Bacaan Doa Sebelum Wudhu dan Tata Cara Berwudhu yang Sesuai Ajaran Islam

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 15 Maret 2022 06:01
Bacaan Doa Sebelum Wudhu dan Tata Cara Berwudhu yang Sesuai Ajaran Islam
Sebelum wudhu, jangan lupa untuk membaca niat terlebih dahulu.

Dream – Sebelum menjalankan sholat, umat Islam diwajibkan untuk melakukan wudhu terlebih dahulu sebagai bagian dari upaya bersuci. Wudhu adalah salah satu cara menghilangkan hadas kecil yang menempel di tubuh. Hakikatnya ketika sholat kita sedang berhadapan dengan Allah SWT sehingga kondisi tubuh dan lingkungan sekitar haruslah suci dari hadas besar maupun kecil.

Tak hanya saat akan mengerjakan sholat saja, wudhu juga sering dilakukan ketika hendak membaca Al-Quran. Mengusapkan air ke sejumlah bagian tubuh mungkin terdengar hal sederhana. Namun tata cara berwudhu tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada adab dan tata cara yang wajib diketahui oleh setiap umat Islam.

Dengan melakukan wudhu yang baik dan benar, maka hal ini mampu untuk menggugurkan dosa serta membuat ibadah menjadi sah. Sebelum melakukan wudhu, ada juga doa sebelum wudhu yang sebaiknya tidak dilupakan. Terutama bacaan niat yang jangan sampai ditinggalkan.

Niat wudhu adalah amalan pertama yang paling penting untuk menentukan sah atau tidaknya suatu hal yang kamu lakukan. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis Bukhari berikut ini:

Rasulullah saw menerangkan bahwa segala perbuatan tergantung kepada niatnya, dan seseorang akan mendapatkan balasan menurut apa yang diniatkannya.” (HR. Bukhari”.

Berikut adalah bacaan doa sebelum wudhu yang bisa dihafalkan dan tata cara wudhu yang baik dan benar sesuai ajaran Islam sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui islam.nu.or.id dan merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Bacaan Doa sebelum Wudhu

Bacaan Doa sebelum Wudhu© Shutterstock.com

Berikut adalah bacaan doa sebelum wudhu dan niat wudhu yang wajib sahabat Dream ketahui sebagaimana dikutip dari islam.nu.or.id:

Membaca Ta’awudz

أَعُوْذُبِاللهِمِنَالشَّيْطَانِالرَّجِيْمِ

A‘ūdzu billāhi minas syaithānir rajīm.

Artinya: “ Aku berlindung kepada Allah dari gangguan setan yang terkutuk.”

Membaca Basmalah 

بِسْمِاللهِالرَّحْمنِالرَّحِيمْ

Bismillāhir rahmānir rahīm.

Artinya: “ Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Membaca Tahmid

الْحَمْدُلِلَّهِعَلَىالْإِسْلَامِوَنِعْمَتِهِ

Alhamdulillāhi ‘alal Islāmi wa ni‘matihī.

Artinya: “ Segala puji bagi Allah atas Islam dan nikmatnya.”

Membaca Ta’awudz

رَبِّأَعُوذُبِكمِنْهَمَزَاتِالشَّيَاطِينِوَأَعُوذُبِكَرَبِّأَنْيَحْضُرُون

Rabbi a‘ūdzu bika min hamazātis syayāthīni, wa a‘ūdzu bika rabbi an yahdhurūn.

Artinya: “ Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari gangguan setan. Aku juga berlindung kepada-Mu wahai Tuhanku dari kepungan mereka,” (QS: Al-Mukminun ayat 97-98).

Membaca Dua Kalimat Syahadat 

أَشْهَدُأَنْلآّاِلَهَإِلاَّاللهُوَأَشْهَدُأَنَّمُحَمَّدًارَسُوْلُاللهِ

Asyhadu an lā ilāha illallāhu, wa asyhadu anna Muhammadan rasūlullāhi.

Artinya: “ Aku bersaksi, tiada tuhan selain Allah. Aku juga bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.”

Niat Wudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul whuduua liraf'il hadatsil asghari fardal lillaahi ta'aalaa.

Artinya: “ Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardhu karena Allah Ta'ala.”

2 dari 3 halaman

Tata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Ajaran Islam

Tata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Ajaran Islam© Shutterstock.com

Setelah mengetahui doa sebelum wudhu, sahabat Dream juga wajib untuk mengetahui tata cara yang benar sesuai ajaran Islam. Dengan begitu, nantinya wudhu yang dilakukan sah, begitu juga dengan ibadah yang hendak dilaksanakan. Berikut adalah tata cara wudhu yang benar sesuai ajaran Islam seperti dikutip dari merdeka.com:

Membaca Niat Wudhu

Tata cara yang pertama adalah dengan membaca niat wudhu terlebih dahulu. Hal ini sangatlah penting dan jangan sampai ditinggalkan. Karena Rasulullah saw sudah menjelaskan bahwa segala sesuatu perbuatan yang dilakukan itu tergantung dengan niatnya.

Membaca Basmallah

Tata cara yang kedua adalah dengan membaca basmallah. Bacaan ini dibaca sembari mencuci kedua telapak tangan sebanyak tiga kali sampai ke bagian sela-sela jari. Meski begitu, walaupun sahabat Dream lupa membaca basmallah, hal tersebut tetap membuat wudhu menjadi sah.

Berkumur

Tata cara berikutnya adalah dengan berkumur. Kumur-kumur ini juga dilakukan sebanyak tiga kali untuk membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Dengan begitu, gigi dan mulut menjadi lebih bersih setelah berkumur.

Mencuci Lubang Hidung

Selanjutnya adalah mencuci lubang hidung sebanyak tiga kali. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalamnya. Di dalam ajaran Islam disunahkan untuk mencuci hidung dengan cara menghirup air sebanyak satu jail hirupan dan mengeluarkannya lagi sembari memencet hidung.

Mencuci Muka

Kemudian mencuci muka juga dilakukan sebanyak tiga kali. Mencuci muka dilakukan mulai dari ujung kepada tempat tumbuhnya rambut sampai ke bagian bawah dagu. Lalu dilanjutkan dengan membersihkan bagian telingan kanan dan kiri.

3 dari 3 halaman

Tata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Ajaran Islam

Mencuci Kedua Belah Tangan sampai Siku

Tata cara wudhu selanjutnya adalah mencuci kedua belah tangan sampai siku sebanyak tiga kali. Dianjurkan agar dilakukan dengan menduhulukan bagian tubuh sebelah kanan, baru kemudian sebelah kiri. Basuhlah tangan sampai ke bagian siku sesuai yang dijelaskan dalam firman Allah SWT surat Al-Maidah ayat 6.

Mengusap Kepala

Lalu mengusap kepala dari bagian depan ke belakang sebanyak satu kali. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ali bin Abi Thalib berikut ini:

Aku melihat Nabi saw mengusuap kepalanya satu kali.” (HR. Sahih Abu Dawud).

Membersihkan Kedua Telinga

Selanjutnya adalah membersihkan telinga dengan cara memasukkan jari telunjuk ke bagian dalam telinga. Lalu ibu jari diusapkan pada bagian kedua daun telinga. Lakukan hal tersebut secara bersamaan antar telinga sebelah kanan dan sebelah kiri.

Mencuci Kedua Kaki sampai Mata Kaki

Lalu cucilah kedua kaki sampai ke bagian atas mata kaki sebanyak tiga kali. Dahulukan kaki yang sebelah kanan, baru kemudian kaki sebelah kiri. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis Bukhari, bahwa dahulukan kaki kanan sampai tiga kali, lali kaki kiri. Dan saat membasuh kaki, Rasulullah saw juga menggosok dengan menggunakan kelingkingnya di sela-sela kaki.

Membaca Doa

Setelah semua tata cara wudhu selesai, umat Islam disunahkan untuk membaca doa setelah wudhu. Usahakan saat membaca doa sambil menghadap ke kiblat dan menengadahkan kedua tangan.

Beri Komentar