8 Kisah Sukses Ade Londok, dari Pengamen hingga Mampu Beli Mobil Mewah

Reporter : Reni Novita Sari
Jumat, 16 Oktober 2020 15:00
8 Kisah Sukses Ade Londok, dari Pengamen hingga Mampu Beli Mobil Mewah
Inilah kisah perjuangan hidup Ade Londok yang kini telah hidup berkecukupan

Dream - Sosok Ade Londok mendadak viral beberapa waktu setelah videonya yang mempromosikan jajanan asal Bandung, Odading. Dalam tayangan tersebut, ia sukses mengangkat Odading Mang Oleh atau lengkapnya bernama “ Odading Nusa Sari Pak Sholeh” yang beralamat di Jalan Baranang Siang, Kosambi, Kota Bandung.

Uniknya, gaya Ade Londok saat mempromosikan makanan tersebut terbilang antimainstream. Alih-alih menggunakan bahasa yang halus, ia justru berlagak seperti orang yang marah-marah hingga menggunakan pantun. Namun, justru hal itulah yang kemudian membuat dirinya terkenal.

Promosi bernada ngegas dan kalimat-kalimat nyeleneh ini berimbas positif pada penjualan Odading Mang Oleh. Bahkan sejak video itu viral, pembeli odading terus meningkat. Bahkan kini, pembeli harus mengantre untuk membeli odading tersebut.

Kesuksesan Ade menjadi " S3 marketing" ini pun diganjar hadiah oleh Ridwan Kamil berupa handphone. Setelah kesuksesan tersebut, Ade Londok menjadi lebih terkenal. Berbagai endorse pun berdatangan. Ia bahkan beberapa kali diundang ke berbagai acara televisi dan diajak berkolaborasi dengan sejumlah YouTuber Tanah Air.

Kepopulerannya ini juga memberikan dampak positif bagi kehidupannya saat ini. Belum lama ini, Ade Londok juga memberikan kejutan pada sang ibunda berupa mobil. Lantas bagaimana kisah kesuksesan Ade Londok? Simak ulasannya berikut ini!

1 dari 8 halaman

1. Sosoknya Mudah Bergaul

Nama asli Ade Londok adalah Nandar Ukandar, sosok yang kemudian dikenal karena videonya mempromosikan Odading Mang Oleh viral di media sosial.

Nama Londok sendiri ternyata merupakan pemberian dari rekan seniornya di karang taruna yang memiliki arti ‘bunglon’. Julukan itu disematkan sesuai dengan kepribadian Ade yang mampu menyesuaikan diri di lingkungan pertemanan.

2 dari 8 halaman

2. Jadi Pengamen Jalanan

Ade Londok© Foto : Instagram/m.adelondok

Melalui kanal Youtube Sule, Ade Londok bercerita jika dirinya sudah hidup di jalanan sejak tahun 2000-an. Saat itu Ade memutuskan untuk menjadi seorang pengamen jalanan untuk menyambung hidupnya.

" Kalau awal mula sih dulu sekitar tahun 1990-2000 sudah hidup di jalan. Waktu itu di Simpang Lima itu ngamen, terus ikut ngamen di sekitaran Kosambi," jelasnya.

Dirinya juga mengaku pernah membuat sebuah video namun tidak viral seperti saat ini.

" Dulu saya pernah bikin konten lebay-lebayan, pernah bikin konten tentang cinta tapi enggak laku Kang," ungkap Ade.

3 dari 8 halaman

3. Viral Odading Mang Oleh

Ade Londok© Foto : Instagram/lambe_turah

Berkat video Odading Mang Oleh yang viral di media sosial, perlahan nama Ade Londok mulai dikenal oleh masyarakat. Gayanya mempromosikan makanan khas Bandung itu terbilang unik dan anti-mainstream. Hal itulah yang justru membuat dirinya berbeda dan terkesan unik. “ Ikan hiu makan tomat, gobl*k mun teu kadie.” ucapnya di video.

4 dari 8 halaman

4. Odading Menjadi Laris

Ade Londok© foto: Twitter/@kegblgnunfaedh

Usai video Ade Londok yang berpromosi odading viral di media sosial, warung Mang Oleh yang disebut dalam video pun ikut menerima dampak positif. Warung yang berlokasi di kawasan Baranangsiang, Kosambi, Kota Bandung ini dipadati oleh konsumen. Panjangnya antrean di depan warung juga menjadi bukti dagangan odading yang semakin laris.

5 dari 8 halaman

5. Diangkat Jadi Duta Kuliner Jawa Barat

Ade Londok© foto: Liputan6.com

Viralnya sosok Ade Londok dan kue Odading Mang Ole, rupa-rupanya menarik perhatian Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang kemudian menobatkan pria tersebut sebagai duta promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang kuliner Jawa Barat.

Tak hanya itu, ia juga mendapatkan ponsel baru karena mengaku ponsel miliknya sering bermasalah (error). “ Kang Ade akan saya tugaskan mempromosikan UMKM kuliner di Jabar,” ucap Ridwan Kamil dikutip dari Liputan6.com.

6 dari 8 halaman

6. Diundang TV dan Kolaborasi Youtube Artis

Ade Londok© foto: YouTube/Atta Halilintar

Mendapat banyak sorotan publik, Ade Londok pun diundang ke berbagai acara stasiun TV. Ia juga diajak berkolaborasi oleh sejumlah YouTuber kondang Tanah Air. Pada momen ini pula, Ade Londok banyak menceritakan kisah hidupnya yang menginspirasi, termasuk filosofi kata Iron Man yang ia gunakan.

" Yang ketangkap masyarakat teh bukan Iron Man-nya, tapi filosofi Iron Man-nya. Iron Man menurut saya itu hati yang kuat," ungkap Ade dalam YouTube Atta Halilintar.

7 dari 8 halaman

7. Belikan Mobil Mewah Untuk Ibunda

Ade Londok© foto: YouTube/Ade Londok Asli

Telah mengumpulkan pundi-pundi uang lewat kerja kerasnya, Ade Londok pun tak melupakan jasa orang tua. Ia pun berniat memberikan kejutan pada sang ibu berupa hadiah mobil. Momen mengharukan ini juga diunggah Ade ke akun YouTube miliknya.

8 dari 8 halaman

8. Hendak Renovasi Rumah

Ade Londok© foto: YouTube/Ade Londok Asli

Selain mobil, Ade juga mengatakan hendak merenovasi rumah yang ia tempati bersama sang ibu. Sebelumnya, Ade Londok memang menunjukkan beberapa penampakan rumahnya yang sederhana. Ia pun bertekad untuk membuatkan hunian yang lebih nyaman dan segera merenovasi rumah.

Beri Komentar