12 Amalan Bulan Syawal dan Keistimewaannya, Yuk Tabur Keberkahan

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 26 Mei 2020 08:12
12 Amalan Bulan Syawal dan Keistimewaannya, Yuk Tabur Keberkahan
Untuk mensyukuri datangnya bulan Syawal, ada beberapa amalan yang bisa kamu lakukan. Yuk, kita cek di bawah ini.

Dream – Selain menandakan kemenangan, bulan Syawal juga mempunyai banyak keistimewaan. Amalan-amalan di bulan Syawal bisa rutin dilakukan untuk selalu menjaga tingkat keimanan umat muslim kepada Allah SWT sekaligus mendapatkan pahala.

Bulan Syawal merupakan salah satu bulan terbaik setelah Ramadhan. Ketika bulan puasa telah berakhir, bukan berarti intensitasi kita melakukan berbagai amalan dan ibadah ikut mengendur. Justru kita harus meningkatkan dan melanjutkan amalan ibadah di bulan Syawal.

Untuk mensyukuri datangnya bulan Syawal ada beberapa amalan yang bisa kamu lakukan. Bulan Syawal memiliki banyak keistimewaan yang sayang sekali jika tidak kamu manfaatkan setelah bulan Ramadhan berlalu.

Dilansir dari berbagai sumber informasi, berikut ini beberapa amalan dan keistimewaan bulan Syawal.

1 dari 6 halaman

Puasa 6 Hari di Bulan Syawal dan I'tikaf

 Ilustrasi© iStockphoto

Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

Saat bulan Syawal tiba, Allah tetap memberikan banyak pahala kepada umat muslim yang mau menjalankan ibadah. Puasa 6 hari di bulan Syawal akan mendapatkan pahala berpuasa selama satu tahun. Amalan puasa di bulan Syawal sangatlah mulia, dan hanya akan diberikan kepada orang yang melaksanakannya. Puasa Syawal menandakan bahwa Allah swt., menerima amalan ibadah selama bulan Ramadhan dan bukti syukur sehingga mendapat ampunan dari Allah swt.

“ Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan puasa enam hari bulan Syawal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh” (H.R Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah).

I’tikaf

Amalan bulan Syawal selanjutnya adalah dengan melaksanakan I’tikaf atau berdiam diri di dalam masjid. Selain saat bulan Ramadhan, I’tikaf juga bisa kamu laksanakan saat memasuki bulan Syawal.

2 dari 6 halaman

Kembali ke Fitrah dan Bulan Pernikahan

Kembali ke Fitrah

Setelah berpuasa selama bulan Ramadhan, manusia muslim dikembalikan ke fitrahnya seperti bayi yang baru lahir di dunia, putih, bersih dari dosa-dosa. Bulan Syawal menjadi kemenangan bagi mereka yang berhasil menjalani puasa sepanjang Ramadhan. bulan Syawal menjadi lambing kemenangan umat islam, hasil dari peperangan menentang musuh dalam jiwa yang terbesar, yaitu hawa nafsu.

Bulan Pernikahan

 Ilustrasi© Pexels

Biasanya banyak orang melangsungkan pernikahan di bulan Syawal. Bukan tanpa alasan mereka memilih bulan ini. karena bulan Syawal ternayta menjadi bulan yang sangat baik untuk melangsungkan pernikahan. Menikah di bulan Syawal ternyata juga menjadi sunnah Rasul saw. Sebab beliau saw., juga melangsungkan pernikahan pada bulan Syawal.

3 dari 6 halaman

Shalat Idul Fitri dan Disunnahkan Membaca Takbir

 Ilustrasi© iStockphoto

Shalat Idul Fitri

Bulan Syawal adalah bulan kemenangan, pada tanggal 1 Syawal diselenggarakan shalat Idul Fitri. Shalat ini menjadi amalan di bulan Syawal, karena tidak bisa dikerjakan di bulan lain selain Syawal.

Disunnahkan Membaca Takbir

Amalan dan keistimewaan bulan syawal berikutnya adalah disunnahkan bertakbir pada malam Idul Fitri, yaitu sejak matahari tenggelam sampai pada hari akhir bulan Ramadhan sampai datangnya imam pemimpin shalat Idul Fitri. Sehingga sudah selayaknya seseorang bertakbir di berbagai tempat seperti masjid, rumah, pasar dan berbagai tempat lain, kecuali untuk kaum wanita yang harus dilirihkan suaranya saat bertakbir.

Membaca takbir menjadi ungkapan rasa syukur kepada Allah atas keberhasilan kita melewati ujian di bulan Ramadhan. Kemenangan itu tidak akan bisa diraih tanpa pertolongan-Nya. Seeprti firman Allah swt., di bawah ini:

“ Dan agar kamu membesarkan Allah SWT atas petunjuk yang Ia berikan kepada kamu, dan agar kamu bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah diberikan.” (QS. Al-Baqarah: 185).

4 dari 6 halaman

Bersilaturrahmi dan Menyantap Kurma

 Ilustrasi© hello sehat

Menyantap Kurma

Amalan bulan Syawal selanjutnya adalah menyantap buah kurma dengan jumlah ganjil sebelum shalat Idul Fitri.

Bersilaturrahmi

Silaturahmi adalah amalan bulan Syawal yang bisa kamu lakukan. Banyak umat muslim yang bersilaturahmi untuk saling maaf-memaafkan.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Ibadah dan Memperbanyak Puasa Sunnah

 Ilustrasi© Liputan6.com

Meningkatkan Ibadah

Amalan dan keistimewaan bulan Syawal selanjutnya adalah dengan meningkatkan kualitas ibadah. Karena secara harfiah, Syawal berarti peningkatan. Artinya bulan Syawal adalah bulan yang difungsikan untuk meningkatkan ibadah. Ibadah yang sudah baik selama bulan Ramadhan, hendaknya dilanjutkan saat bulan Syawal ini.

Memperbanyak Puasa Sunnah

Selain meningkatkan ibadah, puasa sunnah juga dianjurkan untuk diperbanyak. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi saw., “ Maukah kutunjukkan padamu pintu-pintu kebaikan? Puasa adalah perisai.” (HR. Tirmidzi)

 

6 dari 6 halaman

Qiyamul Lail dan Bersedekah

 Ilustrasi© Merdeka.com

Qiyamul Lail

Masjid akan sangat ramai saat bulan ramadhan. Ketika bulan Syawal tiba, masjid akan sepi kembali, karena orang-orang mulai sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Amalan yang baik saat bulan Syawal adalah menjaga untuk tetap qiyamul lail untuk shalat malam atau membaca al-Quran.

Bersedekah

Amalan bulan Syawal selanjutnya adalah dengan memperbanyak sedekah. Saat bulan Syawal, bersedekah kepada fakir miskin dan anak-anak yatim sangat dianjurkan sebagai amalan untuk melanjutkan amalan dari bulan Ramadhan. selain itu, alangkah baik juga digelar doa dan dzikir berjamaah supaya semakin mendapat keberkahan dari Allah swt.

Baiklah sahabat Dream, itulah 12 amalan dan keistimewaan bulan Syawal yang perlu kamu ketahui. Menjalankan amalan-amalan di bulan Syawal akan menambah keberkahan hidup kita. Keistimewaan bulan Syawal menjadi bulan yang penuh ampunan. Ibadah yang rutin kamu laksanakan pada saat Ramadhan, hendaknya kamu lanjutkan saat bulan Syawal. Karena rti bulan Syawal, adalah bulan peningkatan.

Minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin, Sahabat Dream!

Beri Komentar