3 Kiat Imam Al Ghazali Agar Tak Banyak Pikiran Menjelang Tidur

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Rabu, 16 September 2020 08:12
3 Kiat Imam Al Ghazali Agar Tak Banyak Pikiran Menjelang Tidur
Buat Sahabat Dream yang suka overthinking, kiat berikut bisa dicoba nih.

Dream - Menjelang tidur di malam hari, terkadang banyak orang memikirkan berbagai hal hingga timbul overthinking. Akibatnya, rasa kantuk hilang dan kesulitan untuk tidur tepat waktu. 

Sebenarnya overthinking adalah hal yang wajar terjadi. Namun rasa khawatir berlebihan dan berprasangka buruk bisa menjebak diri kita hingga stres berkelanjutan. 

Untuk mengatasi overthinking sebenarnya dari sisi psikologi sudah banyak dibahas. Kali ini dream.co.id akan membahasnya dari sudut pandang seorang ulama besar Islam, yakni Imam Al-Ghazali. Berikut ulasannya. 

 

1 dari 3 halaman

Dalam kitab berjudul Bidayah al-Hidayah, Imam Al-Ghazali memuat berbagai panduan beretika dalam kehidupan. Salah satunya adalah tentang tips agar terhindar dari overthinking hingga membuat susah tidur.

Menurut Imam al-Ghazali, refleksi atau merenung sebelum tidur patut dilakukan untuk memperbaharui kesadaran atas kehambaan kita kepada Allah. Selain itu, refleksi ini juga akan membantu menghindari kita dari berbagai pikiran hingga overthinking. Berikut beberapa kiatnya:

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu© MEN

1. Bersuci

Cara pertama yang disarankan oleh Imam Al-Ghazali adalah bersuci sebelum tidur. Sahabat Dream bisa mengambil air wudhu, kemudian berniat taubat atas kesalahan yang telah diperbuat.

Sebelum tidur, kita perlu berazam untuk terus berbuat baik jika esok hari Allah SWT masih memberikan kesempatan kita untuk hidup, sembari mengingat bahwa hanya amal baik yang nantinya akan menemani kita di dalam kubur. 

2 dari 3 halaman

2. Berniat untuk Bangun Tahajud

Setelah melakukan refleksi dan merenung, kiat selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah berniat untuk bangun di sepertiga malam.

Dalam bukunya, Imam Al-Ghazali menyebut sholat tahajud memiliki manfaat untuk memudahkan kehidupan seorang hamba.

“ Dua rakaat di penghujung malam adalah harta perbendaharaan kebaikan, maka perbanyaklah harta perbendaharaanmu (shalat malam) untuk hari fakirmu, sebab harta perbendaharaan dunia tidak akan mencukupimu apabila kamu mati” (Imam al-Ghazali, Bidayah al-Hidayah, Jeddah: Darul Minhaj, 2004, hal. 126).

 

 

3 dari 3 halaman

3. Membaca Doa dan beberapa surat dalam Al-Quran

Dalam kitabnya, Imam Al-Ghazali juga memberikan beberapa doa dan surat yang bisa dibaca sebelum kita tidur. 

Doa Sebelum Tidur Imam Ghazali agar tidak overthinking© Dream.co.id

Setelah itu, Sahabat Dream bisa melanjutkan dengan membaca ayat kursi, Al-Baqarah:285-286, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas, dan surat al-Mulk. 

Dengan kondisi suci dan mengingat Allah SWT, pikiran-pikiran negatif yang biasa muncul sebelum tidur perlahan busa hilang. Imam al-Ghazali memberikan nasihat agar manusia tidak terlalu memikirkan suatu hal yang masih belum terjadi.

" Jangan panjang angan sehingga membuatmu susah untuk beramal" (Imam al-Ghazali, Bidayah al-Hidayah, hal. 130).

(Sah, Sumber NU Online)

Beri Komentar