7 Amalan Sunah di Bulan Ramadan: Ladang Pahala dan Penuh Keberkahan

Reporter : Ulyaeni Maulida
Selasa, 11 Mei 2021 17:47
7 Amalan Sunah di Bulan Ramadan: Ladang Pahala dan Penuh Keberkahan
Bukan hanya mendapatkan pahala yang banyak, menjalankan amalan sunah pun juga dapat meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Dream – Bulan Ramadan dapat menjadi ladang pahala bila kita memperbanyak amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Sehingga senantiasa mendapat keberkahan dan kemuliaan dari bulan Ramadan.

Bukan hanya mendapatkan pahala yang banyak, menjalankan amalan sunah pun juga dapat meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Meski bulan puasa tahun ini hanya tinggal hitungan hari, tak ada salahnya kamu untuk memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk menjalankan berbagai amalan sunnah.

Apa saja amalan sunah saat Ramadan yang dianjurkan Rasulullah SAW? Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 7 halaman

Memperbanyak Membaca Alquran

Ilustrasi© Pexels.com

Alquran adalah pedoman hidup bagi umat Muslim. Membaca Alquran tentunya juga bernilai pahala yang tinggi di sisi Allah. Terutama di bulan Ramadan ini. Pahala membaca Alquran akan berlipat ganda.

Bulan Ramadan pun disebut memiliki kaitan erat dengan Alquran dan malaikat Jibril. Sebab, salah satu malam di bulan Ramadan diketahui merupakan waktu pertama kali diturunkannya wahyu Allah melalui malaikat Jibril. Hal ini sebagaimana Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma saat menceritakannya sebagai berikut,

“ Jibril menemuinya pada tiap malam-malam bulan Ramadan dan dia (Jibril) bertadarus Alquran bersamanya.” (HR. Bukhari)

2 dari 7 halaman

Bersedekah

 

Amalan sunah saat Ramadan yang juga mendatangkan ladang pahala adalah bersedekah. Seperti yang diceritakan Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma dalam sebuah hadist shahih berikut ini.

" Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang paling dermawan dan kedermawanannya semakin menjadi-jadi saat Ramadan apalagi ketika Jibril menemuinya. Dan Jibril menemuinya setiap malam bulan Ramadan, dia bertadarus Alquran bersamanya. Maka, Rasulullah sangat dermawan dengan kebaikan laksana angin yang berhembus." (HR. Bukhari)

 

3 dari 7 halaman

Makan Sahur

 

Amalan sunah saat Ramadan yang berikutnya adalah makan sahur. Amalan ini memang tidak diwajibkan, namun sangat dianjurkan.

Rasulullah SAW bersabda, makan sahur menjelang terbitnya sang fajar merupakan sesuatu amalan yang mendapatkan doa dari para malaikat. Sebagaimana dalam hadist riwayat berikut ini,

“ Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur.” (HR. Ahmad dari Abu Sa’id Al Khudri radhiallahu ‘anhu)

4 dari 7 halaman

Memberi Makan Orang Berpuasa

 

 

Memberi makan orang berpuasa merupakan sebuah amalan yang akan mendatangkan kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain.

Selain itu, tali silaturahmi pun senantiasa tetap terjalin antar sesama umat Islam. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam hadist berikut ini,

" Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu. (HR. At Tirmidzi No. 807, Ahmad No. 21676, An Nasai dalam As Sunan Al Kubra No. 3332, Al Baihaqi dalam Syuabul Iman No. 3952).

 

 

5 dari 7 halaman

Itikaf

Ilustrasi© Shutterstock

Itikaf adalah berdiam diri didalam masjid dengan syarat dan tata cara tertentu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Hal utama yang dilakukan saat itikaf adalah dengan memperbaiki niat. Niat yang ditanamkan dalam diri adalah semata-mata untuk beribadah kepada Allah.

Selama itikaf, sebaiknya memperbanyak zikir dan mengingat Allah. Memperbanyak ibadah sunnah dan memohon ampun atas segala dosa-dosa

 

6 dari 7 halaman

Memperbanyak Doa

 

Selama bulan Ramadan sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa-doa. Dalam berdoa harus dengan kerendahan diri. Memohon ampunan kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW memerintah Ummul Mukminin Aisyah untuk berdoa di malam-malam itu.

Aisyah berkata, “ Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku ketepatan mendapatkan malam lailatul Qodar, apa yang harus aku ucapkan?”, beliau menjawab: “ Ucapkanlah: “ Allahumma Innaka ‘Afuwwun Tuhibbul ‘Afwa Fa’fu Anna”

(Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku).” (HR. Ibnu Majah)

 

 

7 dari 7 halaman

Melaksanakan Sholat Malam

Ilustrasi© Shutterstock

Selama bulan Ramadan, banyak sekali ibadah sunnah yang sangat di anjurkan. Salah satunya adalah sholat malam atau shalat tahajjud.

Jika biasanya selama Ramadan ada sholat tarawih, maka untuk dapat melakukan sholat tahajjud bisa setelah tidur. Kamu dapat sholat tahajjud sesaat sebelum makan sahur.

" Barangsiapa yang sholat malam pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar