Air Liur Bercampur Darah Tertelan, Puasa Jadi Batal?

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 15 Mei 2019 06:01
Air Liur Bercampur Darah Tertelan, Puasa Jadi Batal?
Pada dasarnya, air liur tertelan tidak membatalkan puasa selama tidak bercampur dengan benda lain.

Dream - Gusi mengeluarkan darah merupakan hal yang kerap terjadi pada sebagian orang. Kondisi ini tentu sangat menganggu.

Apalagi di saat berpuasa seperti sekarang ini. Kita jadi khawatir darah tersebut tertelan bersama air liur.

Jika sampai tertelan, takutnya puasa menjadi batal. Lantas, benarkah demikian?

Dikutip dari NU Online, menelan air liur tidak membatalkan puasa. Tetapi, air liur yang tertelan harus murni dan tidak tercampur apapun.

Apabila air liur tercampur dengan benda suci seperti ingus atau benda najis seperti darah, ketentuannya menjadi berbeda. Air liur tersebut bisa menjadi sebab batalnya puasa.

Syeikh Zakariya Al Anshari dalam Asna Al Mathalib menjelaskan demikian.

" Jika seseorang menelan air liurnya yang masih murni maka hal tersebut tidak membatalkan puasanya, meskipun air liurnya dia kumpulkan (menjadi banyak). Dan menelan air liur dapat membatalkan puasa ketika air liurnya terkena najis, seperti seseorang yang gusinya berdarah, atau dia mengonsumsi sesuatu yang najis dan mulutnya tidak dia basuh sampai masuk waktu subuh. Bahkan meskipun air liur (yang terkena najis) warnanya masih bening. Begitu juga (puasa menjadi batal ketika menelan) air liur yang bercampur dengan perkara suci yang lain, seperti orang yang membasahi dengan air liur pada benang jahit yang ditenun, lalu air liurnya berubah warna."

 

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Mashabi, Cikal Bakal Dangdut Indonesia #KabarDangdut