Amalan Zikir agar Peroleh Pencerahan

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 24 November 2021 06:00
Amalan Zikir agar Peroleh Pencerahan
Pencerahan mendatangkan pemahaman akan suatu masalah.

Dream - Kita mungkin sering mendengar istilah 'pencerahan'. Istilah ini sebenarnya bermakna mendapat pengetahuan atau mendapat jalan keluar.

Pengetahuan menghadirkan pemahaman atas suatu masalah. Sehingga kita jadi tahu cara mengatasinya.

Secara otomatis, hal ini juga menjadi jalan keluar. Kita pun terbebas dari persoalan.

Pencerahan mungkin bisa datang secara tiba-tiba. Namun, kita bisa mengupayakannya dengan terus memohon kepada Allah.

Cara yang bisa kita lakukan, salah satunya, dengan mengistiqamahkan diri mengamalkan zikir ini.

 

1 dari 5 halaman

Zikir Mendapat Pencerahan

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ عَدَدَ خَلْقِهِ وَرِضَا نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ

Subhanallah wa bihamdihi 'adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata 'arsyihi wa midada kalimatihi.

Artinya,

" Maha Suci Allah dan aku memuji-Nya sebanyak ciptaan-Nya sejauh ridha-Nya seberat timbangan arsy-Nya dan sebanyak tinta untuk menulis kalimat-Nya."

Sumber: iqra.id

2 dari 5 halaman

Zikir Agar Terbebas dari Siksa Neraka

Dream - Setiap hari kita tidak akan lepas dari salah dan dosa. Namun Sang Maha Pengasih senantiasa membuka pintu tobat untuk makhluk-Nya yang telah menyadari kesalahannya. 

Bagi orang beriman, neraka adalah seburuk-buruknya tempat. Satu tempat yang diidentikkan dengan segala macam siksaan. Mereka yang masih percaya dengan hari pembalasan ini senantiasa mengisi harinya dengan tak lupa memanjatkan doa dijauhkan dari siksa api neraka.

Neraka hanya dihuni oleh mereka yang bergelimang dosa. Terutama mereka yang durhaka kepada Allah SWT.

Setiap dari kita tentu tak ingin kelak berada di neraka. Padahal, tak bisa kita pungkiri kita tak bisa lepas dari dosa. Hanya dengan rajin memanjatkan doa dan menyadari tak akan melakukan kesalahan yang sama, kita bisa terlepas dari siksa mengerikan itu.

Agar kelak kita terbebas dari siksa neraka, dianjurkan mengamalkan zikir setiap kali selesai sholat.

 

3 dari 5 halaman

Zikir Lepas dari Siksa Neraka

اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النَّارِ

Allahumma ajirni minan nari.

Artinya,

" Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Zikir Mempercepat Terkabulnya Hajat

Dream - Tidak ada harapan lain ketika punya hajat selain terkabul. Hajat yang terkabul dapat mendatangkan ketentraman batin.

Keinginan kita menjadi terpenuhi. Sehingga, kita merasakan hidup yang lebih ringan dan menyenangkan.

Meski begitu, terkabulnya hajat tidak semata karena usaha duniawi kita. Tetapi, ridha Allah yang menjadi penentu.

Karena itulah, ketika punya hajat kita perlu meminta kepada Allah. Caranya dengan memperbanyak doa dan zikir untuk mengimbangi ikhtiar duniawi.

Agar hajat kita bisa terkabul, sangat dianjurkan rutin mengamalkan zikir ini.

5 dari 5 halaman

Zikir Hajat Cepat Terkabul


لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

La illaha illallahul khalimul karim, subhanallahi rabbil arsyil adhim. Alhamdulillahi rabbil 'alamin. As'aluka mujibati rahmatika wa 'azaima maghfiratika wal 'ismata min kulli zambi wal ghanimata min kulli birrin was salamata min kulli istmin, la tada' li dzamban illa gafartahu wa la hamman illa farrajtahu wa la hajatan hiya laka ridan illa qadaitaha ya arhamar rahimin.

Artinya,

" Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha lembut lagi Maha mulia. Maha suci Allah Tuhan yang memiliki Arasy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku memohon dalam pinta kepada Mu tentang pelbagai hal yang mendatangkan karunia Mu, dan perlindungan dari semua dosa, dan rampasan dari setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan bagi ku suatu dosa, melainkan Engkau ampuni, jangan engkau tinggalkan bagi ku kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya, dan tidak pula suatu keperluan (hajat), Engaku meridhainya, melainkan Engkau kabulkan (terima), wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar