10 Pesan Menyejukkan Ustaz Digital Habib Husein Jafar

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 23 Oktober 2019 18:02
10 Pesan Menyejukkan Ustaz Digital Habib Husein Jafar
Habib Husein Jafar, habib milenial yang dikenal dengan cara dakwahnya yang gaul dan dekat dengan anak muda.

Dream- Sosok Habib Husein Jafar semakin dikenal publik sejak kemunculannya di jagat Youtube dengan channelnya, Jeda Nulis.

Beberapa waktu terakhir, Habib Jafar juga kerap melakukan kolaborasi dengan beberapa artis Youtube milenial seperti Tretan Muslim, Coky Pardede hingga Arie Keriting.

Cara berdakwah habib satu ini sangat unik. Ia kerap mengenakan pakaian santai dan kasual saat berdakwah, sedikit berbeda dengan habib atau ustad lainnya.

Habib Husein juga aktif di beberapa platform media sosial, seperti Instagram dan twitter. Inilah yang membuatnya kerap disebut sebagai ‘habib gaul’ atau ‘habib milenial’.

Habib Husein Jafar atau akrab dipanggil Habib Jafar tak jauh berbeda dengan pemuka agama Islam lain. Ia kerap menyampaikan pesan-pesan menyejukkan hati tentang Islam.

Dari ibadah, akhlak hingga bagaimana harus bersikap sebagai seorang muslim di tengah keberagaman.

Berikut 10 pesan menyejukkan hati dari Habib Husein Jafar, yang dijamin bikin kita semakin bangga menjadi seorang muslim dan terus berusaha menjadi muslim yang baik.

1 dari 5 halaman

Pesan Menyejukkan Hati tentang Beribadah

Dalam unggahan di akun instagramnya, Habib Jafar kerap menyuarakan kalau Islam bukan hanya soal ibadah ritual saja.

Ia kerap mengatakan, Islam itu mengajarkan cinta, baik itu cinta pada Allah SWT dan cinta kepada sesama makhluk ciptaan-Nya. Seperti dua pesan menyejukkan hati berikut ini.

 Habib Husein JafarHabib Husein Jafar ©

2 dari 5 halaman

Pesan Menyejukkan Hati, Menjadi Manusia yang Baik

Menurut Habib Jafar, menjadi manusia yang baik bisa dilakukan oleh siapa saja. Hal terpenting dalam upaya menjadi manusia baik ialah cinta.

“ Apa lagi Islam kalau bukan cinta?” pesan yang dijadikan ikon sang habib dalam berdakwah.

 Habib Husein JafarHabib Husein Jafar © https://www.instagram.com/husein_hadar/

3. Pembenci dan Pecinta

 “ Pembenci memikirkan yang dibenci. Maka hidupnya selalu suram. Pecinta memikirkan yang dicinta. Maka hidupnya selalu cerah.”

Menjadi manusia yang baik bukan soal hubungan kita dengan Tuhan saja, tapi juga bagaimana kita berhubungan dengan sesame manusia. Ingat pesan Habib Jafar berikut ini.

4. Pesan dan Kesan yang Baik

“ Pesan baik yang disampaikan harus diikuti dengan kesan baik yang ditinggalkan. Jika harus memilih, meninggalkan kesan yang baik lebih penting dalam dakwah ketimbang menyampaikan pesan baik.”

3 dari 5 halaman

Pesan Menyejukkan Hati Tentang Hijrah dan Jihad

Bagi Habib Jafar, hijrah dan jihad tidak perlu muluk seperti yang dilakukan sebagian oknum teroris yang mengatasnamakan Islam dalam setiap aksinya.

Berikut pesan menyejukkan hati Habib Jafar tentang hijrah dan jihad.

 

      View this post on Instagram

Nabi Muhammad ajarkan utk perbaiki diri, lalu berdakwah dgn utamanya keteladanan dari diri. Vlog Terbaru #JedaCeramah nih: “‘Bercermin’ Dulu, Berdakwah Kemudian”. Link di bio IG.

A post shared by Husein Ja’far Al Hadar (@husein_hadar) on

5. Hijrah yang Baik

Hijrah itu bukan hanya dalam hal fikih (salat, puasa, dll), apalagi sekadar penampilan. Tapi juga muamalah (berhubungan baik sesame manusia), akal (ilmu, sains, teknologi, dll) dan hati (rendah hati, menyayangi, dll).”

6. Jihad Sederhana

“Jihad kita tidak usah muluk-muluk, sederhana dan harian tapi penting dan pahalanya dahsyat: senyum pada orang lain, jangan menyela antrian, ucapkan salam saat bertemu orang dan bilang hati-hati serta mendoakan saat hendak pergi, memaafkan orang lain ketika hendak tidur, telepon atau doakan orang tua.”

4 dari 5 halaman

Pesan Menyejukkan Hati tentang Indahnya Islam

Islam itu cinta. Dari cinta itu, akan muncul kebahagiaan dan setiap umat Islam wajib untuk menyebarkan cinta ini kepada siapa saja. Tidak boleh sombong dan berbuat jahat dengan sesamanya, seperti pesan menyejukkan hati berikut ini.

7. Islam itu Kegembiraan

“ Islam adalah berita gembira, bukan ketakutan. Maka, dakwahkan ia dengan kegembiraan pula, buka teror.”

 Habib Husein JafarHabib Husein Jafar ©

5 dari 5 halaman

Pesan Menyejukkan Hati tentang Akhlak yang Baik

Perilaku atau akhlak menjadi cerminan bagi setiap manusia. Begitupun dengan umat Islam, serajin apapun ibadahnya, kalau masih suka berakhlak buruk, seperti menipu, berkhiatan, maka akan bercuma segala ibadah yang telah ia lakukan. Seperti pesan-pesan berikut ini.

 

      View this post on Instagram

‪Islam adalah agama yg terbuka pd penafsiran yg disesuaikan pd konteks kita, baik konteks keindonesiaan maupun kekinian. Selengkapnya di vlog terbaru saya: “Islam Kita, Islam Nusantara yang Berkemajuan”.

A post shared by Husein Ja’far Al Hadar (@husein_hadar) on

9. Akhlak yang Baik

“Jika berbicara, dusta. Jika berjanji, tak menepati. Jika diberi amanat, ia khianat. Meski ia puasa dan salat, serta menyangka dirinya seorang muslim. Hadist Riwayat Muslim. Lihatlah, betapa ibadah saja tak cukup, tapi butuh akhlak yang agung pada manusia.”

10. Senyum adalah Ibadah

“Pakaian senyamannya. Satu-satunya yang wajib dipakai hanya otak. Karena itu yang sering ketinggalan ketika mendengarkan pengajian.”

Masih banyak lagi pesan-pesan menyejukkan hati dari Habib Jafar yang bisa Sahabat Dream simak lewat dakwahnya di Youtube Channel Jeda Nulis, atau di berbagai video kolaborasi bersama artis Youtube lainnya. Mari sebarkan kebaikan dan jadi umat Muslim yang berakhlak mulia. “Apa lagi Islam kalau bukan cinta?” benar begitu, Habib?

(ism, Sumber: @husein_hadar)

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak