Ada Gerhana Matahari Cincin, Jangan Lupa Sholat Sunah Kusuf

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 21 Juni 2020 14:51
Ada Gerhana Matahari Cincin, Jangan Lupa Sholat Sunah Kusuf
Ini tata cara sholat sunah gerhana matahari.

Dream - Masyarakat dunia akan menyaksikan fenomena alam gerhana matahari cincin. Tetapi, warga Indonesia hanya dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian.

Ketika gerhana matahari, umat Islam dianjurkan menjalankan sholat gerhana kusuf.

Mengenai tata caranya, sholat ini diawali dengan sholat sunah dua rakaat dilanjutkan dengan dua khutbah seperti sholat Id. Bedanya, setiap rakaat sholat gerhana bulan dilakukan dua kali rukuk.

Untuk khutbah sholat gerhana, tidak dianjurkan takbir seperti khutbah dua sholat Id.

Secara urutannya, sebagai berikut.
1. Niat,
2. Takbiratul Ikhram,
3. Membaca taawuz dan Surat Al Fatihah, dilanjutkan membaca Surat Al Baqarah dengan suara keras,
4. Rukuk dengan membaca tasbih 100 kali,
5. I'tidal dan membaca Surat Al Fatihah, lalu Surat Ali Imron,
6. Rukuk dan membaca tasbih 80 kali,
7. I'tidal dan membaca doa i'tidal,
8. Sujud dan membaca tasbih sebanyak 100 kali seperti rukuk pertama,
9. Duduk di antara dua sujud,
10. Sujud kedua dan membaca tasbih seperti rukuk kedua,
11. Duduk sejenak sebelum bangkit untuk rakaat kedua,
12. Bangkit dan mengerjakan rakaat kedua yang sama dengan rakaat pertama. Bedanya, pada rakaat pertama dianjurkan membaca Surat An Nisa dan rakaat kedua Surat Al Maidah,
13. Salam,
14. Khotbah oleh imam atau khotib yang ditunjuk.

 Sholat Gerhana© Kemenag

Sumber: Kemenag

1 dari 5 halaman

Gerhana Matahari Cincin, Kemenag Imbau Masyarakat Berdoa Agar Corona Hilang

Dream - Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, mengimbau masyarakat untuk melaksanakan sholat sunah kusuf berkaitan dengan adanya gerhana matahari sore ini.

Dia juga berharap masyarakat untuk berdoa agar pandemi Covid-19 segera hilang terutama dari Indonesia.

" Kami imbau kaum muslim pada daerah yang mengalami gerhana dan aman dari Covid-19, untuk menggelar sholat sunah gerhana sesuai tuntunan syariah tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujar Kamaruddin.

Dia menjelaskan sholat sunah gerhana bisa dijalankan secara berjemaah maupun sendiri. Sholat sunah ini terdiri dari dua rakaat.

Kamaruddin juga meganjurkan masyarakat untuk membaca takbir, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah, dan amal shaleh lainnya.

" Jangan lupa berdoa agar wabah Covid-19 segera berakhir dan juga doa untuk keselamatan bangsa dan negara," kata dia.

2 dari 5 halaman

Sore Nanti, Gerhana Matahari Cincin Tampak di Langit Indonesia

Dream - Fenomena alam langka gerhana matahari cincin akan muncul sore ini. Sayangnya, masyarakat Indonesia hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian.

" Akan terjadi gerhana matahari cincin 21 Juni 2020, tapi tak terlihat dari wilayah Indonesia. Indonesia hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian dari wilayah utara," ujar Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Rhorom Priyatikanto, dikutip dari Liputan6.com.

Menurut Rhorom, gerhana matahari cincin hanya akan terlihat di Arab Saudi, Pakistan, India, China, dan Taiwan. Sedangkan di Indonesia, gerhana matahari sebagian bisa diamati sekitar pukul 15.00 WIB.

Di Sumatera, kata Rhorom, gerhana berlangsung mulai pukul 14.30-15.30 WIB. Sedangkan di Sulawesi dapat disaksikan 30 menit kemudian.

" Wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Maluku dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian," kata dia.

 

3 dari 5 halaman

Cara Aman

Selanjutnya, Rhorom menyarankan masyarakat menggunakan alat dengan filter khusus yang dapat menyaring 99,99 persen cahaya matahari agar tidak berbahaya bagi mata. Salah satu contohnya kacamata las.

" Yang paling aman adalah melihatnya dari layar HP (handphone) atau komputer dengan cara mencari pengamat yang melakukan video streaming, melalui YouTube misalnya," kata dia.

Selain itu, dapat pula menggunakan sejumlah peralatan. Seperti kamera pinhole, kacamata matahari, binokular atau teleskop, serta kamera DSLR.

Sumber: Liputan6.com/Nila Chrisna Yulika

4 dari 5 halaman

Pantau Gerhana Matahari Cincin Siang Nanti Dengan 6 Cara Aman Ini

Dream - Gerhana Matahari cincin diperkirakan akan muncul di langit Indonesia hari ini, Minggu, 21 Juni 2020. Diprediksi Indonesia menjadi salah satu negara yang bisa menyaksikan langsung fenomena alam langka tersebut.

Badan Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG) memperkirakan waktu gerhana matahari cincin akan dimulai pukul 13.00 WIB dan akan berlangsung selama beberapa jam ke depan. Di waktu tersebut, Matahari, Bulan dan Bumi berada dalam garis yang sejajar.

Nantinya, sinar matahari akan tertutup bulan. Sehingga, jika diamati dari bumi akan ada lingkaran yang membentuk cincin di langit.

Meskipun indah, menyaksikan gerhana matahari cincin dengan mata langsung tanpa pelindung merupakan hal yang berbahaya. Dampaknya bisa fatal bagi mata.

" Jika orang melihat tanpa perlindungan yang tepat ke arah gerhana matahari, mereka berisiko melukai mata mereka sendiri," ujar Presiden Royal Astronomical Society of Canada, Ralph Chou.

5 dari 5 halaman

Hati-hati, Karena Tak Muncul Gejala

Jika mengalami cedera, Chou mengatakan tergantung berapa lama mereka melihat gerhana matahari tanpa perlindungan. " Mereka memiliki risiko besar kehilangan penglihatan permanen," kata dia.

Chou mengatakan memang tidak ada rasa sakit yang langsung muncul usai melihat gerhana matahari tanpa pelindung mata. Sebab, retina tidak memiliki reseptor rasa sakit sehingga sulit diketahui mata mengalami cedera atau tidak.

Umumnya, gejala baru muncul 12 jam kemudian. Ketika bangun tidur, seseorang mendapati penglihatannya berubah.

Menurut Chou, tidak ada solusi untuk mengurangi cedera selain menunggu apakah penglihatan pasien kembali pulih atau tidak. Jika cedera terlalu parah, seseorang bisa mengalami kebutaan.

 

 

Beri Komentar