5 Alasan Kedudukan Rasul Lebih Utama dari Malaikat

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 17 Januari 2019 20:00
5 Alasan Kedudukan Rasul Lebih Utama dari Malaikat
Tugas malaikat menyampaikan Wahyu Allah kepada para rasul, sementara tugas rasul menyampaikan isi wahyu kepada umatnya.

Dream - Rasul dan malaikat, dua istilah yang menjadi dasar keimanan umat Islam. Dalam urutan pada rukun iman, malaikat menempati urutan kedua yang wajib diyakini oleh umat Islam setelah Allah SWT, sedangkan rasul menempati urutan keempat.

Ditilik dari tugasnya, Rasul merupakan pihak yang mendapatkan Wahyu dari Allah SWT. Isi dari Wahyu tersebut wajib disampaikan kepada umat manusia.

Sedangkan malaikat mendapat tugas menyampaikan Wahyu dari Allah SWT kepada para utusan-Nya. Wahyu harus disampaikan dengan sangat tepat agar tidak terjadi kesalahan apapun.

Lantas, di antara malaikat dan rasul, kedudukan mana yang lebih utama?

Dikutip dari Islami, Imam Izzudin bin Abdussalam dalam kitab Bayan Ahwalinnas Yaum Al Qiyamah memberikan penjelasan mengenai hal ini. Menurut Imam Izzudin, kedudukan rasul jauh lebih utama dibandingkan malaikat.

 

1 dari 1 halaman

Ini Alasannya

Ada beberapa alasan yang dikemukakan oleh Imam Izzudin. Pertama, para rasul memiliki tugas al irsal atau wajib menyampaikan wahyu kepada umatnya. Tugas malaikat hanya sedikit. Dari tugas ini para rasul meraih pahala.

Kedua, rasul menjalankan jihad fi sabilillah (jihad di jalan Allah). Tidak hanya menghadapi orang yang menghalangi perjuangan, namun juga melawan hawa nafsu sendiri.

Alasan ketiga, rasul selalu mengedepankan sabar dalam menghadapi ujian dunia. Keempat, rasul selalu ridha terhadap ketetapan Allah, entah itu baik atau buruk.

Kelima, rasul memberikan manfaat kepada umat melalui amar makruf nahi mungkar. Keenam, ada pahala sangat banyak dan surga yang tidak pernah dilihat disiapkan Allah untuk para rasul, sementara malaikat tidak merasakannya.

Dari sejumlah alasan ini, diketahui rasul memiliki kedudukan lebih utama dari malaikat. Apalagi Rasulullah Muhammad SAW, yang merupakan Imam Para Rasul.

Sumber: Islami

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam