7 Cara Menentukan Arah Kiblat, Sudah Tahu?

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 28 Mei 2019 09:00
7 Cara Menentukan Arah Kiblat, Sudah Tahu?
Menghadap kiblat merupakan salah satu dari syarat melaksanakan sholat.

Dream - Sholat merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh semua umat Muslim. Sholat termasuk ke dalam rukun Islam kedua setelah membaca Syahadat. Tiang agama dalam Islam sendiri yaitu dengan mengerjakan sholat.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW“ Sholat adalah tiang agama. Barang siapa yang menegakkan sholat,maka berarti ia menegakkan agama, dan barang siapa yang meninggalkan sholat berarti ia merobohkan agama."  (HR. Bukhari Muslim)

Ada 4 syarat sah sholat, yaitu suci dari hadas kecil dan besar, mengetahui waktu shalat, menutup aurat dan menghadap kiblat. Kiblat sendiri merupakan patokan arah sholat bagi seluruh umat Muslim.

Apabila kita tidak menghadap ke arah kiblat, maka sholat kita dianggap tidak sah. Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang memperbolehkan kita untuk sholat tidak menghadap kiblat yaitu dalam kondisi perang dan di atas kendaraan.

Untuk itu, setiap kita akan sholat harus mengetahui letak arah kiblat yang benar ada di mana. Cara menentukan arah kiblat juga tidak bisa sembarangan untuk dilakukan.

Namun, Sahabat Dream tidak perlu khawatir, untuk menentukan arah kiblat bisa dengan cara manual dan modern loh. Berikut kami rangkum cara-cara menentukan kiblat dari berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Cara Menentukan Arah Kiblat Manual

Dengan melihat arah sinar matahari

Cara menentukan arah kiblat yang sering dilakukan oleh umat Islam sebelum kita adalah dengan melihat gerak semu harian matahari. Matahari sudah pasti terbit dari arah timur, maka arah kebalikannya dari matahari terbit adalah arah barat. Arah barat merupakan arah yang paling mendekati dengan arah kiblat.

Matahari

Setiap tahun terdapat dua hari yang dimana matahari terletak tepat di atas Kabah (Kiblat). Arah matahari pada saat itu pasti akan mengarah ke kiblat dari seluruh penjuru dunia.

Peristiwa tersebut biasanya disebut dengan A’dham atau Rashdul Qiblah, yang terjadi setiap tanggal 28 Mei atau 16 Juli. Pada tanggal tersebut, matahari akan tepat di atas Kabah setiap pukul 12 siang waktu Arab Saudi atau pukul 4 sore Waktu Indonesia Barat.

Rasi Bintang Orion

Rasi bintang orion bisa dijadikan patokan untuk dapat menentukan arah barat. Carilah 3 buah bintang yang memiliki cahaya yang terang, jika ditarik ketiga bintang tersebut akan membentuk seperti ekor kalajengking. Dari arah ekor tersebut, geserlah posisi Sahabat Dream ke arah sebelah kiri sebesar 22 derajat.

Lumut di pohon

Apabila Sahabat Dream sedang berada di kawasan hutan atau wilayah yang terdapat banyak sekali pohon, kalian bisa menentukan arah kiblat, loh. Caranya cukup mudah, carilah pohon yang memiliki lumut di salah satu sisinya.

Sisi yang terdapat lumutnya menunjukan arah timur, sebaliknya sisi pohon yang tidak terdapat lumut merupakan sisi barat. Hal tersebut dikarenakan sisi yang tidak ditumbuhi lumut, merupakan sisi yang selalu terkena sinar matahari dari terbit hingga terbenam.

2 dari 2 halaman

Cara Menentukan Kiblat Modern

Aplikasi Google Maps

Menggunakan bantuan google maps dalam menentukan arah kiblat merupakan salah satu cara yang paling praktis. Layanan Google Maps ini dengan sangat mudah menentukan arah kiblat dari seluruh penjuru dunia.

Caranya juga cukup mudah, Sahabat Dream dapat memasukan alamat, kota, atau negara yang sedang kamu tinggali. Kemudian klik Cari, maka akan muncullah arah kiblat yang sesuai dengan posisi kamu berada.

Global Positioning System (GPS)

GPS merupakan sistem navigasi yang menggunakan teknologi satelit untuk penunjukkan arah. Dengan menggunakan GPS ini, kita bisa menentukan arah dan koordinat Kabah dengan akurat. Cara ini dipercaya mampu menunjukan arah kiblat dengan akurat.

Aplikasi Ponsel

Di era digital seperti saat ini, banyak sekali aplikasi-aplikasi bermunculan yang bermanfaat bagi kita. Salah satu aplikasi yang terus bermunculan adalah aplikasi yang dapat menentukan arah kiblat.

Aplikasi-aplikasi tersebut meliputi Visual Qiblah, Find Qibla Pro, Qibla Locator san Islamic Compass Qibladirection. Aplikasi tersebut dapat kamu temui di App Store dan Google Play. 

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan