3 Amalan Ini Bisa Hapus Dosa

Reporter : Eko Huda S
Jumat, 30 April 2021 16:30
3 Amalan Ini Bisa Hapus Dosa
Kita bisa memohon ampunan dan menghapus dosa-dosa kita dengan melakukan ibadah selama Ramadan.

Dream - Ramadan bulan penuh ampunan. Oleh karena itu, janganlah kita menyia-nyiakan bulan suci ini. Sebab, kita bisa memohon ampunan dan menghapus dosa-dosa kita dengan melakukan ibadah selama Ramadan.

Dalama hadis riwayat Imam Muslim, Rasulullah saw bersamda: " Jarak antara sholat lima waktu, sholat jum’at dengan jum’at berikutnya, dan puasa Ramadan dengan Ramadan berikutnya merupakan penebus dosa-dosa yang ada di antaranya, apabila tidak melakukan dosa besar."

Banyak amalan yang bisa kita lakukan selama Ramadan. Pahala amal-amal baik yang dilakukan pada bulan suci ini bahkan dilipatgandakan. Sehingga, rugi bagi kita bila tidak memanfaatkan bulan Ramadan.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah memohon ampun atas dosa-dosa kita. Ada banyak amalan yang bisa dilakukan agar dosa kita diampuni. Namun, kali ini kita akan membahas tiga amalan saja yang bisa menghapus dosa:

1 dari 1 halaman

1. Taubat Nasuha

Amalan pertama adalah taubat nasuha.Taubat nasuha merupakan taubat yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan tulus.

" Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kalian kepada Allah dengan taubat nashuha, niscaya Rabb kalian akan menghapuskan kesalahan-kesalahan kalian dan memasukkan kalian ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai." (QS. At-Tahrim : 8)

2. Melaksanakan Sholat Lima Waktu

Sholat lima waktu merupakan ibadah wajib. Selain merupakan tiang agama, sholat lima waktu bisa menjadi amalan yang membuat dosa-dosa kita diampuni, terlebih lagi di bulan Ramadan.

Rasulullah SAW bersabda bahwa, " Bagaimana pendapat kalian apabila ada sebuah sungai di depan pintu rumah salah seorang di antara kalian, sehingga ia mandi di sunagi tersebut lima kali setiap harinya. Apakah hal itu masih menyisakan daki pada dirinya?” Para sahabat menjawab: " Tidak akan meninggalkan sedikit pun daki pada dirinya." Beliau bersabda: Demikian itulah perumpamaan shalat wajib lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa-dosa." (HR. Bukhari no. 528 dan Muslim no. 667)

3. Puasa Ramadan

Umat Islam diwajibkan berpuasa sebulan penuh salam Ramadan. Puasa Ramadan bisa jadi sarana agar dosa diampuni oleh Allah. Namun, dengan catatan bahwa puasa tersebut dilandasi dengan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda: " Barangsiapa melakukan puasa Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala di sisi Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760)

Beri Komentar