Amalan-Amalan yang Dapat Menghapus Dosa

Reporter : Ulyaeni Maulida
Jumat, 19 Juni 2020 20:02
Amalan-Amalan yang Dapat Menghapus Dosa
Berikut amalan-amalan dalam Islam yang dapat menghapus dosa.

Dream – Manusia tak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Baik yang dilakukan secara sengaja atau pun tidak. Namun, Allah yang Maha Pengasih dan Maha Pengampun, selalu memberikan kesempatan bagi hamba-Nya yang ingin bertaubat.

Ketika seseorang melakukan dosa, akan membuat hatinya tidak tenang. Rasa bersalah akan selalu membayanginya. Untuk itu, segeralah memohon ampunan dan bertaubatlah dengan sebenar-benarnya taubat.

Allah SWT berfirman, " Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung" (QS. An-Nur: 31)

Allah SWT telah membuka pintu ampunan bagi mereka yang senantiasa bertaubat. Sebagai umat muslim, hendaknya menyesali dosa-dosa yang pernah diperbuat selama hidup.  Dan berusaha untuk menghindarkan diri dari perbuatan dosa.

Berikut ini amalan-amalan dalam Islam yang dapat menghapus dosa: 

1 dari 3 halaman

Bertaubat dengan Sungguh-Sungguh

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

 

Allah SWT berfirman, " Katakanlah: " Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Penyampun lagi Maha Penyayang" . (QS. Az-Zumar: 53)

Sebagai mahkluk yang sering berbuat khilaf, jangan sampai merasa putus asa untuk selalu memohon ampunan Allah SWT. Selama didalam tubuh masih bernyawa, Allah selalu memberikan kesempatan bagi hamba-Nya untuk bertaubat.

Salah satu cara untuk bertaubat adalah dengan melakukan sholat taubat. Yaitu sholat sunnah untuk memohon ampunan Allah dari segala dosa. Sholat taubat biasanya dilakukan sebanyak dua rakaat.

Saat melaksanakan sholat taubat, perbanyaklah istigfar dan mengingat segala dosa, serta berjanji untuk tidak mengulanginya kembali.

2 dari 3 halaman

Memperbanyak Dzikir

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Selain dengan taubat, senantiasalah meminta ampun kepada Allah SWT dengan dzikir menyebut asma-Nya sebagai penghapus dosa. Berikut adalah beberapa dzikir dianjurkan oleh Rasulullah sebagai penghapus dosa.

Rasullulah SAW bersabda: 

" Tidak ada seorang pun yang telah dikembalikan ruhnya (bangun tidur) kemudian membaca, Laillahaillallahu wahdahula syarikalah, lahulmulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa 'ala kulli syaiinqodir - Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Mahaesa. Tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan, dan bagi-Nya segala puji. Dia Mahakuasa atas segala sesuatumelainkan segala dosanya diampuni oleh Allah walaupun sebanyak buih di lautan." (HR. Ibnus Sunni, Imam an-Nawawi)

“ Barangsiapa mengucapkan; Subhanallahi wa bihamdihi - Mahasuci Allah dan segala puji hanya bagi-Nya, sebanyak seratus kali dalam sehari, maka Allah SWT akan mengampuni dosanya, meskipun sebanyak buih di lautan." (HR. Imam al-Bukhari dan Imam Muslim)

3 dari 3 halaman

Rajin Berpuasa

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Shutterstock.com)

Berpuasa akan mencegah seseorang untuk melakukan perbuatan dosa. Karena saat berpuasa, ia akan menahan segala hawa nafsunya. Sehingga dengan memperbanyak berpuasa, maka akan semakin banyak seseorang terhindar dari dosa.

Nabi Muhammad SAW bersabda, " Sesiapa berpuasa Ramadhan dengan iman dan ikhlas (mencari pahala karena Allah) maka diampunilah dosanya yang sudah lewat." (HR. Bukhari dan Muslim).

Puasa dibulan Ramadhan adalah sebuah keistimewaan yang dapat dirasakan oleh umat muslim. Bukan hanya karena mampu menahan hawa nafsu, namun juga terdapat keberkahan luar biasa selama Ramadhan. Selain itu Ramadhan menjadi bulan ampunan bagi hamba-hamba-Nya.

Namun, berpuasa tak hanya dapat dilakukan dibulan Ramadhan. Kamu juga dapat memperbanyak ibadah puasa pada hari-hari biasanya. Contohnya seperti puasa syawal, puasa senin-kamis atau puasa nabi Daud.

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Beri Komentar