80 Kata-Kata Bahasa Jawa, Tentang Motivasi Kerja, Sahabat & Arti Kehidupan

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 26 Maret 2021 09:40
80 Kata-Kata Bahasa Jawa, Tentang Motivasi Kerja, Sahabat & Arti Kehidupan
Kata-kata bahasa jawa kerap berisi wejangan yang secara turun-temurun diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya tentang bagaimana cara menjalani hidup dengan baik dan benar.

Dream - Kata-kata mutiara bahasa jawa begitu kental khususnya bagi Anda yang memiliki garis keturunan jawa ataupun orang Jawa tulen. Di dalam kata-kata bahasa Jawa, Sahabat Dream akan mendapatkan petuah-petuah tentang kehidupan yang lebih baik dan benar. Karena dengan mengimplementasikan petuah-petuah tersebut dengan baik, maka sudah pasti kehidupanmu akan jauh lebih baik kedepannya.

Kata-kata dalam bahasa Jawa yang cenderung halus dan ngayomi, memang dapat menjadi pengayoman yang baik bagi kamu dan orang-orang lain. Adapun jenis-jenis dari kata mutiara tersebut begitu banyak, maka dengan banyaknya jenis kata-kata bahasa Jawa, kamu dapat mencari kata-kata yang sekiranya cocok denganmu saat ini.

Sebenarnya ada begitu banyak kata-kata mutiara dalam bahasa jawa beserta arti. Biasanya, kata-kata bahasa jawa tersebut adalah wejangan yang secara turun-temurun diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya tentang bagaimana cara menjalani hidup dengan baik dan benar, bagaimana hidup dengan sederhana dan teratur, bagaimana bertata-krama secara baik dengan orang yang lebih tua, bagaimana mengasihi sesama, dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut 80 kata-kata Bahasa Jawa beserta artinya, tentang motivasi kerja, sahabat, dan makna kehidupan, dihimpun dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Kata-Kata Bahasa Jawa tentang Motivasi Kerja

Ilustrasi© freepik.com

Supaya hidupmu lebih bersemangat menjalani kehidupan sehari-hari khususnya saat bekerja, berikut ada beberapa kata-kata bahasa Jawa tentang motivasi kerja yang bisa menggugah semangatmu:

" Aja dadi pengecut kaya upil sing umpetan ning ngisor meja." (Jangan jadi pengecut seperti kotoran hidung yang hanya bisa bersembunyi di bawah meja)

" Wong menang iku wong sing bisa ngasorake priyanggane dhewe." (Orang yang menan adalah orang yang bisa melawan nafsunya sendiri)

" Golek sempurnaning urip lahir batin lan kasempurananig pati." (Mencari kesempurnaan hidup di dunia dan akhirat)

" Wong pinter kalah karo wong beja." (Orang pintar kalah dengan orang beruntung)

" Basa iku busananing bangsa." (Budi pekerti seseorang bisa terlihat dari tutur kata yang diucapkannya)

" Sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip." (Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup)

" Gusti Allah mboten sare." (Allah tidak tidur)

" Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang sukmo." (Mulailah untuk bertindak sebisamu, baru akhirnya serahkan semuanya kepada Allah Yang Maha Esa)

" pusaka ingkang paling sekti iku dudu tombak, pedang lan keris, pusaka kang paling sekti yaiku dumunung ing jati diri." (Pusaka yang paling sakti bukanlah tombak, pedang atau keris, tapi terletak dalam diri sendiri)

" Gusti paring mergi kangge tyang ingkang purun teng merginipun." (Tuhan akan memeberikan jalan, bagi mereka yang mengikuti jalan kebenaran)

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Bahasa Jawa, Bikin Semangat Bekerja

Ilustrasi© freepik.com

" Eling lan waspada, sadar lan sabar, setiti lan ngabekti, sumeleh tur sareh." (Ingat dan waspada, sadar dan sabar, hemat dan mengabdi, ikhlas dan tenang)

" Manungsa mung ngunduh wohing pakarti." (Di dalam kehidupan, manusia itu sebenarnya hanya akan memetik hasil atas apa yang ia perbuat sendiri)

" Sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip." (Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup)

" Yen kabih wis ginaris nyata, aja nganti ana ati sing rumangsa sengsara narima pacoba." (Jika semua sudah menjadi ketentuan Tuhan, jangan ada lagi hati yang merasa sedih disaat menerima cobaan)

" Gusti Allah paring pitedah iso lewat bungah, iso lewat susah." (Allah memberikan petunjuk bisa melalui rasa bahagia, bisa juga dari rasa susah)

" Ra usah kakean cangkem, sing penting kui buktine." (Tidak usah banyak mulut, yang penting itu buktinya)

" Niat kerjo, ora golek perkoro. Niat golek rejeki, ora golek rai. Ora balapan, opo maneh ugal-ugalan." (Niat bekerja bukan untuk nyari perkara. Niat mencari rezeki, bukan hanya cari perhatian belaka. Bukan balapan, apalagi ugal-ugalan)

" Ra ono wong mulyo tanpo urip rekoso." (Tidak ada orang yang hidup sukses tanpa kerja keras)

" Seng nandur bakale ngunduh." (Yang berbuat akan mendapatkan hasilnya)

" Alon-alon asal kelakon." (Pelan-pelan yang penting tercapai)

" Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu,sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu." (Hidup itu terus berjalan,bersamaan dengan waktu,yang bisa membawa tingkah lakumu biar baik nasibmu)

" Manungsa mung ngunduh wohing pakarti." (Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri)

" Alam iki sejatining Guru." (Alam adalah guru yang sejati)

" Ojo mabuk bondo, opo meneh mabuk dunyo, uripmu rekoso." (Jangan tergila gila dengan harta, apa lagi mabuk kekuasaan dunia, hidupmu sengsara)

" Nanging ora teges gampang pepes kentekan pangarep arep." (Bukan berarti putus asa ketika kehabisan harapan karena harapan selalu ada)

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Bahasa Jawa Tentang Sahabat

Ilustrasi© freepik.com

Berikut kata-kata Bahasa Jawa tentang sahabat:

" Dudu sanak, dudu kadang, yen mati melu kalangan." (Bukan keluarga, bukan saudara, jika meninggal ikut kehilangan)

" Guyon ora popo, sing penting ojo jotos-jotosan, yo!" (Bercanda tidak apa-apa, yang penting jangan hantam-hantaman, ya!)

" Teman Jadi Cinta. Sampek kegowo turu, ngimpi ngusap pipimu. Tansah nyoto keroso konco dadi tresno." (Teman jadi cinta sampai terbawa tidur, mimpi mengusap pipimu. Seperti kenyataan terasa seperti teman jadi cinta)

" Kadang lathi iso gawe loroning ati." (Kadang lidah bisa membuat sakit hati)

" Gak usah macak sok polos ndek ngarepku. Lek kenyataane sikapmu koyok asu." (Tidak perlu pura-pura polos di depanku. Kalau kenyataannya sikapmu seperti anjing)

" Nek ngomong ojo dhuwur-dhuwur. Ngko lambemu kesampluk pesawat." (Kalau berbicara jangan tinggi-tinggi, nanti mulutmu tersambar pesawat)

" Ngaku konco kok gur pengen nunut mulyo. Pas konco ciloko malah lungo." (Mengaku teman tapi hanya ingin numpang tenar. Ketika teman ada masalah malah pergi)

" Ra sah ngaku konco kenthel nek pas awor aku atimu isih grundel." (Tidak perlu mengaku teman kalau ketika bertemu hatimu masih mengganjal)

" Ampun mbedakakekn marang lintune." (Jangan membeda-bedakan sesama, hargai perbedaan)

" Ojo dadi kacang kang lali karo kulite." (Janganlah jadi orang yang melupakan pengorbanan dan bantuan orang lain)

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Bahasa Jawa Penuh Makna

Ilustrasi© freepik.com

Berikut kata-kata Bahasa Jawa penuh makna lainnya:

“ Aja mbedakake marang sapadha-padha” (Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia.)

“ Natas, nitis, netes” (Dari Tuhan kita ada, bersama Tuhan kita hidup, dan bersatu dengan Tuhan kita kembali.)

“ Memayu hayuning pribadi; memayu hayuning kulawarga; memayu hayuning sesama; memayu hayuning bawana” (berbuat baik bagi diri sendiri, keluarga, sesama manusia, makhluk hidup dan seluruh dunia)

“ Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan” (Tuhan itu dekat meski kita tubuh kita tidak dapat menyentuhnya dan akal kita dapat menjangkaunya.)

“ Mohon, mangesthi, mangastuti, marem” (Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama.)

“ Urip kang utama, mateni kang sempurna” (Selama hidup kita melakukan perbuatan baik maka kita akan menemukan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya.)

