Amalan Utama Mengisi Nisfu Syaban

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 20 April 2019 06:05
Amalan Utama Mengisi Nisfu Syaban
Malam NIsfu Syaban adalah saat Allah membuka pintu rahmat dan ampunan-Nya.

Dream - Syaban merupakan waktu saat Allah SWT membuka pintu rahmat dan ampunan-Nya. Sehingga, bulan ini sangat sayang jika sampai dilewatkan tanpa memperbanyak ibadah sunah maupun amalan shaleh.

Bahkan Rasulullah Muhammad SAW sendiri sampai memperbanyak puasa sunahnya saat Syaban. Tujuan Rasulullah, agar apabila catatan amal diangkat, Rasulullah sedang berpuasa.

Ada satu momen istimewa dalam Syaban. Momen itu adalah malam Nisfu Syaban yang jatuh di tanggal 15 Syaban.

Untuk tahun 1440 H sekarang, malam itu jatuh pada Sabtu Maghrib, 20 April sampai Minggu Subuh, 21 April. Sehingga, sangat dianjurkan untuk mengisi waktu malam tersebut dengan sejumlah amalan shaleh

Dikutip dari NU Online, Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki dalam kitabnya Ma Dza fi Syaban menyebut ada tiga amalan utama untuk mengisi Nisfu Syaban.

 

1 dari 2 halaman

Perbanyak Doa dan Syahadat

Amalan pertama yaitu memperbanyak doa. Dasarnya adalah hadis riwayat Al Baihaqi dari Abu Bakar RA.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, " (Rahmat) Allah turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian."

Amalan kedua, memperbanyak baca kalimat syahadat. Dua kalimat ini bisa dibaca kapanpun, terutama di malam Nisfu Syaban.

Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan demikian.

" Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Syaban dan malam pertengahannya."

 

2 dari 2 halaman

Amalan Ketiga, Perbanyak Istigfar

Sedangkan amalan ketiga yaitu memperbanyak istighfar. Tidak ada satupun manusia yang bebas dari dosa.

Meski begitu, Allah membukakan pintu ampunan seluas-luasnya kepada mereka yang mau bertobat. Salah satunya dengan memperbanyak istighfar.

Mengenai hal ini, demikian penjelasan Sayyid Muhammad.

" Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Syaban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Alquran dan hadis. Pada bulan Syaban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan."

Demikian tiga amalan utama Nisfu Syaban. Ketiganya adalah amalan yang akrab bagi umat Islam, namun membawa faedah besar ketika Nisfu Syaban.

Sumber: NU Online.

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal