Baca Hamdalah Usai Bersin Saat Sholat Bikin Batal?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 18 Oktober 2018 20:01
Baca Hamdalah Usai Bersin Saat Sholat Bikin Batal?
Bersin bisa terjadi baik saat sakit maupun sehat.

Dream - Salah satu kebiasaan tubuh manusia adalah bersin. Setiap orang tentu pernah mengalaminya, baik di saat kondisi sakit maupun sehat. Bersin juga bisa terjadi kapan saja. Bahkan saat kita sedang sholat.

Islam mengajarkan umatnya untuk membaca lafal hamdalah, alhamdulillahi robbil 'alamin, setiap kali usai bersin. Ini merupakan adab bagi setiap Muslim.

Lafal syukur ini tentu bisa kita ucapkan dalam segala aktivitas. Tetapi, bagaimana jika sedang sholat?

Dikutip dari NU Online, tidak boleh melakukan apapun saat sedang sholat. Kecuali hal-hal yang berkaitan dengan sholat, seperti membaca surat Alquran, berzikir, dan berdoa.

Selain itu, setiap bacaan yang dibaca dalam sholat harus dalam bahasa Arab. Tidak boleh diterjemahkan ke dalam bahasa apapun karena dapat membatalkan sholat.

Adab membaca hamdalah usai bersin terdapat pada hadis riwayat Bukhari.

" Jika salah satu di antara kalian bersin, hendaknya membaca 'Alhamdulillah'. Saudara atau temannya (yang mendengar) hendaknya membaca 'Yarhamukallah'. Kemudian apabila orang yang bersin tadi mendengar jawaban 'Yarhamullah', maka hendaknya ia kembali mendoakan dengan doa 'Yahdikumullah, wa yushlihu balakum'."

1 dari 1 halaman

Harus Mengulang Sholat?

Imam An Nawawi dalam At Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur'an memberikan penjelasan mengenai membaca hamdalah usai bersin di saat masih sholat.

" Adapun jika ada orang yang bersin saat membaca Alquran, hukumnya disunahkan membaca 'Alhamdulillah' Demikian pula saat sholat."

Penjelasan tersebut menyatakan tidaklah batal sholat seseorang jika bersin lalu mengucap hamdalah dalam sholat. Ketentuan yang sama juga berlaku bagi orang yang mendengar ucapan lafal tersebut.

Hal ini dijelaskan Abu Bakar bin Abi Syaibah dalam Mushannaf Ibnu Abi Syaibah.

" Syekh Ibrahim pernah ditanyakan tentang seorang lelaki yang bersin di dalam sholat. Kemudian ada orang lain yang sama-sama sholat menjawab 'Yarhamukallâh’, Ibrahim menjawab 'Itu adalah hal yang baik'. Orang yang menjawabnya tidak perlu mengulang sholatnya."

Selengkapnya...

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna