Ayah Bunda Ajarkan Anak Doa Usai Belajar Agar Ilmu Bermanfaat

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 2 September 2021 20:00
Ayah Bunda Ajarkan Anak Doa Usai Belajar Agar Ilmu Bermanfaat
Belajar menjadi proses yang dijalani untuk mendapatkan pemahaman.

Dream - Belajar ilmu menjadi salah satu tugas bagi setiap manusia yang diberikan akal sehat, terlebih si buah hati yang masih sekolah. Orang tua dianjurkan untuk selalu membimbing mereka dalam belajar.

Belajar adalah proses menyerap pemahaman akan ilmu. Dengan belajar, pengetahuan semakin bertambah. Belajar juga bisa menjadi sarana ibadah seperti membiasan membaca doa sebelum memulai belajar

Bagi buah hati, belajar menjadi proses yang harus dilalui. Baik ini di sekolah maupun di tempat lain seperti madrasah diniyah atau Taman Pendidikan Alquran (TPA). Dengan membaca doa, diharapkan waktu belajar yang dihabiskan bisa bermanfaat karen ailmu yang terserap.

Para orangtua sangat dianjurkan untuk mendampingi mereka ketika belajar di rumah. Cara ini bisa semakin mendekatkan orangtua pada buah hati.

Setelah jam belajar selesai, ajarkan sebuah doa untuk mereka. Doa tersebut adalah berikut ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Anak Selesai Belajar

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ عَدَدَ خَلْقِهِ وَرِضَا نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ

Subhanallahi wa bihamdika 'adada khalqihi wa ridha wa zinata 'arsyihi wa midada kalimatihi.

Artinya,

" Maha Suci Allah dan aku memuji-Nya sebanyak ciptaan-Nya sejauh ridha-Nya seberat timbangan arsy-Nya dan sebanyak tinta untuk menulis kalimat-Nya."

Sumber: Iqra.id

2 dari 5 halaman

Doa Orangtua Ketika Anak Sulit Dinasihati

Dream - Setiap anak tentu punya karakter masing-masing. Ada yang lemah lembut, beberap lainnya keras kepala. Apapun sifat yang dimilikinya, seorang ibu dan bapak akan selalu menyanyangi buah hati mereka

Para orangtua berusaha memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak mereka. Mengajarkan mana yang baik dan buruk sehingga mereka punya pegangan. Serta tak lepas memanjatkan doa agar memiliki anak sholeh atau sholehah.

Dalam membesarkan dan mendidik anak, para orangtua tentu mengalami banyak tantangan. Mulai dari menghadapi emosi anak yang tidak stabil hingga keras kepalanya anak.

Soal keras kepala, seringkali orangtua kesulitan memberikan nasihat. Anak memilih untuk tetap pada pendiriannya meskipun sebenarnya dapat berdampak buruk.

Ketika mengalami hal ini, kita cukup memasrahkan kepada Allah dengan membaca doa. Salah satunya, mengamalkan doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Untuk Anak Yang Susah Dinasehati


‏اللَّهُمَّ بَارِكْ لِى فِى أَوْلاَدِى, وَاحْفَظْهُمْ وَلاَ تَضُرُّهُمْ,
وَوَفِّقْـهُمْ لِطَاعَتِكَ, وَارْزُقْنِى بِرَّهُـمْ,بِرَحْمَتِكَ يَـاأرْحَـمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Allahumma barik li fi auladi wahfadhhum wala tadhurruhum wa waffiqhum li tho'atika warzuqni birrahum bi rahmatika ya arhamar rahimin.

Artinya,

" Ya Allah, berkahi aku pada diri anak-anakku, dan jagalah mereka serta janganlah Engkau bahayakan, dan limpahi merek taufik untuk taat kepada-Mu, dan karuniakan kepadaku ketaatan mereka (birrul walidain) kepadaku, dengan rahmat-Mu ya Allah, Dzat yang Maha Penyayang."

Sumber: Laduni.id.

4 dari 5 halaman

Doa Untuk Anak Agar Berani Tidur Sendiri, Yuk Ajarkan Bunda

Dream - Setiap manusia membutuhkan tidur sesibuk apapun aktivitasnya di hari itu. Tidur adalah mekanisme tubuh untuk mengistirahatkan seluruh organ penting di dalam tubuhnya. Dengan tidur, segala kelelahan bisa dihilangkan.

Tetapi ternyata tidur juga berkaitan dengan kondisi psikologis seseorang. Apalagi pada anak-anak.

Anak-anak yang usianya dinilai cukup dianjurkan untuk tidur sendiri. Anak tersebut tidak boleh lagi tidur bersama orangtuanya.

Namun membuat anak bisa tidur sendirian memang tak bisa langsung diterapkan. Ada kalanya di kecil merasa takut tidur sendiri dan membutuhkan waktu adaptasi cukup lama.

Agar anak dapat mulai tidur sendiri, maka perlu dibiasakan. Selain itu, diajarkan pula membaca doa ini agar anak tidak lagi takut tidur sendirian.

 

5 dari 5 halaman

Doa Agar Berani Tidur Sendirian

Doa Agar Anak Berani Tidur Sendiri© Dream.co.id

A'udzu bi kalimatillahit tammati min ghadlabihi wa iqabihi, wa syarri 'ibadihi, wa min hamazatis syayathini wa an yakhdlurun.

Artinya:

" Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan dan siksaan-Nya, serta kejahatan hamba-hamba-Nya, dan dari godaan setan serta jangan sampai mereka hadir (kepadaku)."

Sumber: Iqra.id

Beri Komentar