Arti Mimpi Kiamat dalam Pandangan Islam dan Ilmu Psikolog

Reporter : Reni Novita Sari
Rabu, 20 Mei 2020 16:01
Arti Mimpi Kiamat dalam Pandangan Islam dan Ilmu Psikolog
Pernahkah kamu bermimpi dunia ini berakhir dan semuanya tampak begitu nyata?

Dream- Setiap orang pasti berharap mendapat mimpi yang baik. Namun kita tak pernah bisa mengatur bunga tidur apa yang akan kita alami saat mulai memejamkan mata. Ada kalanya mimpi yang datang tak sesuai dengan keinginan kita. Bagaimana jika kita mengalami mimpi kiamat? Sudah pasti, kita merasa takut jika hal tersebut benar-benar sedang kita alami.

Mimpi buruk tentunya akan mempengaruhi konsentrasi kita dalam beraktivitas. Apalagi sampai mengalami mipi kiamat yang kemudian dimaknai sebagai pertanda akan datangnya hal buruk dalam kehidupan kita.

Arti mimpi kiamat sering dikaitkan dengan kehidupan nyata sehari-hari. Pada dasarnya, mimpi merupakan sebuah gambaran alam bawah sadar manusia atau kejadian di saat seseorang tidur.

Sering disebut bunga tidur, mimpi bisa mengandung banyak makna dan penakwilan. Ada mimpi yang benar laksana fajar yang merekah. Tak jarang juga mimpi yang dusta, dan ada pula mimpi yang hanya merupakan bunga tidur dan khayalan. 

Nah, bagi kalian yang pernah  mengalami mimpi kiamat, tidak perlu resah karena tidak semua mimpi kiamat itu memiliki arti yang buruk. Mimpi kiamat sebenarnya memiliki banyak arti, tergantung bagaimana mimpi yang kamu alami.

Berikut Dream rangkum dari beberapa sumber penjelasan tentang arti mimpi kiamat agar Sahabat Dream tidak lagi mengkhawatirkannya.

1 dari 4 halaman

Arti Mimpi Kiamat Menurut Psikolog

arti mimpi kiamat© Ilustrasi foto : istock

Menurut psikolog, bermimpi kiamat menandakan bahwa ia terlalu mengkhawatirkan masa yang akan datang atau cemas terhadap segala hal yang bersifat materil. Hal ini juga dapat menandakan  keputusasaan yang ia alami terhadap kehidupannya.

Bermimpi tentang melihat suatu bencana yang besar juga menandakan sebuah kepasrahaan tentang apa yang terjadi di dalam kehidupan kalian. Apabila kamu bermimpi berlari menghindarinya, maka mewakili sebuah perjuangan.

Apabila seseorang pria yang memimpikan hari kiamat maka menandakan sedang mencemaskan keluarga dan teman mereka dengan sangat dalam. Hal ini merupakan kecemasan terhadap dirinya, keluarga dan juga orang-orang yang ia sangat sayangi.

Bermimpi tentang berakhirnya dunia merupakan bentuk berakhirnya sesuatu yang ada disekitar kalian. Hal ini juga merupakan pantulan dari alam bawah sadar yang merasa kehilangan dari seseorang, atau akan mendapatkan sikap yang menyakitkan dari seseorang.

Bermimpi tentang kiamat merupakan arti dari berbagai budaya yang disimbolkan sebagai tahap untuk memasuki kehidupan lain. Hal ini juga adalah sebuah simbol penghakiman.

Itu lah mengapa seseorang yang bermimpi hal ini juga mendapatkan intimidasi di dalam kehidupannya. Namun kiamat tidak selalu berakhirnya suatu pekerjaan atau hubungan. Hal ini juga dapat melambangkan sebuah harapan yang akan sirna atau hilang.

2 dari 4 halaman

Arti Mimpi Kiamat Menurut Islam

Menurut Ibnu Sirin, apabila seorang pria bermimpi sedang melihat kiamat, maka menandakan ia akan memenangkan suatu persaingan,  atau kompetisi yang sedang diikutinya.

Bermimpi tentang kiamat juga menandakan sebuah  kesadaran yang dalam terhadap diri sendiri. Pertumbuhan yang spritual dan kebijaksanaan. Hal ini berkaitan juga dengan seorang yang sangat menghargai suatu kebersamaan dan waktu bersama dengan pasangan dan keluarga.

Apabila kamu bermimpi melihat kiamat yang besar, maka menandakan suatu kesadaran untuk beribadah atau pertanda baik yang datang dari Tuhan. Tidak semua orang mengalami mimpi yang seperti ini.

Dalam tafsir Ibnu Sirin, apabila kamu bermimpi menyaksikan di depan mata kehancuran dunia maka menandakan kamu akan segera melakukan suatu perjalanan. Bemimpi tentang hal ini juga merupakan sebuah peringatan bagi seorang pendosa.

3 dari 4 halaman

Arti Mimpi Kiamat Menurut Primbon

arti mimpi kiamat© Ilustrasi foto : istock

Dalam primbon, apabila kamu bermimpi tentang kiamat, maka menandakan suatu kebaikan yang akan datang di dalam kehidupan mereka. Bermimpi melihat kehancuran dunia juga menandakan akan datang sebuah kesempatan di dalam kehidupan kalian.

Apabila seorang wanita yang belum menikah bermimpi melihat kiamat maka menandakan ia akan segera mendapatkan seorang pasangan, pujian dari orang banyak, atau pekerjaan baru.

Apabila seorang yang sakit bermimpi melihat kehancuran dunia atau kiamat maka menandakan bahwa ia akan segera sembuh dari penyakit yang dialaminya. Apabila ia bermimpi ia melihat kiamat yang telah selesai dan kembali normal, maka menandakan akan datangnya penyakit dalam waktu yang sementara.

Apabila seorang pekerja yang bekerja di suatu perusahaan bermimpi tentang kehancuran dunia atau kiamat ini maka menandakan akan mendapatkan kesenangan dan kebahagiaan dari pekerjaan yang ia lakukan.

Bermimpi kiamat atau kehancuran dari dunia juga menandakan kabar yang baik atau bentuk dari sebuah keberuntungan untuk sang pemimpinya.

4 dari 4 halaman

Sunah Rasulullah Setelah Mendapatkan Mimpi Buruk

arti mimpi kiamat© Ilustrasi foto : pinterest

Rasulullah SAW bersabda, “ Apabila Kiamat sudah dekat, mimpi seorang muslim nyaris tidak mengandung kebohongan. Orang yang paling benar perkataannya adalah yang paling benar mimpinya. Mimpi seorang muslim merupakan salah satu bagian dari empatpuluh lima bagian wahyu kenabian. Mimpi terbagi menjadi tiga: Mimpi baik merupakan kabar gembira dari Allah SWT, mimpi menyedihkan adalah dari setan, dan mimpi yang muncul dari khayalan seseorang. Apabila ada di antara kalian memimpikan sesuatu yang tidak kalian senangi, hendaknya ia bangun dan meludah serta tidak menceritakannya kepada orang lain. Aku lebih suka bermimpi kakiku diikat dan tidak menyukai bila bermimpi leherku diikat. Sebab, kaki yang diikat adalah tanda keteguhan dalam agama.” (HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi, dari sahabat Abu Hurairah.)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa pada akhir zaman mimpi seorang mukmin nyaris tidak mengandung kebohongan artinya banyak mimpi yang benar-benar menjadi kenyataan. Selain itu Rasulullah menganjurkan untuk meludah dan tidak menceritakan kepada orang lain setelah kita mengalami mimpi yang tidak kita senangi.

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari arti mimpi kiamat berdasarkan berbagai sudut pandang. Semoga mimpi tersebut bisa memberikan pertanda yang positif bagi kehidupan kita di masa depan. Tafsiran ini hanya sebagai bahan lebih berhati-hati dalam menjalani kehidupan ke depannya. Hendaknya kita lebih yakin dan percaya serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga mimpi yang kita alami mendatangkan sesuatu hal yang positif di hidup kita.

Beri Komentar