“ Adigang, adigung, adiguno” (jaga kelakuan, jangan somobong dengan kekuatan, kedudukan, ataupun latarbelakangmu.)

“ Narimo ing pandum” (Menerima segala rintangan dengan ikhlas)

“ Manungsa mung ngunduh wohing pakarti” (Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri)

“ Ala lan becik iku gegandhengan, Kabeh kuwi saka kersaning Pangeran” (Kebaikan dan kejahatan ada bersama-sama, itu semua adalah kehendak Tuhan)

“ Golek sampurnaning urip lahir batin lan golek kusumpurnaning pati” (Kita bertanggung jawab untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat.)

“ Ora kena nglarani”. (Jangan melukai orang lain)

“ Ambeg utomo, andhap asor” (Selalu menjadi yang utama tapi selalu rendah hati.)

“ Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang sukmo” (Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan.)

“ Tansah ajeg mesu budi lan raga nganggo cara ngurangi mangan lan turu” (Kurangi makan dan tidur yang berlebihan agar kesehatan kita senantiasa terjaga.)

“ Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter. Nanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa” (Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar tetapi jadilah orang yang bisa dan pintar merasa)

“ Yen urip mung isine isih nuruti nepsu, sing jenenge mulya mesti soyo angel ketemu” (Jika hidup masih dipenuhi dengan nafsu untuk bersenang-senang, yang namanya kemulyaan hidup akan semakin sulit ditemukan).

“ Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelam ndalan” (Tuhan memberi jalan untuk manusia yang mau mengikuti jalan kebenaran).

“ Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning hyang sukmo” (Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada tuhan.)

“ Manungsa mung ngunduh wohing pakarti” (Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri)

“ Sabar iku ingaran mustikaning laku” (Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yg sangat indah dalam sebuah kehidupan)

“ Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu, sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu” (Hidup itu terus berjalan, bersamaan dengan waktu, yang bisa membawa tingkah lakumu, biar baik nasibmu.)

 

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Bahasa Jawa Keren

Berikut kata-kata Bahasa Jawa keren dan singkat:

" Sabar iku lire momot kuat nandhang sakening coba lan pandhadharaning urip."

(Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup)

" Urip iku koyo kopi, yen ndak iso nikmati rasane panggah pait."

(Hidup itu bagaikan secangkir kopi, jika kalian tidak bisa menikmatinya yang dirasa hanyalah pait)

" Aja milik barang kang melok."

(Jangan tergiur barang yang berkilau)

" Manungsa mung ngunduh wohing pakarti."

(Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri)

" Cekelana impenanmu, amarga yen impen mati, urip iku kaya manuk sing swiwine rusak, mula ora bisa mabur."

(Berpegang teguh pada mimpi, karena jika mimpi mati, hidup adalah burung bersayap yang rusak, itu tidak bisa terbang)

" Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu, sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu."

(Hidup itu terus berjalan, bersamaan dengan waktu, yang bisa membawa tingkah lakumu, biar nasibmu baik)

" Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter. Nanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa."

(Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar, tetapi jadilah orang yang bisa dan pintar merasa)

" Nek wes onok sukurono, nek durung teko entenono, nek wes lungo lalekno, nek ilang iklasno."

(Kalau sudah punya itu disyukuri, kalau belum datang ya dinanti, kalau sudah ditinggal pergi lupakan, kalau hilang ikhlaskan)

" Sak apik-apike wong yen awehi pitulung kanthi cara dedemita."

(Sebaik-baiknya orang adalah yang memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi)

" Ngeluruk tanpa bala, menang tanpa ngasorake, sekti tanpa aji-aji, sugih tanpa bhanda."

(Berjuang tanpa membawa massa, menang tanpa merendahkan, berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kaya tanpa didasari harta)

" Nek wes niat kerjo iku ojo golek perkoro, nek wes diniati golek rejeki iku ora usah golek rai." (Kalau sudah niat bekerja itu jangan cari perkara, kalau sudah diniati cari rezeki itu tidak usah cari muka)

" Ojo mung ngopi, sekali-sekali ngeteh ben ngerti yen urip iku ora mung pait, tapi yo sepet." (Jangan cuma ngopi, sekali-kali ngeteh supaya tahu kalau hidup tak cuma pahit tapi juga sepet)

" Ngimpi Seng dukur koyo langit, yen awakmu logor berarti turumu kurang nengah." (Bermimpilah setinggi langit, jika kamu terjatuh berarti tidurmu kurang ke tengah)

Beri Komentar