua orang tertawa bahagia, tetapi hanya kamu sendiri yang menangis dan pada kematianmu semua orang menangis sedih, tetapi hanya kamu sendiri yang tersenyum.”

5. “ Hiduplah seolah engkau mati besok. Belajarlah seolah engkau hidup selamanya.”

6. “ Kasih sayang merupakan bentuk tertinggi dari sikap tanpa kekerasan.”

7. “ Harta sejati adalah kesehatan, bukan emas dan perak.”

8. “ Kesalahan tidak akan menjadi kebenaran walau berulang kali diumumkan, sebaliknya, kebenaran tidak akan jadi kesalahan walau tak seorang pun mengetahuinya.”

9. “ Berdoa bukanlah meminta. Itu adalah keinginan jiwa. itu adalah pengakuan akan kelemahan seseorang. Lebih baik berdoa dengan hati namun tanpa kata kata daripada berdoa dengan kata kata namun tanpa hati.”

10. “ Kepuasan itu terletak pada usaha, bukan pada pencapaian hasil. Berusaha keras adalah kemenangan besar.”

 

2 dari 4 halaman

11. “ Dunia ini cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia, bukan untuk memenuhi keserakahan manusia.”

12. “ Cinta tidak pernah meminta, ia senantiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Di mana ada cinta, disitu ada kehidupan. Berbeda dengan kebencian yang membawa kepada kemusnahan.”

13. “ Kita harus menjadi perubahan yang ingin kita lihat di dunia.”

14. “ Hampir semua yang Anda kerjakan akan kelihatan sepele, tetapi sebenarnya hal itu amatlah penting.”

15. “ Kebencian selalu membunuh, cinta tidak pernah mati, itulah yang membedakan antara keduanya. Apa yang diperoleh cinta, akan selalu abadi. Apa yang diperoleh benci, akan menjadi beban hidup karena ia akan melahirkan banyak kebencian baru.”

16. “ Dalam berdoa, lebih baik memiliki sebuah hati tanpa kata-kata daripada kata-kata tanpa hati.”

17. “ Saya tidak menyukai kekerasan, karena ketika kekerasan digunakan untuk melakukan kebaikan, kebaikan itu hanyalah sementara; kejahatan yang dilakukannya permanen.”

18. “ Perbedaan pendapat yang jujur itu dianggap sebagai tanda kemajuan yang baik.”

19. “ Sebagai manusia, kehebatan kita tidak banyak terletak pada kemampuan untuk mengubah dunia yang mana itu adalah mitos pada zaman atom tapi pada kemampuan untuk mengubah diri kita.”

20. “ Saya tidak pernah meramal masa depan, saya hanya peduli untuk menjaga masa kini. Tuhan tidak memberikan kendali akan masa-masa nanti kepadaku.”

 

 

3 dari 4 halaman

Kata-Kata Bijak Mahatma Gandhi Tentang Kehidupan

Kehidupan© Pexels.com

21. “ Mereka yang berjiwa lemah tak akan mampu memberi maaf yang tulus. Pemaaf sejati hanya melekat bagi mereka yang berjiwa tangguh.”

22. “ Kami memenangkan keadilan tercepat dengan memberikan keadilan kepada pihak lain.”

23. “ Tidak' diucapkan dari keyakinan terdalam dan itu lebih baik daripada 'Ya' yang hanya diucapkan untuk menyenangkan, atau lebih buruk lagi, untuk menghindari masalah.”

24. “ Kemarahan adalah musuh dari anti-kekerasan dan kesombongan adalah monster yang menelannya.”

25. “ Orang yang baik adalah teman dari semua makhluk hidup.”

26. “ Yang lemah tidak akan pernah bisa memaafkan. Pengampunan adalah atribut yang kuat.”

27. “ Anda dapat merantai saya, Anda dapat menyiksa saya, Anda bahkan dapat menghancurkan tubuh ini, tetapi Anda tidak akan pernah memenjarakan pikiran saya.”

28. “ Perbedaan antara apa yang kita lakukan dan apa yang kita mampu lakukan akan cukup untuk menyelesaikan sebagian besar masalah dunia.”

29. “ Pertama mereka mengabaikan Anda, lalu mereka menertawakan Anda, lalu mereka melawan Anda, lalu Anda menang.”

30. “ Kekuatan tidak datang dari kapasitas fisik. Itu datang dari kemauan yang gigih.

 

4 dari 4 halaman

31. " Bumi ini cukup untuk tujuh generasi, namun tidak akan pernah cukup untuk tujuh orang serakah."

32. " Aku memiliki kepercayaan bahwa aku bisa melakukan, aku akan mencapai kemampuan untuk melakukannya, meskipun pada awalnya aku tidak memiliki kapasitas tersebut."

33. " Ketika ada cinta, di situlah ada kehidupan."

34. " Kamu tidak seharusnya kehilangan kepercayaan pada kemanusiaan. Kemanusiaan itu seperti lautan, jika beberapa tetes dari air laut itu kotor, lautan sendiri itu tidak akan menjadi kotor."

35. " Masa depan tergantung pada apa yang kau lakukan hari ini.

36. Tidak ada yang lebih menghabiskan waktu daripada kekhawatiran, dan orang-orang yang mengaku percaya pada Tuhan patut malu apabila mereka khawatir mengenai sesuatu hal."

37. " Doa bukanlah permintaan. Doa merupakan kerinduan jiwa. Itu adalah pengakuan atas kelemahan seseorang adalah lebih baik jika dalam doa kita memiliki hati tanpa kata-kata daripada kata-kata tanpa hati."

38. " Cinta tidak pernah meminta, ia senantiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Di mana ada cinta, di situ ada kehidupan. Berbeda dengan kebencian yang membawa kepada kemusnahan."

39. " Pada suatu saat, kepemimpinan berarti otot, namun pada hari ini, makna kepemimpinan adalah berbaur dengan semua orang."

40. " Kecintaan adalah satu-satunya senjata untuk melawan kebencian."

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Beri Komentar