Bacaan Doa Menyembelih Ayam dan Aturan Menyembelih Hewan Sesuai Ajaran Islam

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 28 Januari 2022 14:34
Bacaan Doa Menyembelih Ayam dan Aturan Menyembelih Hewan Sesuai Ajaran Islam
Aturan-aturan tersebut berpengaruh pada halal dan tidaknya daging yang dikonsumsi.

Dream – Allah SWT telah menyediakan segala sesuatu di dunia ini untuk bisa dimanfaatkan oleh manusia dengan sebaik mungkin. Baik itu tanaman dan hewan yang bisa dikonsumsi oleh manusia sebagai upaya mempertahankan hidup. Bahkan hal ini pun telah dijelaskan dalam firman-Nya melalui surat Al-Baqarah ayat 29 yang bunyinya sebagai berikut:

هُوَالَّذِيْخَلَقَلَكُمْمَّافِىالْاَرْضِجَمِيْعًاثُمَّاسْتَوٰٓىاِلَىالسَّمَاۤءِفَسَوّٰىهُنَّسَبْعَسَمٰوٰتٍۗوَهُوَبِكُلِّشَيْءٍعَلِيْمٌࣖ

Artinya: “ Dialah (Allah) yang menciptakan segala apa yang ada di bumi untukmu kemudian Dia menuju ke langit, lalu Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Baqarah: 29).

Meskipun apa yang disediakan Allah SWT telah dipersilahkan untuk digunakan, namun tentunya dalam Islam tetaplah memiliki aturan. Seperti halnya saat sahabat Dream akan mengonsumsi ayam. Ayam tersebut tidak serta merta langsung disembelih begitu saja. Tetapi ada tata cara serta doa menyembelih ayam yang sudah diajarkan dalam agama Islam. Sehingga nantinya ayam tersebut halal untuk dikonsumsi.

Selain memerhatikan tata caranya, penting juga untuk diketahui kriteria hewan yang akan disembelih, orang yang menyembelihnya, serta alat yang digunakan untuk menyembelih.

Nah, berikut adalah bacaan doa menyembelih ayam serta aturan dalam menyembelih hewan menurut ajaram Islam yang sudah dirangkum oleh Dream melalui m.oase.id dan Merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Bacaan Doa Menyembelih Ayam

Bacaan Doa Menyembelih Ayam© Shutterstock.com

Seperti halnya saat pelaksanaan kurban di hari raya Idul Adha, di mana sapi maupun kambing yang disembelih haruslah dibacakan doa terlebih dahulu. Begitu juga saat menyembelih ayam, juga harus membaca doa menyembelih ayam yang telah diajarkan dalam Islam. Doa ini memiliki peran yang sangat penting dan menjadi penentu apakah daging tersebut halal atau tidak untuk dikonsumsi.

Berikut adalah doa menyembelih ayam yang bisa sahabat Dream baca lengkap dengan artinya seperti dikutip dari m.oase.id:

 اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Artinya: Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku."

2 dari 3 halaman

Aturan dalam Menyembelih Hewan Menurut Islam

Aturan dalam Menyembelih Hewan Menurut Islam© Unsplash.com

Islam telah mengatur segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia agar sesuai dengan syariat. Tentunya aturan-aturan tersebut bukan bermaksud untuk mempersulit, akan tetapi memiliki tujuan yang baik untuk manusia sendiri. Sebelumnya sudah diketahui bahwa dalam menyembelih ayam haruslah membaca doa menyembelih ayam terlebih dahulu.

Hal yang sama juga untuk hewan lainnya, di mana sahabat Dream perlu untuk mengetahui aturan dalam menyembelih hewan sesuai ajaran Islam. Berikut adalah aturan menyembelih hewan menurut Islam seperti dikutip dari m.oase.id dan Merdeka.com:

Kriteria Hewan yang Disembelih

Mengonsumsi daging penting bagi manusia untuk bisa melengkapi kebutuhan gizinya, seperti protein dan lemak. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa sebelum mengonsumsi daging, haruslah diketahui dengan jelas tentang kriteria hewan seperti apa yang boleh disembelih sesuai dengan ajaran Islam. Berikut adalah beberapa kriteria daging hewan yang boleh untuk dikonsumsi oleh manusia menurut Islam:

  1. Dalam hukum fikih telah diatur bahwa ada beberapa hewan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi. Hewan-hewan tersebut di antaranya adalah sapi, kambing, kerbau, ayam, itik, angsa, dan kelinci.
  2. Kemudian hewan yang akan disembelih dalam kondisi masih hidup. Sehingga bukanlah hewan yang sudah mati atau sudah menjadi bangkai. Karena daging seperti ini haram untuk dikonsumsi.
  3. Lalu hewan yang akan disembelih haruslah bisa dikuasai. Dalam artian hewan tersebut bukan tergolong hewan yang liar atau sulit untuk dilakukan penyembelihan.
  4. Kriteria hewan yang terakhir adalah dari jenis ikan dan belalang. Kedua jenis hewan tersebut halal untuk dikonsumsi tanpa harus disembelih terlebih dahulu.

Orang yang Menyembelih

Aturan dalam menyembelih hewan menurut Islam juga harus memerhatikan siapa orang yang menyembelihnya. Hal ini sangat penting juga untuk menjadi penentu apakah daging tersebut halal atau tidak untuk dikonsumsi. Berikut adalah kriteria orang yang menyembelih hewan sesuai aturan Islam:

  1. Beragama Islam
  2. Berakal atau tidak dalam kondisi hilang ingatan atau gila
  3. Orang yang menyembelih boleh laki-laki atau perempuan, baik sudah dewasa maupun masih anak-anak
  4. Dan orang tersebut tidaklah murtad. Orang murtad sendiri adalah orang yang sudah meninggalkan agama Islam. Baik itu orang yang belum pernah masuk atau setelah masuk Islam. Maka penyembelihan hewan tersebut tidak halal, berikut dengan dagingnya yang dikonsumsi pun juga tidak halal.
3 dari 3 halaman

Aturan dalam Menyembelih Hewan Menurut Islam

Alat yang Digunakan untuk Menyembelih

Dalam menyembelih hewan harus dipastikan bahwa alat tersebut sudah benar-benar tajam. Baik itu yang berbahan besi, tembaga, kuningan, bambu, kayu, plastik, dan sebagainya. Akan tetapi dalam proses menyembelih tidak diperbolehkan untuk menggunakan kuku, gigi, dan tulang.

Selain itu, berdasarkan pada keputusan Komisi Fatwa MUI tanggal 24 Syawal 1396 H/18 Oktober 1976, proses penyembelihan hewan diperbolehkan dilakukan dengan cara mekanik melalui pemingsanan. Namun syaratnya hewan tersebut tidak sampai mati atau sudah menjadi bangkai.

Alat yang digunakan dalam menyembelih hewan pun telah dijelaskan oleh Rasulullah saw dalam sebuah hadis berikut ini:

إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْحَةَ وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ وَلْيُرِحْ ذَبِيحَتَهُ

Artinya: " Sesungguhnya Allah mewajibkan untuk melakukan kebaikan dalam semua tindakan. Jika kamu membunuh, baikkanlah pembunuhan itu. Dan apabila kamu menyembelih (hewan), maka baikkanlah penyembelihan itu. Hendaklah kamu mengasah parangnya dan memperlakukan dengan baik keadaan sembelihannya."

Bagian Tubuh Hewan yang Disembelih

Saat menyembelih hewan, maka bagian tubuh yang disembelih adalah leher, baik itu di bagian atas, tengah, maupun bawah. Di mana dengan memutuskan jalan makanan dan jalan napas. Akan lebih baik lagi jika memotong bagian dua urat nadi yang terletak di samping leher.

Sedangkan posisi orang yang menyembelih tidaklah aturan secara khusus. Orang tersebut boleh dalam posisi berdiri, jongkok, maupun duduk. Begitu juga arahnya juga tidaklaha ada ketentuannya.

Namun dianjurkan agar menyembelih hewan dengan menghadapkan hewan tersebut ke arah kiblat. Lalu niatkan diri bahwa menyembelih hewan hanyalah karena Allah SWT semata. Setelah merasa yakin bahwa hewan tersebut sudah benar-benar mati, maka baru bisa untuk dibersihkan.

Itulah bacaan doa menyembelih ayam serta beberapa aturan dalam menyembelih hewan sesuai aturan Islam yang sangat penting untuk diketahui, terutama bagi umat Islam.

Beri Komentar