35 Kata Bijak Quraish Shihab, Penuh Arti untuk Bekal Kehidupan

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 13 Mei 2020 09:01
35 Kata Bijak Quraish Shihab, Penuh Arti untuk Bekal Kehidupan
Sebagai cendekiawan muslim yang terkenal, ucapan dan pesan moral yang ia sampaikan sangat menginspirasi dan menjawab kegelisahan banyak orang.

Dream – Quraish Shihab merupakan ulama dan mufassir tersohor dari Indonesia yang memiliki pemikiran keilmuwan yang mumpuni. Beliau juga memiliki kemampuan beropini dengan Bahasa yang lugas dan sederhana, rasional, dan moderat.

Latar belakang keluarga Quraish Shihab berasal dari keturunan Arab-Bugis yang terpelajar. Sang ayah, Abdurrahman Shihab merupakan ulama dan guru besar dalam bidang tafsir. Ayahnya terkenal memiliki reputasi yang baik di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan, tempat kelahiran Quraish Shihab.

Quraish Shihab mempunyai kemampuan menerjemahkan pesan-pesan al-uran dalam konteks kekinian, sehingga membuatnya dikenal sebagai pakar tafsir al-Quran. Sebagai cendekiawan muslim yang terkenal, ucapan dan pesan moral yang ia sampaikan sangat menginspirasi dan menjawab kegelisahan banyak orang.

Kali ini Dream bakal merangkum dari berbagai sumber tentang kumpulan kata bijak Quraish Shihab yang penuh arti untuk kita jadikan referensi dalam menjalani kehidupan beragama.

1 dari 3 halaman

Kata Bijak Quraish Shihab yang Penuh Arti

Quraish Shihab sangat baik ucapan dan retorikanya. Karya-karyanya berbahasa santun dan sederhana sehingga mudah dipahami oleh masyarakat yang ingin belajar agama. Berikut kami sajikan kata bijak Quraish Shihab yang penuh arti untuk menjalani kehidupan beragama.

  1. “ Sifat kikir nantinya akan menghantarkan manusia kepada kehancuran.”
  2. “ Dalam tinjauan kebangsaan dan kewarganegaraan negara, tidak ada istilah mayoritas dan minoritas. Karena semua telah sama dalam kewarganegaraan negara dan lebur dalam kebangsaan yang sama.”
  3. “ Jangan pilih pemimpin yang menggebu meraih kekuasaan.”
  4. “ Jika usia yang sudah diatas 50 tahun dan sakit, itu sudah lumrah. Tetapi jika berumur diatas 50 tahun dan masih sehat wal’afiat, itu namanya anugrah.”
  5. “ Tidaklah seseorang memperoleh suatu penghasilan yang lebih baik, dari jerih payah tangannya sendiri.”
  6. “ Boleh jadi keterlambatanmu dari suatu perjalanan adalah keselamatanmu. Boleh jadi tertundanya pernikahanmu adalah suatu keberkahan. Boleh jadi dipecatnya engkau dari pekerjaan adalah suatu maslahat.”
  7. “ Kita bersaudara, tidak perlu saling tegang. Surga itu terlalu luas sehingga tidak perlu memonopoli surga hanya untuk diri sendiri.”
  8. “ Keistimewaan Al-Qur’an paling tidak ada tiga aspek, ketelitian dan keindahan redaksinya, isyarat-isyarat ilmiahnya, dan pemberitaan hal gaib masa lalu dan masa yang akan datang yang diungkapkannya.”
  9. “ Keberuntungan kadang memainkan perannya dalam kehidupan manusia, sekalipun kerap tidak masuk akal. Karena itulah takdir mereka.”
  10. “ Hati itu punya kelompok, jika yang berkenalan adalah hatinya, maka akan langsung klop, yang tidak, akan berjauhan.”
  11. “ Hidup ini akan terus berlanjut baik itu engkau tertawa ataupun menangis, karena itu jangan jadikan hidupmu penuh kesedihan yang tidak bermanfaat sama sekali.”
  12. “ Bantuan Allah yang didambakan akan datang melalui kerja sama antara manusia. Allah menuntun setiap makhluk kepada apa yang perlu dimilikinya dalam rangka memenuhi kebutuhannya.”
  13. “ Kita tidak boleh memisahkan antara ibadah dan ahlak. Memang demikianlah adanya ajaran Islam. Bahkan kalau kita mau lebih rinci lagi, kita bisa berkata sebagaimana sabda Rasulullah; Aku tidak diutus kecuali untuk menyempurnakan akhlak.”
  14. “ Masalah umat islam sekarang ini adalah masalah kebodohan, banyak yang sok pintar dan mengkafirkan orang lain. Padahal ini pandangan yang salah.”
  15. “ Satu hal yang sangat buruk, jika seseorang berhenti ditempat dimana ia masih bisa berlanjut.”
2 dari 3 halaman

Kata Bijak Quraish Shihab Tentang Menjalani Hidup

Ilustrasi© (Instagram @glennfredly309)

Orang membutuhkan motivasi dan kata bijak sebagai nasehat hidupnya. Supaya hati menjadi tentram dan tanpa goyah beribadah kepada Allah SWT.

  1. “ Selama kita masih bisa tidur tanpa obat tidur, kita masih bisa bangun tidur hanya dengan satu bunyi suara, kita terbangun tanpa melihat adanya alat-alat medis yang menempel di tubuh kita, itu pertanda bahwa kita hidup sejahtera.”
  2. “ Biarlah orang mengenal kita dari akhlak dan karya kita.”
  3. “ Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu buruk bagimu.”
  4. “ Menyibukkan diri dalam pekerjaan akan menyelamatkan dirimu dari tiga masalah, yaitu: kebosanan, kehinaan, dan kemiskinan.”
  5. “ Islam tidak melarang berkelompok dan berbeda, yang dilarangnya adalah berkelompok dan berselisih.”
  6. “ Berbaktilah kepada orang tuamu, niscaya anak-anakmu kelak akan juga berbakti kepadamu, begitu pun sebaliknya.”
  7. “ Jika saya marah kepada anak, saya tidak akan mengutuknya, saya hanya berucap semoga Allah memberinya petunjuk.”
  8. “ Perbanyaklah bersyukur, Alhamdulillah, itu yang akan  mendatangkan kebahagiaan.Terus ucap alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah, sampai engkau tak mampu lagi mengucapkannya.”
  9. “ Jangan selalu melihat ke belakang karena disana ada masa lalu yang menghantuimu. Jangan selalu melihat ke depan karena terkadang ada masa depan yang membuatmu gelisah. Namun lihatlah ke atas karena di sana ada Allah yang membuatmu bahagia.”
  10. “ Aku tidak pernah mengetahui adanya rumus kesuksesan, tapi aku menyadari bahwa  rumus kegagalan adalah sikap asal semua orang."
3 dari 3 halaman

Kata Bijak Quraish Shihab Penuh Makna

  1. “ Hidup ini akan terus berlanjut baik itu engkau tertawa ataupun menangis, karena itu jangan jadikan hidupmu penuh kesedihan yang tidak bermanfaat sama sekali.”
  2. “ Berlapang dadalah, maafkanlah , dan  serahkan urusan manusia kepada Tuhan , karena engkau, mereka, dan kita semua, semuanya  akan berpulang kepadaNya.”
  3. “ Jangan selalu bersandar pada cinta, karena itu jarang terjadi. Jangan bersandar kepada manusia karena ia akan pergi. Tapi bersandarlah kepada Allah SWT, Tuhan YME, karena Dialah yang menentukan segala sesuatu.”
  4. “ Tidak harus banyak teman agar engkau menjadi populer. Singa sang raja hutan lebih sering berjalan sendiri. Tapi kawanan domba selalu bergerombol. Yang diperhitungkan bukan jumlah teman di sekelilingmu, akan tetapi banyak cinta dan manfaat yang di sekitarmu.”
  5. “ Pendidikan melahirkan harapan baru.”
  6. “ Sholat dibutuhkan manusia karena sholat adalah salah satu dari makanan bergizi yang dibutuhkan jiwa manusia. Tanpa sholat, jiwa mengerdil dan lumpuh.”
  7. “ Orang-orang yang masih mempertentangkan sunni-syiah adalah orang yang lahir terlambat.”
  8. “ Tidak selalu yang disukai berdampak baik, atau yang dibenci berakibat buruk. Sekian kali di suatu saat kita menangis dan setelah berlalu kita menangis mengapa dulu kita menangis. Terimalah pilihan-Nya. Allah Yang Tahu dan kita tak tahu.”
  9. “ Tidak usah lebih bersemangat dari Tuhan, karena Tuhan memberikan kebebasan kepada umatnya untuk memilih agama yang diyakininya.”
  10. “ Tanpa kejujuran, semua hubungan – termasuk hubungan bisnis- tidak akan langgeng, padahala dalam prinsip berbisnis, interaksi yang memberi untung sedikit, tapi berlangsung berkali-kali lebih baik daripada untung yang banyak, tetapi hanya sekali atau dua tiga kali.”
Beri Komentar