Amalan-Amalan Pada Malam Nuzulul Quran, Perbanyak Ibadah dan Dzikir

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 29 April 2021 18:29
Amalan-Amalan Pada Malam Nuzulul Quran, Perbanyak Ibadah dan Dzikir
Amalan-amalan ini bisa kamu kerjakan untuk mengisi malam Nuzulul Quran.

Dream - Tak terasa Ramadan 1442 Hijriah sudah memasuki hari ke-17. Umat muslim mengenal tanggal tersebut sebaagai Nuzulul Quran yang merupakan peristiwa turunnya wahyu pertama al Quran pada malam 17 Ramadan kepada Nabi Muhammad SAW. Amalan Nuzulul Quran bisa dijadikan motivasi bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah di bulan penuh pahala ini. 

Momen yang sangat istimewa ini kerapkali dimanfaatkan untuk memperbanyak ibadah, seperti berdzikir dan membaca al Quran serta amalan lain yang disunahkan.

Untuk itu, tidak lengkap rasanya bila umat Islam tidak membaca Al-Quran di malam Nuzulul Quran. Berbagai aktivitas ibadah dan amalan selama malam Nuzulul Quran diharapkan bisa membuat seorang muslim lebih memaknai salah satu hari terpenting dalam sejarah umat Islam.

Berikut ada beberapa amalan malam Nuzulul Quran yang bisa Sahabat Dream tunaikan.

1 dari 4 halaman

Istiqomah Membaca Al Quran

Ilustrasi© unsplash.com

Amalan malam Nuzulul Quran yang pertama yakni istiqomah. Tentu saja, sebagai umat Islam, kita harus mengisi malam Nuzulul Quran dengan amalan-amalan baik. Salah satunya dengan istiqomah membaca Al-Quran.

Sebab al-Quran merupakan pedoman utama bagi seluruh umat Islam di dunia. Al-Quran untuk pertama kalinya diwahyukan atau diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Maka dari itu, sebaiknya umat muslim bisa khatam membaca Al-Quran selama di Bulan Ramadhan. Minimal, kamu bisa khatam Al-Quran satu kali.

Namun tidak hanya sekedar membaca al Quran, umat muslim juga wajib tadabur atau mendalami ayat-ayat yang ada di Alquran. Kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena al Quran itu isinya sesuai dengan ralitas kehidupan manusia, mengandung kebaikan, petunjuk, dan ilmu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia baik di dunia dan akhirat.

2 dari 4 halaman

Amalan Malam Nuzulul Quran: Iktikaf

Ilustrasi© freepik.com

Amalan malam Nuzulul Quran yang bisa dilakukan selanjutnya adalah iktikaf. Layaknya amalan malam Lailatul Qadar, saat Nuzulul Quran pun kamu juga bisa melakukan iktikaf.

Iktikaf adalah berdiam diri di dalam masjid dengan syarat tertentu dan niat beribadah semata-mata hanya untuk Tuhan Allah SWT.

Iktikaf adalah momen di mana umat Islam bisa lebih mendekatkan diri pada Allah SWT secara intim. Terdapat beberapa syarat yang harus dilakukan sebelum melakukan iktikaf.

Adapun syarat untuk sahnya iktikaf seperti, beragama Islam, baligh, dan memiliki niat iktikaf. Selain itu, iktikaf juga harus dilakukan di masjid, baik itu di masjid jami' ataupun di masjid biasa.

3 dari 4 halaman

Perbanyak Dzikir dan Doa

Ilustrasi© freepik.com

Amalan malam Nuzulul Quran yang bisa kamu lakukan yakni memperbanyak bacaan doa dan dzikir. Dengan melakukannya, Sahabat Dream bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tidak hanya itu, memperbanyak bacaan doa dan dzikir juga bisa membuat kamu lebih menghayati betapa pentingnya malam Nuzulul Quran. Apalagi, Nuzulul Quran merupakan peristiwa diturunkannya Al-Quran yang di mana menjadi pedoman utama bagi umat Islam.

Berikut salah satu doa saat malam Nuzulul Quran yang bisa kamu panjatkan:

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan.

Artinya:

" Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Alquran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berzikir lewat Alquran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Alquran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Alquran."

4 dari 4 halaman

Menunaikan Sholat Malam

Ilustrasi© Pixabay

Sholat malam adalah salah satu amalan malam Nuzulul Quran yang bisa kamu kerjakan. Kamu bisa tidur terlebih dahulu setelah menunaikan sholat tarawih dan tadarusan. Saat menjelang sahur atau tengah malam, kamu bisa bangun kembali.

Tujuannya tentu untuk menunaikan sholat malam. Dengan melakukannya, Sahabat Dream bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memaknai Nuzulul Quran sebagai hari terpenting.

Kamu bisa mengerjakan sholat tahajud, sholat hajat, sholat istikharah, dan sholat witir.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, yang menyebut amalan sholat malam merupakan kebiasaan yang dilakukan orang saleh dan bertakwa.

" Lakukanlah salat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa." (HR.Tirmidzi).

 

Beri Komentar