6 Manfaat Menjalin Silaturahmi, Panjangkan Umur Hingga Perluas Rezeki

Reporter : Ulyaeni Maulida
Senin, 23 November 2020 18:01
6 Manfaat Menjalin Silaturahmi, Panjangkan Umur Hingga Perluas Rezeki
Silaturahmi dimaknai sebagai hubungan kekerabatan atas dasar kasih sayang.

Dream - Bersilaturahmi adalah bagian dari kebutuhan kita sebagai manusia. Menjaga hubungan baik dengan sesama memang sangat dianjurkan, terlebih dengan kerabat dan saudara.

Keberadaan orang lain dapat memberikan pengaruh dalam kehidupan seseorang. Terlebih bila kamu berada dalam lingkungan yang membuatmu dipenuhi aura positif. Silaturahmi dapat membantu mencapai kesuksesan.

Kata silaturahmi berasal dari bahasa Arab, yaitu shilah yang berarti hubungan atau relasi, dan rahim berarti kerabat atau kasih sayang. Silaturahmi dimaknai sebagai hubungan kekerabatan atas dasar kasih sayang.

Menjaga silaturahmi sangat penting. Allah SWT telah berfirman dalam QS. Al-Anfaal ayat 63, “ Kalau kalian tidak mengerjakan apa yang Aku perintahkan itu (yaitu untuk berukhuwah, bersilaturahmi) tentu akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.”

Dalam sebuah hadist Rasulullah juga pernah bersabda, “ Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu pun, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahmi”. (HR. Bukhari).

Menyambung silaturrahmi rupanya juga memiliki banyak manfaat dalam kehidupan, diantaranya:

1 dari 6 halaman

Manfat Silaturahmi Bisa Mendekatkan Diri pada Allah SWT

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Dengan melakukan silaturahmi juga berarti mendekatkan diri pada Allah SWT. Menjaga hubungan baik ini juga jadi salah satu bentuk ketakwaan seorang hamba kepada sang pencipta.

Rasulullah SAW bersabda,”Allah SWT berfirman: Aku adalah Ar-Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hak-Nya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya.” (HR. Ahmad).

2 dari 6 halaman

Manfaat Silaturahmi Mempererat Tali Persaudaraan

Ilustrasi© Freepik

Di usia produktif ini kita seringkali disibukkan dengan beragam hal yang membuat kita tidak memiliki waktu untuk menyapa saudara dan keluarga. Kesibukan memang dapat melenakan.

Usahakan untuk tetap meluangkan waktu sejenak dan menghubungi sanak saudara. Apalagi kini dengan teknologi yang semakin canggih, kita bisa bertatap wajah dari jarak jauh dengan menggunakan aplikasi di smartphone. 

3 dari 6 halaman

Manfaat Silaturahmi Memanjangkan Usia

Ilustrasi© Dream.co.id

Abu Huraiorh r.a, Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa yang ingin diluaskan rejekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah dia menyambungkan silaturahmi (HR. Bukhori).

Bersilaturahmi akan memberikan ketenangan dan ketentraman bagi batin kita. Jika pikiran dan hati bahagia, maka efeknya juga sangat baik bagi kesehatan.

4 dari 6 halaman

Manfaat Silaturahmi Menambah pahala

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Shutterstock.com)

Orang yang senang bersilaturahmi akan dikenang oleh mereka yang dikunjunginya dan membuatnya didoakan bagi mereka yang merindukannya. Allah SWT juga menjanjikan pahala bagi mereka yang gemar menjaga silahturrahmi.

“ Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5 dari 6 halaman

Manfaat Silaturahmi Memperluas Rezeki

Ilustrasi© Pexels.com

Menjaga hubungan silaturrahmi dengan kerabat bahkan sanak saudara, Allah akan memperluas rezeki seorang hamba-Nya. Dengan menjaga tali silaturrahmi juga akan memudahkan kita untuk membantu kerabat yang sedang dalam kesusahan dan membutuhkan bantuan.

Rasulullah SAW bersabda, “ Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi.” (HR. Tirmidzi)

6 dari 6 halaman

Manfaat Silaturahmi Menambah Ilmu

Ilustrasi© Pexels.com

Selain memperluas persaudaraan, silahturrahmi juga membuat kita bertemu banyak orang. Saat seperti inilah kita akan saling berbagi informasi dan bertukar pikiran.  

Silaturahmi akan menambah ilmu tentang dunia bahkan akhirat melalui cerita, pengalaman hidup, bahkan pengetahuan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

 

 

(Diambil dari berbagai sumber)

 

Beri Komentar