30 Kata Mutiara tentang Kematian dalam Islam Sebagai Pengingat Menyentuh Hati

Reporter : Arini Saadah
Sabtu, 9 Mei 2020 03:01
30 Kata Mutiara tentang Kematian dalam Islam Sebagai Pengingat Menyentuh Hati
“Kuburan penuh dengan orang yang dahulu berpikir akan mengamalkan Islam saat mereka tua. Padahal, usia tua tak pernah dijanjikan kepada siapapun.”

Dream – Seperti pepatah yang telah tertulis di dalam kitab suci Al-Quran, bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati. Kematian akan datang sesuai takdir Tuhan Allah SWT.

Tidak memandang usia, jabatan, paras, dan waktu. Tak seorang pun mengetahui datangnya kematian, termasuk Rasulullah SAW sendiri juga tak mengetahuinya. Karena kematian adalah rahasia Allah SWT.

Karena datang secara tiba-tiba, maka setiap orang hendaknya menyiapkan bekal masing-masing. Bekal yang pasti dibawa mati adalah amal perbuatan baik selama hidup di dunia. Manusia diimbau untuk selalu mengingat kematiannya dalam setiap hembusan napas, supaya ia bisa berhati-hati dalam bertindak.

Sebuah hadis menjelaskan tentang kematian, Ibnu Umar RA., berkata, “ Aku datang menemui nabi Muhammad SAW., bersama 10 orang, lalu salah seorang sahabat Anshor bertanya, siapakah orang yang paling cerdas dan paling mulia wahai Rasulullah? Nabi menjawab, orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling siap menghadapinya, mereka itulah orang-orang yang cerdas, mereka pergi dengan membawa kemuliaan dunia dan kehormatan.” (HR Ibnu Majah.

Untuk mengingat akan kematian, sepertinya kita perlu mengerti banyak kata Mutiara tentang kematian. Berikut Dream berhasil merangkum 30 kata Mutiara tentang kematian dalam islam yang perlu kamu ketahui dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Kata Mutiara tentang Kematian dalam Islam Sebagai Pengingat Kehidupan

Ilustrasi© iStockphoto

Kumpulan kata Mutiara tentang kematian dalam islam sebagai pengingat kepada kamu bahwa sebenarnya kita hidup di dunia hanyalah sementara. Berikut ulasannya:

  1. “ Setiap jiwa pasti akan merasakan yang Namanya kematian.” (Q.S Al-Imran: 185)
  2. “ Dimanapun kamu berada, kematian pasti akan menghampirimu, meskipun kamu berlindung di dalam sebuah banteng yang sangat tinggi dan kokoh.” (Q.S An-Nisa’: 78)
  3. “ Sesungguhnya kita semua adalah milik Allah, dan kepada-Nya lah kita semua pasti akan kembali.” (Q.S Al-Baqarah:156)
  4. “ Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” (Q.S Al-A’raf: 162)
  5. “ Tidak ada seorangpun yang tahu apa yang akan diusahakannya besok. Dan tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Q.S Luqman: 34)
  6. “ Jadikan kematian itu hanya pada badan, karena tempat tinggalmu ialah liang kubur dan penghuni kubur senantiasa menanti kedatanganmu setiap masa.” (Abu Hamid Al-Ghazali)
  7. “ Kematian adalah jembatan yang menghubungkan orang yang mencintai dengan yang dicintainya.” (Jalaluddin Rumi)
  8. “ Kematian adalah hal yang paling jauh dari pikiran kita, walaupun sebenarnya ia lebih dekat dari segala yang dekat dengan kita.” (Ali Mustafa Tanthowi)
  9. “ Kematian terkadang merupakan kritik terhadap kehidupan.” (Emha Ainun Nadjib)
  10. “ Kematian adalah puncak. Tuntasnya kerinduan seorang hamba kepada Rabb-nya.” (Asma Nadia)
2 dari 3 halaman

Kata Mutiara tentang Kematian dalam Islam yang Menyentuh Hati

Ilustrasi© Merdeka.com

Selain 10 kata Mutiara tentang kematian dalam islam yang sudah disebutkan di atas, kami juga bakal menambah kata Mutiara tentang kematian lainnya di bawah ini. Yuk simak ulasannya supaya kita semakin sadar bahwa kematian meng sudah dekat dan menguntit kita.

