8 Tips Cara Mendidik Anak Membaca dan Menghafal Alquran dengan Mudah

Reporter : Sugiono
Rabu, 9 Oktober 2019 12:01
8 Tips Cara Mendidik Anak Membaca dan Menghafal Alquran dengan Mudah
Pengguna Facebook asal Malaysia berbagi 8 tips cara mendidik anak membaca dan menghafal Alquran dengan mudah.

Dream - Di zaman yang canggih ini, peran gadget dalam kehidupan dipandang sangat penting. Ada yang menyebut hidup tak bisa sama sekali lepas dari gadget.

Bagaimana tidak? Bukannya memulai hari baru dengan bersyukur kepada Allah, sebagian orang akan mencari ponsel ketika bangun dari tidur.

Ada juga orangtua yang menggunakan gadget untuk menenangkan anak kecil yang menangis karena menginginkan sesuatu.

Padahal, seperti yang sudah diketahui secara umum, kecanduan gadget berdampak buruk bagi pertumbuhan anak-anak.

Nah, daripada kecanduan gadget, sebaiknya anak-anak dibuat agar suka membaca dan menghafal Alquran di manapun dan kapanpun.

Karena itu, Sahabat Dream perlu mengetahui cara mendidik anak agar bisa membaca dan menghafal Alquran.

Untuk mendidik anak bisa membaca dan menghafal Alquran bukanlah tugas yang mudah. Namun dengan teknik yang tepat, anak dapat membaca dan menghafal Alquran dengan mudah dan cepat.

Seorang pengguna Facebook asal Malaysia bernama Khairul Anuar Basri berbagi 9 tips cara mendidik anak membaca dan menghafal Alquran dengan mudah.

Inilah 8 tips cara mendidik anak agar bisa membaca dan menghafal Alquran dengan mudah dan cepat:

1. Membetulkan Bacaan Mereka

Untuk anak-anak yang sudah tahu cara membaca Alquran, perbaiki bacaan mereka sesuai dengan tajwid. Ini sangat penting karena hafalan yang dibuat dengan cara yang benar akan menyebabkan hafalan mereka tepat setiap saat. Tanpa perlu untuk memperbaikinya berulang-ulang.

2. Menggunakan Teknik Menghafal yang Disukai

Setelah membetulkan kebiasaan membaca Alquran, mulailah menghafal menggunakan berbagai teknik yang disukai. Mungkin mereka akan membacanya berulang kali, atau mereka bisa dibantu dengan mendengarkan audio secara bersama.

1 dari 3 halaman

3. Menetapkan Waktu dan Jumlah Ayat Yang Perlu Dihafalkan

Tetapkan waktu dan target berapa banyak ayat yang harus dibaca dan dihafal seorang anak dalam sehari. Orangtua dapat dengan mudah memonitor proses menghafal mereka.

4. Memberikan Ujian

Orang tua bisa memberikan ujian tentang bacaan dan hafalan Alquran anak. Jika perlu, lakukan ujian bacaan dan hafalan setiap kali selesai sesi pelajaran. Hal ini untuk memastikan bahwa mereka berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan.

2 dari 3 halaman

5. Membuat Evaluasi Bacaan dan Hafalan Terdahulu

Sebelum pindah ke surat yang baru, buat evaluasi bacaan dan hafalan terdahulu untuk memastikan anak bisa mengingat dengan baik. Evaluasi ini juga dapat dijalankan sesuai kebutuhan.

 

6. Memakai CD Audio

Untuk lebih mengintensifkan bacaan dan hafalan, putar CD audio berisi ayat-ayat Alquran saat bepergian dengan mobil. Biasanya, anak-anak akan secara otomatis ikut membaca dan menghafal Alquran.

3 dari 3 halaman

7. Mengulang dan Semaan Alquran

Gunakan metode pengulangan dan semaan Alquran untuk memperkuat hafalan.

 Kisah Mualaf Inggris: Menangis saat Baca Alquran

8. Buat Lomba Membaca dan Menghafal Alquran

Anak-anak paling suka mengikuti lomba. Karena itu buat lomba kecil-kecilan membaca dan menghafal Alquran. Siapa yang cepat dan tepat dalam membaca dan menghafal Alquran akan dapat hadiah kecil.

(ism, Sumber: Siakapkeli.my)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara