Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bacaan Doa Selesai Wudhu yang Lengkap dan Manfaat Wudhu untuk Kesehatan

Bacaan Doa Selesai Wudhu yang Lengkap dan Manfaat Wudhu untuk Kesehatan Bacaan Doa Selesai Wudhu (Foto Ilustrasi: Flickr.com/Afiq Razak)

Dream – Wudhu adalah cara bersuci yang diajarkan dalam ajaran Islam dan biasanya dilakukan saat akan menjalankan ibadah sholat. Tidak hanya ibadah sholat saja, wudhu juga dianjurkan untuk dilakukan saat akan mengaji dan hendak pergi tidur. Dengan begitu kondisi kita saat akan menjalankan ibadah apapun selalu dalam keadaan suci.

Berwudhu bukan sekadar aktivitas membasuhkan air ke beberapa bagian tubuh. Di setiap gerakan wudhu ada banyak doa yang bisa dibaca, bahkan dianjurkan dihapalkan. Baik itu doa akan wudhu maupun doa selesai wudhu yang penting sekali untuk dibaca. Apalagi dalam sehari setidaknya Sahabat Dream bisa berwudhu sebanyak lima kali saat akan menjalankan ibadah sholat lima waktu.

Bersuci dengan cara berwudhu juga jadi bagian dari upaya menjaga kebersihan diri. Karena dengan berwudhu, beberapa bagian tubuh akan dibersihkan dengan menggunakan air. Sehingga ibadah kepada Allah SWT benar-benar dalam keadaan yang suci dan bisa khusyuk beribadah.

Berikut adalah bacaan doa selesai wudhu dan beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan ketika berwudhu yang sudah dirangkum oleh Dream melalui islam.nu.or.id dan Brilio.net.

Bacaan Doa Selesai Wudhu

Bacaan Doa Selesai Wudhu

Saat akan wudhu, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Begitu juga setelah wudhu haruslah membaca doa selesai wudhu. Berikut adalah bacaan doa selesai wudhu yang bisa kamu baca seperti dikutip melalui islam.nu.or.id

أَشْهَدُأَنْلَاإلَهَإلَّااللهَوَحْدَهُلَاشَرِيكَلَهُوَأَشْهَدُأَنَّمُحَمَّدًاعَبْدُهُوَرَسُولُهُاللَّهُمَّاجْعَلْنِيمِنَالتَّوَّابِينَوَاجْعَلْنِيْمِنْالْمُتَطَهِّرِينَسُبْحَانَكَاللَّهُمَّوَبِحَمْدِكَأَشْهَدُأَنْلَاإلَهَإلَّاأَنْتَأَسْتَغْفِرُكَوَأَتُوبُإلَيْكَوَصَلَّىاللهُعَلَىسَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَآلِمُحَمَّدٍ

Asyhadu al lâ ilâha illaLlâh wahdahu lâ syarîka lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasûluhu. Allahumma ij’alni minat tawwâbîna waj’alni minal mutathahhirîn. Subhânaka Allâhumma wa bihamdika asyhadu al lâ ilâha illa Anta astaghfiruka wa atûbu ilaik. Wa shallaLlâhu ‘ala sayyidina Muhammad wa `âli Muhammad.

Artinya: “Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku sebagian dari orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah aku sebagian dari orang yang suci. Maha suci engkau Ya Allah, dan dengan memuji-Mu. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Engkau, aku meminta ampunan pada-Mu, dan bertaubat pada-Mu. Semoga berkah rahmat Allah senantiasa terlimpahkan pada nabi Muhammad dan keluarganya.”

Tidak sampai di situ saja, jika waktunya masih memungkinkan, dalam artian tidak membuatmu terlambat menjalankan sholat karena waktunya habis. Maka setelah membaca doa selesai wudhu bisa dilanjutkan membaca surat Al-Qadr sebanyak satu, dua, atau tiga kali dan membaca doa berikut ini:

اللهُمَّاغْفِرْلِيْذَنْبِيْوَوَسِّعْفِيْدَارِيْوَبَارِكْلِيْفِيْرِزْقِيْوَلَاتَفْتِنِّيْبِمَازَوَيْتَعَنِّيْ

Allahumma ighfir li dzanbî wa wassi’ fî dâri, wa bârik fî rizqiî, wa lâ taftinî bi mâ zawaita ‘annî.

Artinya: “Ya Allah, ampuni dosaku, lapangkan tempat tinggalku, berkahi aku dalam rizqi, dan jangan Engkau fitnah aku dengan halangan dari-Mu”.

Sunah setelah Wudhu

Setelah membaca doa selesai wudhu, sahabat Dream juga disunahkan untuk tidak mengusap atau mengelap air yang merupakan sisa wudhu di tubuh dengan menggunakan handuk atau kain lainnya. Karena wudhu sendiri adalah bagian dari ibadah. Dan air sisa wudhu yang masih menempel di tubuh adalah air yang penuh dengan berkah.

Hal ini pun juga dijelaskan dalam sebuah kitab bernama Al-Muhadzdzab juz I, hal. 44 oleh Imam al-Syirazi sebagai berikut:

ويستحب أن لا ينشف أعضاءه من بلل الوضوء لما روت ميمونة رضي الله عنها قالت: أدنيت لرسول الله صلى الله عليه وسلم غسلاً من الجنابة فأتيته بالمنديل فرده ولأنه أثر عبادة فكان تركه أولى

Artinya:Dan disunnahkan tidak mengelap anggota tubuh dari sisa basah sehabis wudhu, sebagaimana diriwayatkan oleh Maimunah RA yang berkata: “Aku menghampiri Rasulullah SAW sesudah beliau bersuci, kemudian memberikan handuk pada beliau, dan beliau menolaknya. Alasan lain ialah karena sisa basah wudhu tersebut merupakan efek ibadah, maka sebaiknya tidak dihilangkan”.

 

Manfaat Wudhu untuk Kesehatan

Manfaat Wudhu untuk Kesehatan

Selain bisa membersihkan diri, wudhu pun mampu memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dengan menghindarkan dari berbagai penyakit yang akan menyerang. Berikut adalah beberapa manfaat wudhu untuk kesehatan sebagaimana dikutip melalui Brilio.net:

Mencegah dari Kuman

Berwudhu adalah melakukan beberapa gerakan dengan membilas anggota tubuh dengan menggunakan air. Nah, air yang mengalir di tubuh inilah yang akan membersihkan kuman-muman yang menempel. Apalagi dalam sehari setidaknya umat Islam melakukan lima kali wudhu. Sehingga sangat baik untuk membersihkan tubuh dari adanya kuman yang menempel.

Meningkatkan Konsentrasi

Selain bisa mencegah dari adanya kuman, dengan berwudhu juga bisa meningkatkan konsentrasi. Hal ini karena salah satu gerakan wudhu adalah mengusap kepala dengan air. Dengan mengusap kepala menggunakan air bisa mendapatkan efek yang segar di kepala dan pikiran pun lebih tenang. Sehingga konsentrasi tersebut bisa kamu dapatkan.

Menjaga Kesehatan Pernapasan

Salah satu gerakan wudhu adalah menghirup air ke dalam hidung. Dalam dunia medis, hal seperti ini adalah mencuci rongga hidung dari kotoran yang menempel di dalamnya. Dengan begitu, hidung pun bisa bersih dari adanya debu, bakteri, maupun virus. Sehingga kesehatan pernapasan pun tetap terjaga baik.

Peredaran Darah Jadi Lancar

Saat berwudhu secara otomatis tubuh akan terkena air. Saat tubuh terkena air inilah yang bisa membuat suhu tubuh menjadi normal. Hal ini bisa terjadi karena adanya pertemuan antara suhu panas di dalam tubuh dengan suhu dingin. Dengan begitu, tubuh pun bisa lebih sejuk dan peredaran darah juga lebih lancar.

Mencegah Kanker Kulit

Kanker menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Salah satu jenis kanker yang berbahaya tersebut adalah kanker kulit. Dari penelitian yang pernah dilakukan telah ditemukan bahwa dengan berwudhu bisa mencegah kanker kulit. Hal ini karena air wudhu bisa membuat bahan-bahan kimia yang ada dalam pori-pori.

Itulah bacaan doa selesai wudhu yang penting diamalkan setelah berwudhu. Bahkan dengan melakukan wudhu ini tidak ada rugi yang didapatkan. Justru sahabat Dream bisa terhindar dari berbagai penyakit, bahkan yang berbahaya sekali pun.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Doa Sesudah dan Sebelum Wudhu Lengkap, Dipanjatkan sebagai Penyempurna Ibadah

Doa Sesudah dan Sebelum Wudhu Lengkap, Dipanjatkan sebagai Penyempurna Ibadah

Sebelum dan sesudah berwudu, membaca doa adalah langkah penting untuk menyempurnakan persiapan ibadah sholat dengan memenuhi syarat sah dan rukun wudu.

Baca Selengkapnya
Bolehkah Wudhu Sambil Bicara? Begini Penjelasannya yang Penting Diperhatikan Umat Islam agar Wudhunya Sempurna

Bolehkah Wudhu Sambil Bicara? Begini Penjelasannya yang Penting Diperhatikan Umat Islam agar Wudhunya Sempurna

Wudhu adalah bagian dari rangkaian ibadah yang harus dilakukan secara khusyuk.

Baca Selengkapnya
Doa Setelah Wudhu Muhammadiyah dan Tata Caranya yang Perlu Dipahami

Doa Setelah Wudhu Muhammadiyah dan Tata Caranya yang Perlu Dipahami

Dalam ilmu fiqih, berwudhu termasuk aktivitas thaharah (bersuci) yang merupakan syarat sah untuk melaksanakan sholat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Baca Doa Ini Ketika Keuangan Sulit dan Kehidupan Terhimpit!

Baca Doa Ini Ketika Keuangan Sulit dan Kehidupan Terhimpit!

Tujuan doa ini adalah memohon rezeki yang lancar, mudah, halal, dan penuh berkah agar bisa terbebas dari masalah keuangan yang menekan.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja

DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja

Terdengar simple, cara membuat melipat lengan kemeja agar terlihat ternyata ada trik lho Sahaba Dream. Nah sekarang kamu bisa simak video berikut.

Baca Selengkapnya