5 Pertanyaan Pantang Ditanyakan Maba ke Kating, yang Terakhir Sensitif Banget!

Reporter : Arini Saadah
Minggu, 20 Juni 2021 12:02
5 Pertanyaan Pantang Ditanyakan Maba ke Kating, yang Terakhir Sensitif Banget!
Terdapat pertanyaan-pertanyaan yang sangat sensitif untuk diajukan ke kakak tingkat.

Dream – Pengumuman SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2021 telah dilakukan pada Senin (14/6/2021) kemarin.

Bagi pejuang SBMPTN yang lolos seleksi tentu menjadi kabar gembira, namun bagi yang tidak lolos jangan berkecil hati. Sebab masih banyak jalur masuk PTN lewat seleksi mandiri.

Nah buat kamu yang lolos seleksi, banyak hal nih yang perlu kamu persiapkan untuk menjadi mahasiswa baru di kampus yang didambakan. Selain persoalan administrasi dan kebutuhan kampus lainnya, ada hal yang perlu diperhatikan bagi calon maba saat sudah masuk kuliah.

Salah satunya adalah pertanyaan-pertanyaan yang pantang ditanyakan kepada kakak tingkat. Sebab jika itu dilakukan, bisa jadi hubunganmu dengan kating jadi bersekat. Mengapa demikian? Sebab pertanyaan-pertanyaan ini sangat sensitif untuk diajukan.

Apa aja ya? Berikut Dream rangkum pertanyaan-pertanyaan yang pantang ditanyakan maba kepada kakak tingkat (kating), dilansir dari instagram @seputarkuliah. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Tugas Akhir

Ilustrasi© Instagram/@seputarkuliah

Sebagai mahasiswa baru yang dianggap masih junior, jangan coba-coba menanyakan kabar tugas akhir kepada kakak tingkat. Sebab tugas akhir termasuk hal yang sensitif bagi para mahasiswa tingkat akhir.

“ TA udah sampai mana, Kak?” seperti yang ditulis oleh akun twitter @wisuda2021.

Jika ingin sekedar basa-basi, mending kamu cari topik yang lain aja deh. Daripada kamu kena semprot kating-mu.

2 dari 5 halaman

Tanya IPK

Mungkin bagi mahasiswa baru berlomba-lomba mendapat IPK tinggi adalah hal yang wajar. Masih semangat-semangatnya untuk belajar dan mencari hal baru.

Namun seiring berjalannya semester, biasanya IPK bisa menurun. Ya meskipun ada sebagian yang mampu mempertahankannya.

Nah jika kamu maba, jangan coba-coba nanya IPK ke kating ya. Kadang mereka juga sensitif pada nilai IPK mereka yang mungkin naik-turun atau bahkan cenderung turun dari tahun ke tahun. Haha!

3 dari 5 halaman

Jangan Menyinggung

Ilustrasi© Instagram/@seputarkuliah

Jika hendak bertanya kepada orang lain, usahakan kita tidak menyinggung perasaan mereka. Nah ini juga penting diperhatikan bagi para mahasiswa baru.

“ Intinya kalo mau nanya, tolong luangkan waktu sejenak buat mikir apakah pertanyaannya menyinggung perasaan atau nggak ya. Jangan nanya cuma buat show off baik ke kating, temen seangkatan, atau bahkan dosen ya, plis jangan. Percaya deh,” kata akun @yuki.

Artinya kalo mau nanya ke siapapun harus tau tempat dan attitude-nya dijaga ya, Sahabat Dream. Meskipun mungkin kadang menurut kita, pertanyaan yang kita mau ajukan itu sepele banget. Mendingan tanya tentang matkul yang sulit, atau diskusi buku. Lebih mantul tuh.

4 dari 5 halaman

Mengulang Mata Kuliah

 

Nah ta

Ilustrasi© Instagram/@seputarkuliah

k jarang nih Sahabat Dream, mungkin kakak tingkatmu ada yang mengulang mata kuliah di kelas yang sama denganmu. Saat itu terjadi, kamu jangan coba-coba nanya ke dia, “ kok ngulang kak?”

Pertanyaan itu bikin dia tersinggung dan nyakiti perasaannya. Sebab bisa jadi kakak tingkatmu mengulang mata kuliah dasar.

5 dari 5 halaman

Kapan Wisuda

Ilustrasi© Instagram/@seputarkuliah

Nah pertanyaan yang lebih sensitif untuk ditanyakan mahasiswa baru ke kakak tingkat adalah tentang wisuda.

“ Kapan wisuda?” seperti ditulis oleh akun yang sama.

Mahasiswa baru belum tahu perjalanan menyelesaikan skripsi yang super jelimet itu, jadi jangan berani-beraninya nanya ke kating soal kapan wisuda. Terlebih jika katingmu benar-benar udah sensitif mendekati depresi. Bisa bahaya ini, jadi tekanan hidup dia.

Selain di atas, sebenarnya masih banyak pertanyaan yang sensitif untuk ditanyakan ke kakak tingkat. Ya intinya sih kalo mau tanya ke siapa aja, pikir-pikir dulu apakah menyinggung perasaannya atau tidak.

Jika mau sekedar akrab, maba bisa tanya-tanya tentang tugas kuliah atau bahkan ikut organisasi kampus. Dijamin kamu bisa dekat dengan kakak tingkatmu tanpa harus sungkan-sungkan.

Beri Komentar