Aksi Kepala Sekolah Santap Makanan Sisa Murid, Alasannya Bikin Haru

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 14 September 2021 17:00
Aksi Kepala Sekolah Santap Makanan Sisa Murid, Alasannya Bikin Haru
Kepala Sekolah di China rela memakan sisa makanan siswa untuk memperingatkan mereka agar tidak membuang-buang makanan.

Dream - Membuang-buang makanan merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Sangat penting mengajari anak-anak untuk menghabiskan makanan di piringnya.

Demi menyampaikan pesan pentingnya tidak membuang makanan kepada murid-murid di sekolahnya, seorang kepala sekolah di China mempunyai cara yang unik dan sukses mencuri perhatian publik.

Kepala Sekolah Menengah Swasta di Oiyang, provinsi Hunan, Wang Yongxin, rela memakan sisa makanan siswa di kantin sekolah untuk memperingatkan mereka agar tidak membuang-buang makanan.

Seperti apa kisah selanjutnya? Simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Hentikan Perilaku Buruk Buang Makanan

Ilustrasi© SMCP

Kabar itu menjadi viral usai sebuah video dari insiden tersebut tersebar di media sosial. Dalam video menunjukkan kepsek Wang berdiri di dekat tempat sampah di kantin.

Kemudian ia tampak memakan sisa makanan para siswanya. Tujuannya adalah demi menghentikan para siswa dari perilaku buruk membuang makanan mereka.

Para siswa menyaksikan dia makan sisa makanan tersebut. Sementara murid yang lain mulai menghabiskan makanan mereka lagi setelah mereka dilarang membuangnya.

2 dari 3 halaman

Sudah Beraksi Beberapa Kali

Ilustrasi© Freepik.com

Dilansir indiatimes.com, guru berusia 58 tahun itu mengatakan dirinya sudah melakukan aksi tersebut sebanyak tiga kali. Pada minggu lalu, Ia mengaku sudah menyantap makanan yang tidak dihabiskan dari sekitar enam atau tujuh murid selama waktu makan siang.

“ Saya ingin memberi contoh kepada anak-anak, memberi tahu mereka bahwa membuang makanan itu salah. Aksi saya tidak hanya mengejutkan anak-anak tetapi juga (mengejutkan) para guru,” ujarnya.

“ Beberapa anak menghabiskan makanan mereka ketika mereka melihat saya memakan sisa makanan teman sekelas mereka. Sekarang beberapa dari mereka secara sukarela memberi tahu staf berapa banyak makanan yang mereka butuhkan, yang membantu mengurangi limbah,” imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Ramai Komentar Warganet

Aksi kepala sekolah itu pun menuai pujian dari berbagai pihak karena bisa mencegah pemborosan makanan. Namun di sisi lain banyak pihak yang mengatakan keprihatinan tentang risiko kesehatan.

“ Adalah baik untuk berhemat, tetapi memakan sisa makanan orang lain adalah contoh buruk untuk pengendalian epidemi. Mungkin mereka harus memikirkan cara lain untuk mendidik para siswa,” ungkap salah satu warganet.

Ilustrasi© Freepik.com

Namun, Wang mengatakan bahwa semua makanan berasal dari dapur yang sama, sehingga menurutnya hal itu aman-aman saja.

“ Semuanya dari dapur yang sama. Semua siswa dan guru makan di sini. Saya menganggap anak-anak sebagai milik saya, jadi tidak ada batasan dalam pikiran saya," pungkasnya.

Beri Komentar