6 Manfaat Tadarus Al Quran, Menentramkan Jiwa dan Menjadi Syafaat di Hari Kiamat

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 27 Januari 2022 18:40
6 Manfaat Tadarus Al Quran, Menentramkan Jiwa dan Menjadi Syafaat di Hari Kiamat
Tadarus Al Quran sebenarnya tidak hanya dilakukan pada saat bulan ramadhan saja, namun bisa dilakukan setiap hari terutama setelah sholat fardhu.

Dream - Tadarus Al Quran biasanya semakin marak dilakukan umat muslim ketika bulan ramadhan tiba. Aktivitas membaca dan mengkaji Quran tersebut bisa dilaksanakan di masjid, mushola, dan di rumah. Tak sekadar membaca, tadarus Al Quran juga banyak digelar untuk mempelajari, meneliti, mengkaji, menlaah dan mengambil pelajaran dari setiap ayatnya.

Makna tadarus Al Quran diartikan sebagai kegiatan mempelajari secara lebih mendalam tentang bacaan dan kandungan dari ayat Al Quran.

Amalan tadarus Al Quran sebenarnya tidak hanya dilakukan pada ramadhan saja. Dalam setiap sholat fardhu maupun sunnah, kita juga selalu membaca ayat-ayat Quran seperti surat-surat pendek. 

Manfaat tadarus Al Quran bisa diperoleh umat muslim yang sering menjalankannya. Salah satunya adalah membetulkan kembali bacaan yang salah dari surat yang sudah kita hafal. Biasanya manfaat tadarus Al Quran ini dilakukan dengan menyimak bacaan di depan beberapa teman atau guru yang akan membetulkan jika ada bacaan yang salah.

Orang yang membaca dan menyimak bacaan Al Quran akan mendapatkan pahala yang sama. Anjuran tadarus Al Quran sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al A'rof ayat 204: " Apabila dibacakan Al-Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat."

Manfaat tadarus Al Quran perlu diketahui agar kita semakin bersemangat menjalankannya. Dengan tadarus Al Quran bacaan kita akan semakin baik dan benar. Apa saja manfaat tadarus Al Quran? Simak penjelasannya berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Pahala Berlipat

Ilustrasi© Freepik.com

Manfaat tadarus Al Quran yang pertama adalah memeroleh pahala berlipat ganda. Apalagi jika tadarus al Quran dilaksanakan pada bulan ramadhan. Ibadah apapun yang dilakukan pada bulan ramadhan akan mendapat pahala berlipat-lipat oleh Allah SWT. 

Membaca satu huruf Al Quran akan diganjar dengan 10 kebaikan dari Allah SWT. Hal ini bukan omong kosong belaka, namun ada hadis yang memperkuatnya.

" Barangsiapa membaca satu huruf dari Al Quran, maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut. Satu kebaikan itu dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan Alif Laam Miim satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

2 dari 6 halaman

2. Memperkuat Silaturahmi

Manfaat tadarus Al Quran yang kedua adalah bisa memperkuat jalinan silaturahmi. Tadarus Al Quran khususnya pada bulan ramadhan biasanya dilakukan oleh banyak orang yang berkumpul di satu tempat.

Tentu saja dengan mengikuti tadarus Al Quran maka akan menyambung silaturahmi dengan saudara semuslim lainnya.

Kesibukan sehari-hari seringkali membuat silaturahmi sempat terputus. Dengan bertemu saat tadarus Al Quran, adalah kesempatan untuk bertemu dengan saudara semuslim, dan para tetangga yang mungkin jarang berjumpa.

3 dari 6 halaman

3. Memeroleh Ilmu tentang Al Quran

Manfaat tadarus Al Quran yang ketiga adalah mendapatkan ilmu pengetahuan lebih banyak tentang Al Quran. Ada orang tertentu yang memiliki pengetahuan lebih tentang Al Quran, yang mana bisa membenarkan bacaan orang lain jika ada yang salah.

Dengan mengikuti tadarus Al Quran, maka umat muslim akan belajar memahami lebih baik tentang Al Quran. Tentu saja dalam kegiatan tadarus akan ada proses tukar pengetahuan. Karena orang yang belajar dan mengajarkan Al Quran akan mendapatkan pahala dan tergolong orang mulia.

Dari Utsman bin Affan, Rasulullah SAW bersabda:

“ Sesungguhnya orang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Alquran dan mengjarkannga.” (HR. Bukhari)

4 dari 6 halaman

4. Menenangkan dan Menentramkan Jiwa

Ilustrasi© Freepik.com

Selain mendapatkan pahala dan ilmu, manfaat tadarus Al Quran yang keempat adalah bisa membuat jiwa lebih tenang dan tentram.

Jiwa yang gundah gelisah akan lebih tenang dengan membaca atau mendengarkan bacaan Al Quran. Bahkan disebutkan dalam firman Allah SWT bahwa Al Quran sebagai obat beragam penyakit.

Dalam Surat Al-Isra ayat 82, Al Quran diturunkan oleh untuk menjadi obat bagi segala penyakit kejiwaan. Maka tak heran jika manfaat tadarus Al Quran akan memeroleh ketenangan dan ketentraman jiwa.

5 dari 6 halaman

5. Terhindar dari Ghibah yang Menyesatkan

Setiap orang pasti pernah melakukan aktivitas ghibah. Ghibah adalah membicarakan keburukan orang lain di hadapan orang. Ghibah seringkali terjadi di lingkungan sosial.

Padahal Rasulullah SAW telah melarang ghibah melalui hadis. Barangsiapa yang membicarakan keburukan orang lain diibaratkan sama dengan memakan bangkai saudaranya sendiri.

Namun dengan kegiatan tadarus Al Quran, kegiatan ghibah ini bisa terhindarkan. Namun dengan syarat saat tadarus Al Quran semua orang yang hadir fokus beribadah.

6 dari 6 halaman

6. Sebagai Penolong di Hari Kiamat

Manfaat tadarus Al Quran yang selanjutnya adalah bisa menjadi penolong di hari kiamat. Tadarus Al Quran apalagi di bulan ramadhan bisa menjadi syafaat di hari akhir atas izin dari Allah SWT.

Hal ini seperti hadis Rasulullah SAW berikut ini:

Beliau SAW bersabda: " Bacalah Al Quran oleh kamu sekalian, karena bacaan Alquran yang sering dibaca ketika hidup di dunia ini, akan menjadi penolongnya nanti di hari Kiamat.” (HR. Muslim)

Itulah beberapa manfaat tadarus Al Quran yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui manfaat tadarus Al Quran yang luar biasa tersebut, diharapkan bisa membuat kita semua semakin semangat untuk membaca dan mendalami al Quran. Mengingat Al Quran adalah pedoman hidup bagi umat Islam dalam berperilaku sehari-hari.

Beri Komentar