Bacaan Doa Lailatul Qadar yang Penting Diamalkan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qodar

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 19 Januari 2022 14:35
Bacaan Doa Lailatul Qadar yang Penting Diamalkan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qodar
Doa tersebut diajarkan oleh Rasulullah dan dianjurkan untuk mengamalkannya.

Dream – Ramadan adalah bulan suci yang selalu dinanti-nantikan oleh setiap umat Islam. Bukan saja karena ada banyak pahala yang akan diberikan oleh Allah SWT, tetapi bulan Ramadan memiliki satu malam yang memiliki nilai lebih baik daripada seribu bulan. Ya, malam tersebut adalah lailatul qadar atau malam kemuliaan.

Malam lailatul qadar menjadi momen yang sangat istimewa bagi umat Islam, di mana bisa melakukan amalan sebanyak mungkin dan nilainya lebih baik dari mengerjakan amalan baik selama seribu bulan. Kapan malam lailatul qoaar terjadi hanya menjadi rahasia yang diketahui Allah SWT.

Banyak para ulama mencoba memperkirakan tanggal jatuhnya lailatul qadar dengan keyakinannya sendiri. Nabi Muhammad SAW hanya memberikan gambaran mengenai ciri-ciri datangnya malam lailatul qadar.  

Mengutip laman islam.nu.or.id, ada kalangan yang berpendapat lailatul qadar jatuh pada tanggal 27 Ramadan, tanggalnya berpindah-pindah pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan, dan ada juga yang berpendapat terjadi di salah satu tanggal dari bulan Ramadan.

Namun ada satu hal yang jangan sampai dilupakan oleh sahabat Dream di saat malam lailatul qadar tersebut, yakni membaca doa lailatul qadar. Di mana selain melakukan amalan-amalan yang baik, Rasulullah saw pun membaca doa lailatul qadar untuk memohon ampunan Allah SWT.

Berikut adalah bacaan doa lailatul qadar yang diajarkan Rasulullah saw dan keistimewaan dari malam lailatul qadar sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Bacaan Doa Lailatul Qadar

Bacaan Doa Lailatul Qodar© Shutterstock.com

Seperti diketahui sebelumnya bahwa kapan datangnya malam lailatul qadar tersebut tidaklah bisa dipastikan. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk melakukan ibadah sebanyak-banyaknya dan tetap konsisten untuk melakukan ibadah tersebut di bulan Ramadan.

Tidak hanya melakukan ibadah saja, di malam lailatul qadar juga dianjurkan untuk membaca doa lailatul qadar. Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, Aisyah ra pernah bertanya pada Rasulullah saw:

Wahai Rasul, andaikan aku bertemu lailatul qadar, doa apa yang bagus dibaca?”

Rasulullah saw pun menjawab:

 اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka afuwwun tuhibbul afwa fa’fu anni.

Artinya: “ Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Pemaaf. Engkau suka memaafkan, maka maafkanlah aku.”

Selain bacaan doa tersebut, ada lagi bacaan doa lailatul qadar lainnya yang bisa sahabat Dream amalkan pada malam lailatul qadar. Berikut adalah bacaannya seperti dikutip dari m.oase.id:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لنَا فِيْ شَهْرِ رَمَضَانَ وَ بَلِّغْنَا لَيْلَةَ الْقَدْرِ وَعِبَدَةً فِيْهَا

Allahumma Bariklana fi Syahri Romadhana wa Ballighna Lailatal Qadr wa 'Ibadatan Fiha.

Artinya: “ Ya Allah, berkahilah kami di bulan Ramadhan ini dan pertemukanlah kami dengan Lailatul Qadr dan beribadah di malamnya.”

2 dari 3 halaman

Keistimewaan Malam Lailatul Qodar

Keistimewaan Malam Lailatul Qodar© Unsplash.com

Hadirnya malam lailatul qadar tentunya memiliki banyak keistimewaan bagi umat Islam. Bahkan hal ini pun juga dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat Al-Qadr ayat satu hingga lima. Berikut adalah beberapa keistimewaan malam lailatul qadar sebagaimana dikutip dari Brilio.net:

Malam yang Istimewa

Malam lailatul qadar adalah malam yang sangat istimewa. Di mana ada banyak kebaikan yang bisa didapatkan pada malam ini. Oleh karena itulah, umat Islam dianjurkan untuk menjalankan ibadah dan melakukan kebaikan. Seperti halnya sholat di malam lailatul qadar dan juga memanjatkan doa lailatul qadar.

Hal ini seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berikut ini:

Barangsiapa yang menghidupkan lailatul qadar dengan sholat malam atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3 dari 3 halaman

Turunnnya Malaikat ke Bumi

Keistimewaan lainnya di malam lailatul qadar adalah turunnya malaikat ke bumi. Hal ini seperti dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat Al-Qodr ayat 4 yang bunyinya sebagai berikut:

تَنَزَّلُالْمَلٰۤىِٕكَةُوَالرُّوْحُفِيْهَابِاِذْنِرَبِّهِمْۚمِنْكُلِّاَمْرٍۛ

Artinya: “ Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.” (QS. Al-Qadr: 4).

Melalui ayat tersebut dijelaskan pada malam lailatul qadar dan atas izin Allah SWT, malaikat turun ke bumi. Di mana tugas malaikat tersebut adalah untuk mendengarkan dan mengaminkan doa-doa umat Islam yang sedang memanjatkan doa di malam yang istimewa tersebut.

Mendapat Keselamatan dan Kesejahteraan

Melakukan amalan baik dan juga menjalankan ibadah secara konsisten di malam lailatul qadar, hal ini mendatangkan kebaikan untuk orang-orang yang melakukannya. Di mana orang tersebut akan mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan dari Allah SWT.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT melalui surat Al-Qadr ayat 5 yang bunyinya sebagai berikut:

سَلٰمٌۛهِيَحَتّٰىمَطْلَعِالْفَجْرِࣖ

Artinya: “ Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr: 5).

Tidak hanya mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan saja. Di malam lailatul qadar juga diturunkan kebaikan, keberkahan, serta para malaikat membawa rahmat Allah SWT untuk hamba yang taat dan tidak melakukan keburukan sampai matahari terbit.

Itulah bacaan doa lailatul qadar yang bisa sahabat Dream amalkan. Dan jangan lupa untuk melakukan banyak ibadah serta amal baik di bulan Ramadan, karena kita tidak tahu kapan tanggal yang pasti dari malam tersebut akan datang.

Beri Komentar