Amalkan Doa Ini Ketika Menginjak Usia Matang 40 Tahun

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 13 Januari 2022 06:00
Amalkan Doa Ini Ketika Menginjak Usia Matang 40 Tahun
Di usia 40 tahun, pola pikir dan perilaku seseorang memasuki kematangan.

Dream - Ketika menginjak usia 40 tahun, seseorang sering dianggap sedang matang-matangnya. Usia ini memang identik dengan kematangan.

Kematangan yang dimaksud mulai dari pola pikir, sikap, keberhasilan, maupn keselamatan. Setiap tindakan yang diambil tidak pernah lepas dari pertimbangan yang tepat.

Apalagi soal tabiat atau perangai. Ketika menginjak usia 40 tahun, tabiat seseorang tidak akan berubah hingga meninggal kelak.

Bahkan para ulama menyatakan usia 40 tahun punya kekhasan tersendiri. Tidak sedikit pula ulama yang justru produktif berkarya dengan menghasilkan kitab buah pikirnya di usia tersebut.

Di usia tersebut, hendaknya memperbanyak permohonan kepaad Allah agar selalu dilimpahi hidayah dan taufik. Sehingga kita semakin tenteram.

Saat menginjak usia 40 tahun, istiqamahkan membaca doa yang merupakan Surat Al Ahqaf ayat 15.

 

1 dari 3 halaman

Doa di Usia 40 Tahun

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Rabbi auzi’ni an asykura ni’matakallati an’amta ‘alayya wa ‘ala walidayya wa an a'mala shaliḥan tardlahu wa asliḥ li fi żurriyyati, inni tubtu ilaika wa inni minal-muslimīn

Artinya,

" Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 3 halaman

Bersyukur Atas Limpahan Rahmat dengan Doa Ini Usai Sholat

Dream - Sepanjang hari beraktivitas, kita tak bisa lepas dari rahmat Allah. Allah memberikannya kepada kita tanpa pernah berhitung.

Semua diberikan Allah agar kita dapat menjalani kehidupan dengan tenteram. Allah pun meminta kita tak perlu khawatir akan apa yang akan terjadi esok hari.

Allah menjamin semua keperluan kita. Sehingga kita bisa dengan tenang beraktivitas menemuhi hajat.

Kita menerima itu semua tanpa ada batas. Semuanya sesuai dengan kebutuhan kita.

Atas ini, kita patut bersyukur. Allah juga berjanji akan menambah nikmat-Nya jika kita mau bersyukur.

Sebagai ungkapan syukur, dianjurkan membaca doa ini setiap kali kita selesai melaksanakan sholat.

 

3 dari 3 halaman

Doa Syukur Selesai Sholat

اللَّهُمَّ لَكَ صَلَّيْتُ وَلَكَ دَعَوْتُ وَإيَّاكَ رَجَوْتُ  فَأسْأَلُكَ أنْ تَجْعَلَ لِي في صَلاَتِي وَدُعَائِي  بَرَكَةً تُكَفِّرُ بِهَا سَيِّئَاتِي  وَتُبَيِّضُ بِهَا وَجْهِي  وَتُكْرِمُ بِهَا مَقَامِي وَتَحُطُّ بِهَا عَنِّي وِزْرِي  اللَّهُمَّ احْطُطْ عَنِّي وِزْرِي  وَاجْعَلْ مَا عِنْدَكَ خَيْرَاً لِي  الْحَمْدُ للهِ الَّذِي قَضَى عَنِّي صَلاَةً كَانَتْ عَلَى المُؤْمِنِيْنَ كِتَاباً مَوْقَوتاً

Allahumma laka shallaitu wa laka da'awtu wa iyyaka rajawtu fa as-aluka an taj'alali fi shalati wa du'a-i barakatan tukaffiru biha sayyiati wa tubayyidlu biha wajhi wa tukrimu biha maqomi wa tahuththu biha 'anni wizri. Allahummahhthuth 'anni wizri waj'al ma 'indaka khoiral li. Alhamdulillahil ladzi qodla 'alayya 'anni shalatan kanat 'alal mu'minina kitabam mawquta.

Artinya.

" Ya Allah, kepada-Mu aku sholat, kepada-Mu aku berdoa, hanya kepada-Mu aku berharap. Aku memohon kepada-Mu agar Engkau menjadikan di dalam sholat dan doaku keberkahan yang bisa menghapus kesalahan-kesalahanku, dan Engkau menyinari wajahku dengannya, Engkau memuliakan kedudukanku dengannya, dan Engkau menggugurkan dosaku dengannya. Ya Allah, gugurkanlah dosaku, dan jadikanlah apa yang ada di sisi-Mu yang paling baik bagiku. Segala puji bagi Allah yang telah mewajibkan bagiku sholat yang mana sholat tersebut wajib bagi orang-orang beriman dengan kewajiban yang diberi waktu."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar