Arti Penting Persatuan dan Kesatuan bagi Bangsa Indonesia

Reporter : Ulyaeni Maulida
Senin, 24 Agustus 2020 16:13
Arti Penting Persatuan dan Kesatuan bagi Bangsa Indonesia
Dengan memahami arti penting dari persatuan dan kesatuan, maka bangsa Indonesia akan terhindar dari konflik dan perpecahan.

Dream – Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Hal ini juga terkandung dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika yang memiliki arti berbeda-beda namun tetap satu.

Betapa banyak keragaman di Indonesia. Dan semuanya bersatu menjadi kesatuan yang besar dan saling menguatkan.

Arti penting persatuan dan kesatuan bagi Bangsa Indonesia harus dipahami bagi semua warga negara. Tanpa persatuan dan kesatuan, sebuah negara akan mudah terombang-ambing.

Dengan memahami arti penting persatuan dan kesatuan bagi Bangsa Indonesia, maka bangsa Indonesia akan terhindar dari konflik dan perpecahan. Dan harus diwujudkan agar kehidupan yang terjalin dapat selaras, serasi, dan seimbang.

1 dari 4 halaman

Pengertian Persatuan Dan Kesatuan

Persatuan dan Kesatuan© Pexels.com

 

  1. Persatuan Persatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh dan tidak terpecah-belah. Sedangkan makna persatuan secara luas adalah berkumpulnya beragam budaya, adat istiadat, ras, agama, dan lainnya. Sehingga menjadi satu dalam kehidupan masyarakat secara berdampingan.
  2. Kesatuan Kesatuan merupakan hasil dari persatuan yang telah menjadi utuh. Hal ini dilakukan untuk terhindar dari disintegrasi, maka sangat dibutuhkan persatuan di Indonesia.

Sehingga persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.

2 dari 4 halaman

Prinsip Persatuan Dan Kesatuan

Persatuan dan kesatuan terpatri jelas dalam sila ke-3 Pancasila yang berbunyi " Persatuan Indonesia" . Persatuan Indonesia dalam Pancasila berarti bahwa Bangsa Indonesia tidak boleh terpecah dan harus terus bersatu.

Indonesia terdiri dari ras, suku, agama, budaya, etnik, dan karakter yang berbeda dari setiap wilayah. Prinsip kesatuan dan persatuan ini sangat penting dimiliki untuk menjaga kekuatan dan keutuhan bangsa.

Terdapat beberapa prinsip dalam persatuan dan kesatuan, yaitu:

  1. Bhinneka Tunggal Ika

Melalui Prinsip Bhinneka Tunggal Ika, Bangsa Indonesia wajib menjauhkan diri dari sikap-sikap mementingkan kelompok sendiri, sukuisme, dan fanatisme yang berlebihan sehingga dapat terhindar dari perpecahan bangsa.

  1. Nasionalisme

Melalui penerapan prinsip nasionalisme, seseorang akan rela berkorban, mendahulukan kepentingan bersama dari kepentingan pribadi atau kelompok/golongan, serta menempatkan sikap persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi.

  1. Kebebasan yang Bertanggung Jawab

Kebebasan yang bertanggung jawab berarti setiap orang diberikan kebebasan untuk bertindak dan bersikap sesuai dengan kemauannya, tentunya tanpa menyalahi Hak Asasi Manusia sehingga orang yang melakukan kebebasan tersebut harus bisa bertanggung jawab dan tidak sampai merugikan orang lain.

  1. Wawasan Nusantara

Melalui wawasan nusantara, Bangsa Indonesia ditempatkan dalam kerangka satu kesatuan politik, sosial, budaya, serta pertahanan keamanan. Dengan begitu, Bangsa Indonesia akan merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa, dan setanah air, serta memiliki satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional.

  1. Semangat Persatuan untuk Mewujudkan Cita-cita Proklamasi

Di dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, terdapat wujud cita-cita proklamasi. Cita-cita tersebut adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dalam wadah NKRI. Untuk mewujudkan cita-cita proklamasi tersebut, dibutuhkan persatuan dan kesatuan dari seluruh warga Indonesia.

3 dari 4 halaman

Ciri Perilaku Persatuan dan Kesatuan

Persatuan dan Kesatuan© Pexels.com

Sikap persatuan dan kesatuan dapat dicerminkan melalui perilaku terpuji dan menghargai sesama manusia. Berikut ciri-ciri penerapan perilaku kesatuan dan persatuan.

  • Membina keserasian, keselarasan dan keseimbangan dalam masyarakat
  • Saling mengasihi, saling membina dan saling memberi di lingkungan masyarakat
  • Tidak menonjolkan perbedaa, melainkan mencari kesamaan pada suatu kelompok sosial masyarakat ataupun lingkugan
  • Menjauhi pertentangan dan perkelahian
  • Membangun persatuan kesatuan melalui berbagai kegiatan
4 dari 4 halaman

Alat Pemersatu Bangsa Indonesia

Dalam mempertahakan kesatuan, dibutuhkan alat pemersatu bangsa. Ada banyak jenis alat pemersatu bangsa yang bisa mempertahankan dan memperkuat kesatuan.

Alat pemersatu bangsa ini bisa digunakan semua warga negara untuk memperkuat persatuan bangsa. Berikut alat pemersatu bangsa Indonesia untuk memperkuat persatuan dan kesatuan:

  1. Dasar negara Pancasila
  2. Bendera kebangsaan yaitu Bendera Merah Putih
  3. Bahasa Lambang negara yaitu Burung Garuda
  4. persatuan yaitu Bahasa Indonesia
  5. Lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya
  6. Lagu-lagu perjuangan yang menunjukkan semagat juang bangsa Indonesia

(Diambil dari berbagai sumber)

Beri Komentar