6 Perbuatan Ini Bisa Kokohkan Kaki Saat Lewati 'Ash-Shirat'

Reporter : Puri Yuanita
Jumat, 2 September 2016 08:44
6 Perbuatan Ini Bisa Kokohkan Kaki Saat Lewati 'Ash-Shirat'
jika manusia melakukan enam perbuatan ini semasa hidup, maka bisa jadi kaki akan kokoh hingga di ujung jembatan Shirathal Mustaqim. Apa saja perbuatan tersebut?

Dream - Jembatan Shirathal Mustaqim akan dilewati setiap manusia pada pada hari kiamat kelak. Konon jembatan ini disebut-sebut seperti rambut yang dibelah tujuh. Sehingga sulit dibayangkan bagaimana manusia bisa melewatinya.

Ditambah lagi, permukaan jembatan ini sangat licin, memiliki kait, cakar dan duri. Meski di ujung jembatan ada surga yang menanti, namun sepanjang lintasan adalah neraka yang berapi-api. Hal ini membuat kaki setiap manusia tidak akan mudah untuk melangkah.

Hanya amalan di dunia saja yang menyelamatkan, sedangkan selebihnya harus pasrah. Namun, jika manusia melakukan enam perbuatan ini semasa hidup, maka bisa jadi kaki akan kokoh hingga di ujung jembatan. Apa saja perbuatan tersebut? Berikut ulasannya.

 

1 dari 2 halaman

Keterikatan pada Masjid

Dream - Perbuatan pertama yang ternyata dapat mengokohkan kaki kita ketika melewati jembatan Ash-Shirat ialah keterikatan pada masjid. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang mengatakan bahwa masjid merupakan tempat bagi orang-orang yang bertakwa.

Oleh sebab itu, Allah akan menyantuni orang yang menjadikan masjid sebagai rumah dengan roh, wewangian, dan rahmat. Tidak hanya itu, orang yang memiliki keterikatan dengan masjid akan diberi petunjuk oleh Allah SWT ketika melewati Ash-Shirat agar bisa masuk ke dalam surga.

 

2 dari 2 halaman

Ikhlas Bersedekah

Dream - Tidak hanya keterikatan dengan masjid, agar kaki kita tidak mudah terperosok ke dalam neraka saat melewati jembatan Ash-Shirat, maka ada perbuatan yang harus kita laksanakan yakni ikhlas dalam bersedekah.

Pada dasarnya sedekah dapat dilakukan dengan apa saja, asalkan sesuatu yang halal. Baik itu harta, jasa bahkan senyuman pun sudah dikatakan sebagai sedekah. Namun, satu hal yang harus diingat ketika kita mengamalkannya, belajarkan untuk ikhlas memberikannya kepada orang lain. Sebab ada balasan besar untuk amalan yang demikian. Rasulullah SAW bersabda:

" Barangsiapa berbuat kebaikan dengan bersedekah maka dia diperbolehkan melalui ash-Shiraat dengan mendapatkan petunjuk."

Ulasan selengkapnya baca di sini.   

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam