Amalan Malam Nisfu Syaban yang Akan Dikabulkan Allah SWT

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 8 April 2020 19:47
Amalan Malam Nisfu Syaban yang Akan Dikabulkan Allah SWT
Malam Nisfu Syaban merupakan momen istimewa.

Dream - Tepat pada Maghrib ini, kita masuk tanggal 15 Syaban. Malam ini akrab dikenal dengan malam Nisfu Syaban.

Malam ini merupakan momen istimewa. Sebab, Allah menurunkan rahmatNya dan mengampuni dosa semua hamba-Nya.

Karena begitu istimewanya malam Nisfu Sya'ban, kita dianjurkan untuk meraih keutamaannya. Sejak dulu, para ulama selalu memeriahkan malam ini dengan memperbanyak amalan sholeh.

Sayyid Muhammad bin 'Alawi Al Maliki dalam kitabnya Ma Dza fi Sya'ban menjelaskan Allah akan mengampuni dosa mereka yang memohon ampunan, mengasihi mereka yang memohon kasih-Nya, menjawab doa, melepaskan orang dari penderitaan serta menjauhkan hambaNya dari siksa neraka.

Ada sejumlah amalan yang dianjurkan dikerjakan di malam Nisfu Syaban. Kita bisa melakukannya di mana pun dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah.

 

1 dari 6 halaman

Amalan Malam Nisfu Syaban

Amalan pertama yaitu memperbanyak doa. Malam Nisfu Syaban adalah waktu yang tepat untuk memanjatkan doa, memohon kebaikan apapun dalam hidup.

Dasar dari amalan ini adalah hadis riwayat Al Baihaqi dari Abu Bakar RA.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, " (Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan)."

Amalan kedua yaitu memperbanyak membaca syahadat dan zikir. Syahadat adalah kalimat mulia yang bisa dibaca kapanpun terutama di malam ini.

Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan ini dalam kitabnya.

" Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya."

 

2 dari 6 halaman

Perbanyak Istighfar

Amalan ketiga adalah memperbanyak istighfar. Lafal istighfar berisi kalimat untuk senantiasa ingat Allah dan memohon ampun kepada-Nya.

Setiap manusia pasti punya dosa. Kendati demikian, Allah Maha Pengampun dan senantiasa membukakan pintu ampunan kepada hamba-Nya.

" Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan."

Amalan yang dianjurkan lainnya yaitu bisa dengan memperbanyak sholat malam. Tata caranya seperti sholat malam pada umumnya dengan dua rakaat satu salam.

Tetapi, pada sholat sunah di malam Nisfu Syaban, bacaan surat setelah Al Fatihah diutamakan dengan Al Ikhlas.

Selain itu, bisa juga mengisi malam Nisfu Syaban dengan memperbanyak membaca Alquran. Terutama Surat Yasin.

Sumber: Islami.co

3 dari 6 halaman

Doa di Malam Nisfu Syaban Untuk Kebaikan Hidup

Dream - Nisfu Syaban adalah waktu terbaik untuk memanjatkan doa. Memohon apapun dalam hidup, terutama ampunan.

Sudah menjadi kebiasaan umat Islam untuk merayakan Nisfu Syaban dengan kemeriahan. Di masjid-masjid digelar pengajian diakhiri dengan makan bersama atau kegiatan lainnya.

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan Nisfu Syaban untuk memperbanyak amalan ibadah sunah. Baik itu sholat ataupun membaca Alquran

Ini karena karunia Allah terlimpah di hari tersebut. Kita bisa memohon ampunan atas segala dosa yang telah diperbuat.

Kita juga dapat memanjatkan doa untuk kebaikan hidup. Seperti kelancaran rezeki, mendapatkan nikmat kesehatan yang tak putus dan lain sebagainya.

Doa di bawah ini dapat diamalkan untuk kebaikan hidup ketika Nisfu Syaban.

4 dari 6 halaman

Doa Kebaikan Hidup Saat Nisfu Syaban

 Doa Nisfu Syaban untuk Kebaikan Hidup© dream.co.id

Allahumma ya dzal manni wa la yumannu 'alaika, ya dzal jalali wal ikram, ya dzat thawli wal in'am, la ilaha illa anta zhahral lajin wa jaral mustajirin wa ma'manal kha'ifîn.

Allahumma in kunta katabtan 'indaka fî ummil kitabi syaqiyyan aw mahruman aw muqtarran 'alayya fir rizqi, famhullahumma fî ummil kitabi syaqawatî wa hirmanî waqtitara rizqi, waktubni 'indaka sa'îdan marzuqan muwaffaqan lil khairat. Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fî kitabikal munzal 'ala lisani nabiyyikal mursal, yamhullahu ma yasya'u wa yutsbitu, wa 'indahu ummul kitab. Wa shallallahu 'ala sayyidina muhammad wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallam, wal hamdu lillahi rabbil 'alamin.

Artinya,

" Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut.

Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata–sementara perkataan-Mu adalah benar–di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’ Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT."

Sumber: NU Online

5 dari 6 halaman

Doa Meraih Keberkahan Nisfu Syaban

Dream - Saat ini umat Islam berada di hampir pertengahan bulan Syaban. Sebentar lagi, ada malam yang begitu dinantikan yaitu malam Nisfu Syaban.

Untuk tahun 1441H atau 2020M ini, Nisfu Syaban akan jatuh pada Rabu malam, 8 April hingga Kamis sore, 9 April. Perhitungannya, dimulai dari waktu Maghrib tanggal 8 April hingga masuk waktu Maghrib keesokan harinya.

Sejak dulu, umat Islam memanfaatkan waktu malam Nisfu Syaban untuk memperbanyak ibadah. Bisa dengan sholat sunah malam, membaca Alquran, dan lain sebagainya.

Malam Nisfu Syaban, Allah menebarkan kasih-Nya kepada seluruh makhluk di dunia. Serta mengampuni kesalahan semua hamba-Nya.

Untuk meraih keberkahan di malam Nisfu Syaban, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam sebuah hadis diriwayatkan dari 'Aisyah RA.

6 dari 6 halaman

Doa Nisfu Syaban

 Doa Malam Nisfu Syaban© dream.co.id

Sajada laka khoyali wa sawadi wa manabika fuadi fahadzihi yadi wa ma janaitu biha 'ala nafsi ya adhimu yurja likulli 'adhimin ya 'adhimughfirudzanbal 'adzima sajada wajhi lilladzi kholaqohu wasyaqqo sam'ahu wabasharahu.

A'udzu bi'afwika min 'iqobika wa a'udzu biridlaka min sakhotika wa a'udzubika minka jalla wajhuka la ukhsiy tsanaan 'alaika anta kama atsnaita 'ala nafsika aqulu kama qola akhi dawudu, a'firu wajhi fit turabi lisayyidi wa haqqo lahu an yasjuda.

Allahummarzughni qolban naqiyyan minasy syirki naqiyyan la khafiyan wa syaqiyyan.

Artinya,

" Khayalan dan hatiku bersujud kepada Engkau, hatiku beriman dengan-Mu, maka inilah tangan yang saya pergunakan bertindak jinayah terhadap diriku sendiri. Duhai Dzat Maha Agung yang diharapkan untuk (mengampuni) dosa yang agung. Wahai Dzat Maha Agung, ampunilah dosa yang agung. Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakan serta merobek pendengaran dan matanya.

Saya memohon perlindungan dengan maaf-Mu dari siksaan-Mu. Saya berlindung dengan ridha-Mu dari kemarahan-Mu. Saya berlindung dengan-Mu, dari-Mu Maha agung Dzat-Mu. Saya tidak bisa menghitung pujian atas-Mu seperti Engkau memuji diri-Mu. Saya berkata seperti saudaraku Dawud berkata, “ Saya membenamkan wajahku dalam tanah demi Tuhanku dan memang ia berhak untuk bersujud.

Ya Allah, karuniakanlah kepadaku hati yang bersih dari syirik, bersih dari sifat cerewet (banyak bertanya), jangan jadikan aku celaka."

Beri Komentar
Menu Berbuka Puasa Sehat dan Anti Ribet Ala Chef Deny Gumilang