5 Puasa Wajib Selain Ramadan, Apa Saja?

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 21 April 2021 15:30
5 Puasa Wajib Selain Ramadan, Apa Saja?
Memangnya ada, ya?

Dream - Ramadan mewajibkan umat Muslim di seluruh dunia untuk berpuasa sebulan lamanya.

Lamanya berpuasa didasari pada perhitungan waktu siang di masing-masing wilayah di seluruh dunia.

Umat Islam di Indonesia sendiri lazimnya melaksanakan puasa kurang lebih 12-13 jam. Tentu berbeda dengan kawasan negara subtropik, yang bisa berpuasa lebih dari 20 jam.

Ilustrasi© Shutterstock

Perintah wajib puasa Ramadan ini diketahui jatuh pada bulan Sya'ban tahun kedua hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.

Selama hidup, Rasulullah menjalankan sembilan kali puasa Ramadan dengan satu kali genap 30 hari dan sisanya 29 hari. Namun rupanya, puasa Ramadan bukanlah satu-satunya puasa wajib yang diajarkan Allah SWT.

Dikutip dari NU Online, seperti dijelaskan dalam kitab fikih Al Taqrirat Al Sadidah fil Masail Al Mufidah, puasa wajib selain Ramadan ada lima yaitu:

1 dari 5 halaman

5 Jenis Puasa Wajib Selain Ramadan

Puasa ini dijalankan untuk mengganti utang puasa Ramadan yang ditinggalkan baik karena sakit, bepergian jauh, atau karena siklus menstruasi pada wanita.

Kedua, puasa kafarat.

Puasa ini dijalankan dua bulan berturut-turut disebabkan jimak pada bulan Ramadan.

Ketiga, puasa dalam haji dan umroh.

Puasa ini dijalankan sebagai fidyah atau pengganti penyembelihan hewan.

Keempat, puasa untuk sholat istisqa.

Puasa ini dikerjakan jika ada perintah dari pemerintah.

Kelima, puasa nazar.

Puasa ini sebagai pemenuhan atas janji yang pernah diucapkan.

2 dari 5 halaman

Tips Kuat Jalani Puasa Akibat Ketinggalan Makan Sahur

Dream – Memasuki bulan puasa Ramadan, sahur jadi bagian penting karena saat itulah kesempatan kamu mengisi perut sebelum berpuasa seharian. Tapi ada beberapa orang yang tidak sengaja melewatkan sahur karena kesiangan atau penyebab lainnya.

Meski puasa tanpa sahur tetap dianggap sah, namun jika terus dilakukn bisa berdampak buruk bagi tubuh seorang selama puasa.

Secara umum, puasa tanpa sahur tidak membahayakan jiwa atau kesehatan sesorang. Namun seberapa lama orang dapat bertahan tanpa asupan cairan maupun kalori.

Kekurangan cairan dan kalori dalam jangka waktu tertentu dapat membuat orang mengalami dehidrasi ringan dan penurunan energi saat berpuasa.

Selain itu, berpuasa tanpa sahur juga akan membuat orang merasa lebih haus dan lapar sehingga meningkatkan kemungkinan batalnya puasa. Jadi bagaimana cara bertahan menjalani puasa meski tanpa sahur?

Dilansir dari Sehatq ada 5 tips jalani puasa tanpa sahur, berikut penjelasannya.

3 dari 5 halaman

1. Kuatkan niat

Dengan niat kuat dan tubuh yang sehat, niscaya tidak ada masalah berpuasa tanpa sahur, karena puasa tidak hanya mengenai kekuatan fisik tapi juga spiritual.

Selalu niatkan berpuasa keesokan hari sebelum tidur agar jasmani dan rohani sudah siap menjalannya dengan baik meski sahur terlewatkan.

Ilustrasi© Shutterstock

2. Jaga asupan cairan

Menjalani puas tanpa sahur membuat tubuh akan kekurangan lebih banyak cairan, oleh karena itu minumlah secara berkalah setelah berbuka untuk menggantikan cairan yang kurang.

Masukkan pula menu kuah hangat seperti sup untuk berbuka, karena sup mudah dicerna tubuh dan mengandung vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh.

4 dari 5 halaman

3. Lebih banyak konsumsi buah dan sayur

Asupan mineral dan vitamin sangat diperlukan tubuh saat berpuasa, lengkapi kebutuhan tersebut dengan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur ketika berbuka.

Selain itu juga bisa konsumsi buah kering seperti kurma, sebagai sumber makanan gula.

Ilustrasi© Shutterstock

4. Jangan makan berlebihan

Jangan makan berlebihan saat berbuka puasa ketika tidak sahur pagi harinya. Setelah mengosongkan perut terlalu lama kemudian makan dengan porsi berlebih akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Jadi atur menu berbuka puasa kamu.

Makan dalam porsi kecil terlebih dahulu, dilanjutkan dengan mengonsumsi buah dan makanan berat setelah salat magrib.

Tambahkan makanan kaya nutrisi setelah salat tarawih jika dirasa masih butuh nutrisi.

5 dari 5 halaman

5. Olahraga

Menjaga kebugaran tubuh sangat penting, khususnya jika puasa tanpa sahur, karena dapat mempengaruhi daya tahan tubuh.

Olahragalah ketika menjelang atau setelah berbuka, misalnya berjalan kaki 10.000 hingga 15.000 langkah untuk olahraga ringan atau jogging selama 30 sampai 40 menit untuk olahraga ringan.

Namun, jika memiliki kondisi kesehatan khusus ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter, mungkin diperlukan meminum obat atau suplemen tertentu untuk tetap menjaga tubuh selama berpuasa.

Laporan: Josephine Widya

Beri Komentar