  1. “ Semua yang ada di bumi itu akan binasa.” (QS. Al-Rahman:26)
  2. “ Malaikat maut yang diserahi untuk mencabut nyawamu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan.” (QS. As-Sajadah:11)
  3. “ Janganlah kalian menginginkan mati karena suatu bahaya yang menimpanya. Jika memang benar-benar ingin melakukannya maka kataknlah, “ Ya Allah, hidupkan aku jika memang hidup itu lebih baik untukku. Dan matikanlah aku jika memang mati itu lebih baik untukku.” (HR. Bukhari)
  4. “ Ingatlah kematian dalam shalatmu. Karena jika seseorang mengingat mati dalam shalatnya, maka ia akan memperbagus shalatnya.” (HR. Ad-Dailami)
  5. “ Semua orang pasti akan kembali kepada Allah ketika mati, tapi yang berbahagia adalah orang yang dekat dengan Allah semasa hidupnya.” (Sayyid Qutb)
  6. “ Jadikan akhirat di hatimu, dunia di tanganmu, dan kematian di pelupuk matamu.” (Imam Syafi’i)
  7. “ Demi Allah, seandainya jenazah yang kalian tangisi bisa berbicara sekejap lalu menceritakan (pengalaman sakaratul mautnya) pada kalian, niscaya kalian akan melupakan jenazah tersebut dan mulai menangisi diri kalian sendiri.” (Imam Al-Ghazali)
  8. “ Lebih banyak orang menghadapi kematian di atas tempat tidur, daripada orang yang mati di atas pesawat. Tetapi kenapa lebih banyak orang yang takut mati ketika menaiki pesawat, daripada orang yang takut menaiki tempat tidur.” (Buya Hamka)
  9. “ Hiduplah seakan-akan kamu mati besok. Belajarlah seakan akan kamu hidup selamanya.” (Mahatma Gandhi)
  10. “ Kesenangan adalah tanda bahwa kematian mulai meraba jiwa manusia.” (Pramoedya Ananta Toer)
3 dari 3 halaman

Kata Mutiara Tentang Kematian dalam Islam Lainnya yang Perlu Kamu Ketahui

Ilustrasi© Liputan6.com

Masih banyak kata Mutiara tentang kematian dalam islam, baik bersumber dari Al-Quran dan Al-Hadist, maupun sumber-sumber tokoh ulama atau dari pengarang-pengarang Islam lainnya.

Berikut kata Mutiara tentang kematian dalam Islam lainnya yang perlu kamu ketahui. Dilansir dari Liputan6.com dan Mutiara Islam:

  1. “ Pada akhirnya semua akan menemukan yang namanya titik jenuh dan pada saat itu kembali adalah yang terbaik. Kepada siapa?! Kepada Dia pastinya. Bismika Allahumma Ahya wa bismika amut.” (Ust. Jefri Al-Bukhori)
  2. “ Manusia yang sebenar-benar buta adalah mereka yang hidup tanpa dapat melihat adanya kematian di hadapan mereka.”
  3. “ Hari ini dunia adalah nyata, akhirat hanya  cerita. Tapi setelah mati, dunia hanya cerita, akhirat jadi nyata.”
  4. “ Setelah kematian menjemput, musnahlah segala apa yang kita miliki di dunia ini. Hanya amal kebaikan yang dapat dibanggakan.”
  5. “ Kematian bukanlah bencana terbesar dalam hidup ini. Bencana terbesar dalam hidup adalah ketika ketakutan kita kepada Allah sudah mati saat kita masih hidup.”
  6. “ Jangan menunggu tua baru bertobat. Karena kematian menjemput tidak mengenal waktu.”
  7. “ Ada masa di mana tanah menjadi tempat pembaringannya, ulat menjadi temannya, munkar dan nakir menjadi tamunya, kuburan menjadi tempat tinggalnya, perut bumi menjadi tempat menetapnya, surga atau neraka menjadi tempat kembalinya.”
  8. “ Kematian tidaklah menunggu kita bertaubat, tapi kitalah yang menunggu kematian dengan bertaubat.”
  9. “ Jodoh itu misteri, namun kematian itu pasti. Jangan terlalu sibuk mempersiapkan diri untuk pujaan hati, tapi malah lupa mempersiapkan diri untuk mati.”
  10. “ Kita terlahir dengan satu cara, namun kematian menjemput dengan berbagai cara.”

Itulah 30 kata Mutiara tentang kematian dalam Islam yang bisa kamu jadikan pengingat hidupmu. Mengingat mati sangatlah perlu, supaya kita selalu berhati-hati dalam bertindak dan bertutur kata jangan sampai menyakiti orang lain.

Di akhir artikel ini, kami akan menutup dengan sebuah pepatah, “ Kuburan penuh dengan orang yang dahulu berpikir akan mengamalkan Islam saat mereka tua. Padahal, usia tua tak pernah dijanjikan kepada siapapun.”

Beri Komentar