Apa Hukum Puasa Tanpa Sahur?

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 5 Mei 2021 16:33
Apa Hukum Puasa Tanpa Sahur?
Puasa tanpa sahur juga pernah dilakukan Rasulullah SAW.

Dream - " Saya lagi nggak puasa nih" , " Lho kenapa?" , " Enggak makan sahur" .

Sahabat Dream pernah mendengar percakapan seperti di atas nggak? Jika iya, jangan bosan untuk terus mengingatkan bahwa terlambat atau tidak makan sahur bukan jadi pembenaran untuk tidak menjalankan puasa. Masih banyak orang berpatokan jika ingin puasa diwajibkan makan sahur.

Membatalkan puasa dengan alasan yang tidak dapat dibenarkan termasuk dosa besar. Makan sahur memang dianjurkan, tetapi itu bukan bagian dari syarat inti puasa.

Rasulullah Muhammad SAW sendiri tidak pernah mengajarkan di antara syarat sahnya puasa adalah makan sahur. Sehingga, puasa seseorang tetap sah meski pagi harinya tidak makan sahur.

Hal ini didasarkan pada hadis yang diriwayatkan Muslim, Nasai, dan Turmudzi. Hadis tersebut menggambarkan bagaimana Rasulullah berpuasa karena tidak ada makanan.

" Dari Aisyah RA berkata, 'Suatu hari, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menemui kami dan bertanya, 'apakah engkau punya makanan?' Kami menjawab, 'Tidak.' Kemudian beliau bersabda, 'Kalau begitu, saya akan puasa'."

Hadis ini menjelaskan Nabi memutuskan berpuasa karena tidak ada makanan di rumah. Padahal, sebelumnya Nabi tidak berniat untuk berpuasa.

Ini menunjukkan malam harinya Nabi tidak sahur. Tetapi keesokan harinya Nabi berpuasa.

Sumber: Konsultasisyariah.com

1 dari 4 halaman

Dianjurkan Tak Mengganti Puasa Ramadan di Hari Jumat, Kenapa?

Dream - Puasa Ramadan yang merupakan fardlu 'ain bagi setiap muslim wajib diganti ketika umat Muslim berhalangan atau meninggalkan kewajiban itu.

Puasa pengganti tersebut, yang dikenal dengan istilah qadha atau utang, bisa ditunaikan kapan saja mulai Syawal hingga Sya'ban.

Tetapi, ada satu hari yang kedudukannya setara dengan Idulfitri dan Idul Adha yaitu Jumat. Seorang Muslim dianjurkan tidak melaksanakan puasa tanpa uzur pada Jumat.

Lantas, bagaimana jika ingin membayar uang puasa Ramadan pada hari Jumat?

Dikutip dari Konsultasi Syariah, dalam hadis riwayat Thabarani dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

" Ini (Jumat) adalah hari Id yang dijadikan Allah SWT untuk kaum Muslimin."

Hadis di atas menjadi dasar para ulama menyatakan makruh hukumnya puasa pada Jumat. Hukum ini berlaku jika sebelum atau setelah Jumat tidak ada puasa, berdasarkan hadis riwayat Bukhari dari Abu Hurairah RA.

Rasulullah SAW bersabda, " Janganlah kalian puasa hari Jumat melainkan puasa sebelum atau sesudahnya."

Hadis ini memuat ketentuan untuk puasa sunah boleh dijalankan pada Jumat apabila sudah ada puasa sehari sebelum atau sesudahnya.

Terkait puasa qadha, ketentuannya boleh dilakukan jika baru sempat dilaksanakan di hari Jumat. Juga bukan sedari awal diniatkan melaksanakan qadha puasa di hari Jumat.

2 dari 4 halaman

Air Nabeez Penambah Energi Saat Puasa

Dream – Di Ramadan, banyak masyarakat yang mengonsumi buah kurma karena rasanya yang enak, manis, dan dapat memberi energi lebih serta nutrisi yang baik bagi orang yang berpuasa.

Selain dikonsumsi dengan dimakan, buah kurma juga bisa kamu nikmati lewat infused water yang biasa disebut Air Nabeez.

Dengan meminum Air Nabeez tubuh dapat terasa lebih segar dan bugar sepanjang hari.

Air Nabeez merupakan air dengan rendaman kurma yang sangat mudah dibuat. Dilansir dari Sehatq, pembuatan air nabeez melalui tahapan berikut:

  • Siapkan kurma atau kismis
  • Siapkan air matang dalam wadah yang tertutup
  • Kupas kurma dan iris menjadi bagian kecil dan buang bijinya
  • Masukan irisan kurma ke dalam wadah air yang telah disiapkan
  • Diamkan selama 8 hingga 12 jam di kulkas, setelahnya air nabeez siap dikonsumsi
3 dari 4 halaman

Apa manfaat dari Air Nabeez?

Buah kurma sendiri sudah memiliki banyak manfaat, ketika diolah menjadi air nabeez, manfaatnya pun tidak berkurang sedikitpun bahkan menjadi banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, terutama pada bulan puasa ini, berikut manfaatnya.

1. Bersifat alkali

Buah kurma adalah salah satu buah yang baik untuk sistem pencernaan salah satunya berkaitan dengan asam lambung.

Air rendaman kurma sangat berguna dalam membantu menyembuhkan asam lambung karena dapat menurunkan kadar asam lambung yang naik saat bulan puasa.

Oleh karenanya Air Nabeez disebut bersifat alkali dan dapat dikonsumsi siapapun, termasuk orang dengan penyakit maag.

2. Sumber energi

Air Nabeez disarankan dikonsumsi saat sahur sebelum puasa selama sekitar 12 jam, karena air kurma mengandung kadar gula yang cukup untuk dapat menjadi sumber energi yang sangat besar saat menjalani puasa.

Meski kadar gula pada kurma tinggi, tapi tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah atau glukosa atau biasa disebut penyakit diabetes.

4 dari 4 halaman

3. Mengatasi konstipasi

Kandungan serat dalam kurma yang dibuat menjadi Air Nabeez dapat mengatasi konstipasi atau susah BAB saat puas. Minum air ini saat sahur dan juga berbuka agar sistem pencernaan berfungsi dengan baik.

4. Mencegah kanker

Untuk jangka panjang mengonsumsi Air Nabeez dapat membantu mencegah kanker dan mengurangi risiko terkena alzheimer, karena kandungannya terdapat antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

5. Mengendalikan kadar gula darah

Meski manis, kurma adalah buah yang tidak menyebabkan gula darah naik, bahkan mengonsumsi kurma ketika diabetes sekalipun. Hal ini terjadi karena kurma mengandung indeks glemiks yang rendah.

6. Sumber detoks

Air Nabeez menjadi salah satu minuman detoks yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, sama seperti infused water lainnya yang terbuat dari lemon, storberi atau timun.

Dengan membuat air rendaman kurma, maka nutrisi pada kurma, seperti vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein, akan keluar dan bercampur dengan air karena terjadi proses difusi osmosis yang bermanfaat bagi tubuh.

Laporan: Josephine Widya

Beri Komentar