4 Tahun Berhenti Kerja, Istri Tak Bisa Habiskan Gaji Suami

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 10 Februari 2020 16:36
4 Tahun Berhenti Kerja, Istri Tak Bisa Habiskan Gaji Suami
Firdaus membuktikan rezeki suami tidak akan berhenti jika mau mengurusi istri dan anak-anaknya.

Dream - Banyak orang merasa biaya hidup semakin tinggi. Kebutuhan semakin mencekik. Semua orang bekerja keras. Suami dan istri sama-sama mencari nafkah.

Namun fakta sebaliknya diungkap oleh pria Malaysia, Firdaus Shakirin. Dia berkisah mengenai kondisi keuangan keluarganya yang justru semakin membaik ketika istrinya memutuskan tidak bekerja.

Dikutip dari Siakapkeli, awalnya dia dan istrinya sama-sama bekerja dan punya pendapatan tetap. Sang istri berpenghasilan sekitar 3.000 ringgit sebulan, setara Rp10 juta.

Hidup keduanya semakin mewah karena sama-sama bekerja. Kondisi itu terus bertahan hingga lahir anak ke tiga.

" Bila istri ada pendapatan, yang ada dalam pikiran saya, kalau uang saya tidak cukup, saya bisa minta ke dia, kemudian datanglah keinginan untuk ganti ponsel, ganti peralatan olahraga, modifikasi mobil, dan sebagainya," tulis Firdaus.

Dia pun tidak bertanya kepada istrinya ketika mengambil keputusan membeli barang-barang. Istrinya juga tidak mengeluhkan perilaku Firdaus.

1 dari 6 halaman

Keputusan Besar Istri

Ketika lahir anak ke tiga, sang istri membuat keputusan besar. Jika dua anak mereka sebelumnya dijaga oleh pengasuh bayi, istri Firdaus memutuskan untuk berhenti bekerja.

" Saya tidak mau dia berhenti kerja karena pengeluaran bulanan masih sama, rencana atas gaji dua orang. Tapi karena mempertimbangkan anak-anak, maka istri mengambil keputusan terbaik dengan berhenti bekerja, duduk di rumah dan mengurus anak-anak karena sudah mulai sekolah," kata dia.

Firdaus sempat berpikir penghasilan satu orang mungkin tidak akan cukup. Tetapi, apa yang terjadi selanjutnya sungguh mengagumkan.

" Komitmen masih sama, ditambah iuran sekolah untuk tiap anak. Sepanjang empat tahun dia (istri) menghabiskan uang suaminya, uang suaminya tidak pernah habis," ucap Firdaus.

 

2 dari 6 halaman

Rezeki Malah Makin Lancar

Firdaus sangat bersyukur pada apa yang telah diterimanya dan keluarga. Kekhawatirannya ternyata tak terbukti, malah Allah membalas dengan jauh lebih baik.

" Cantik aturan Allah. Semua disediakan suami, tapi rezeki suami semakin murah, semakin berlimpah, tiap tahun gaji naik terus, bonus suami juga banyak," terang dia.

Firdaus juga mengatakan suami yang menanggung keluarga tidak akan pernah jatuh miskin. Apalagi jika mempermudah urusan istri ataupun tidak berhitung pada istrinya.

" Sepanjang empat tahun ini juga, Allah memberikan kesehatan yang baik kepada saya. Saya jarang sakit jika keluar mencari nafkah untuk keluarga," kata dia.

3 dari 6 halaman

Doa Bersyukur Dapat Kelonggaran Ketentuan Sholat dan Puasa

Dream - Islam bukanlah agama yang memberatkan. Ajaran agama ini diturunkan untuk memudahkan pemeluknya bertakwa kepada Allah SWT.

Setiap Muslim memang memiliki kewajiban untuk beribadah. Terutama menjalankan sholat lima waktu dan puasa Ramadan.

Namun demikian, kewajiban ini tidak selamanya mengikat. Ada orang yang dalam kondisi tertentu boleh mengerjakan ibadah tidak secara sempurna bahkan bisa meninggalkannya dan diganti di hari lain.

Seperti orang bepergian, sakit, tidak mampu secara fisik. Atau pada wanita yang sedang haid, nifas, dan sebagainya, rukhshah atau keringanan diberikan kepada mereka.

Aturan rukhshah pada setiap ibadah berlaku secara berbeda. Tetapi, keberadaan rukhshah semata untuk meringankan Muslim yang sedang dalam kondisi tertentu sehingga tetap dapat beribadah.

Tentunya, dianjurkan bersyukur ketika diberikan kesempatan rukhshah. Caranya dengan membaca doa ini.

 

4 dari 6 halaman

Doa Rukhshah

 Doa RukhshahDoa Rukhshah © dream.co.id

Alhamdulillahil ladzi ja'ala fil amri sa'atan.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang memberikan keleluasaan dalam masalah ini."

5 dari 6 halaman

Doa Terhindar dari Perselisihan

Dream - Islam mengajarkan kepada pemeluknya untuk senantiasa hidup dalam damai. Juga senantiasa berbuat baik kepada sesamanya.

Jikapun terjadi masalah, maka sangat dianjurkan untuk diselesaikan dengan cara yang baik pula. Yaitu dengan musyawarah.

Tetapi, tidak dapat dipungkiri sebuah masalah dapat menciptakan perselisihan. Tak jarang pula perselisihan memicu dendam hingga berujung pada kekerasan.

Hal ini tentu bertentangan dengan semangat Islam sebagai Rahmatan lil 'Alamin. Perselisihan dapat menjadi sarana memecah umat.

Agar terhindar dari segala macam perselisihan, dianjurkan membaca doa ini.

 

6 dari 6 halaman

Doa Agar Terhindar dari Perselisihan

 Doa Terhindar dari PerselisihanDoa Terhindar dari Perselisihan © Dream.co.id

Rabbana ashlih dzata bainina wahdina subulal islami wa akhrijna minadz dzulumati ilan nur. Washrif 'anal fawahisya ma dzahara minha wa ma bathona wa barik lana fi asma'ina wa absharina wa qulubina wa azwajina wa dzurriyyatina watub 'alaina wa 'alaihim innaka antat tawwabur rahim. Waj'alana li an'umika syakirina mutsnina biha qoilina biha wa atimmaha 'alaina.

Artinya,

" Ya Tuhan kami, damaikanlan perselisihan di antara kami, tunjukkan kami pada jalan Islam, keluarkan kami dari kegelapan menuju cahaya, palingkan dari kami semua keburukan, yang lahir maupun yang batin, berkahilah pendengaran kami, penglihatan kami, hati kami, pasangan kami, anak cucu kami, dan ampunilah kami dan mereka sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan Maha Pengasih. Jadikan kami orang-orang yang bersyukur atas nikmat-nikmat-Mu, memuji dan mengatakan nikmat-nikmat-Mu, dan sempurnakan nikmat-Mu pada kami."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya