Bacaan Doa Setelah Sholat Subuh yang Diajarkan Rasulullah, Bisa Mendapat Nikmat & Anugerah Allah SWT

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 13 Januari 2022 13:00
Bacaan Doa Setelah Sholat Subuh yang Diajarkan Rasulullah, Bisa Mendapat Nikmat & Anugerah Allah SWT
Doa ini sangat baik untuk diamalkan, salah satunya memohon rezeki yang halal dari Allah SWT.

Dream – Sholat Subuh adalah salah satu bagian dari sholat lima waktu yang wajib untuk dijalankan oleh setiap umat Islam. Sholat ini dikerjakan pada pagi hari dengan rakaat yang paling sedikit dibandingkan dengan rakaat sholat fardhu lainnya, yakni dua rakaat.

Meskipun hanya berjumlah dua rakaat, untuk mengerjakannya tidaklah mudah. Di mana pada pagi hari tak sedikit orang yang merasa malas untuk beranjak dari tempat tidur karena masih mengantuk dan harus segera mengambil air wudhu. Sehingga wajar saja jika sholat subuh ini memiliki banyak sekali keutamaan, terutama bagi mereka yang menjalankannya secara tepat waktu.

Setelah menjalankan sholat subuh, ada baiknya sahabat Dream tetap berada di tempat sholat untuk memanjatkan doa setelah sholat subuh. Kamu bisa berdzikir dan memohon kepada Allah SWT. Ini menjadi momen yang sangat tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT yang disertai dengan kesungguhan serta hati yang tulus dan ikhlas.

Berikut adalah beberapa keutamaan dari sholat subuh dan doa setelah sholat subuh yang bisa kamu amalkan sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui Merdeka.com dan Brilio.net.

1 dari 3 halaman

Keutamaan Sholat Subuh

Keutamaan Sholat Subuh© Unsplash.com

Sholat subuh menjadi sholat yang dilaksanakan paling pagi dengan rakaat paling sedikit, yakni dua rakaat. Meskipun rakaatnya hanya sedikit, namun jika kamu bisa menjalaninya secara tepat waktu, maka ada banyak sekali keutamaannya. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Isra ayat 78 berikut ini:

اَقِمِالصَّلٰوةَلِدُلُوْكِالشَّمْسِاِلٰىغَسَقِالَّيْلِوَقُرْاٰنَالْفَجْرِۗاِنَّقُرْاٰنَالْفَجْرِكَانَمَشْهُوْدًا

Artinya: Laksanakanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula salat) Subuh. Sungguh, salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al-Isra: 78).

Berikut adalah beberapa keutamaan sholat subuh yang perlu sahabat Dream ketahui seperti dikutip dari Brilio.net:

Dibebaskan dari Orang Munafik

Keutamaan yang pertama adalah dibebaskan dari orang-orang munafik. Bahkan juga menghindarkanmu dari sifat munafik itu sendiri. Hal ini pun telah dijelaskan dalam sebuah hadis berikut ini:

Tidak ada Shalat yang lebih berat (dilakukan) bagi orang munafik daripada sholat Subuh dan juga sholat Isya. Seandainya mereka mengetahui (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat (Shalat) kemudian aku mengambil bara api dan kemudian membakar (rumah) orang yang belum tidak keluar melaksanakan Shalat (di masjid).” (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah).

Adanya Peluang Pahala Haji dan Umrah

Keutamaan dari sholat subuh adalah bisa membuka peluang untuk mendapatkan pahala haji dan umrah. Terutama bagi mereka yang menjalankan sholat subuh secara berjamaah kemudian dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat subuh atau berdzikir. Hal ini pun dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut ini:

Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

Terlindung dari Siksa Neraka

Setiap orang tentu tidak ingin merasakan panasnya api neraka. Oleh karena itu, lakukanlah amalan-amalan yang baik sebagaimana apa yang diperintahkan oleh Allah SWT. Salah satunya adalah dengan menjalankan sholat subuh. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis riwayat Muslim berikut ini:

Dari Umarah Radhiallahu ‘anhu berkata, “ Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Tidak akan masuk Neraka seorang yang shalat sebelum terbitnya matahari (Subuh) dan terbenamnya matahari (Ashar).” (HR. Muslim).

Mendapat Berkah Allah SWT

Mendapatkan berkah dari Allah SWT adalah hal yang diharapkan oleh setiap umat Islam. Meskipun seseorang telah dilimpahi rezeki, namun tak ada artinya jika tidak disertai dengan berkah dari Allah SWT. Nah, dengan menjalankan sholat subuh, apalagi jika dikerjakan secara berjamaah, maka hal ini pun akan mendatangkan berkah Allah SWT.

2 dari 3 halaman

Doa setelah Sholat Subuh

Doa setelah Sholat Subuh© Pixabay.com

Seperti dikutip dari Merdeka.com, melalui kitab Al-Azkar, Imam Nawawi menjelaskan bahwa Rasulullah saw telah memberikan bacaan doa setelah sholat subuh serta dzikir yang baik untuk diamalkan. Bagi umat Islam yang mengamalkan doa tersebut, maka ia termasuk orang yang beruntung dan bisa mendapatkan nikmat serta anugerah dari Allah SWT.

Inilah bacaan doa setelah sholat subuh yang baik untuk diamalkan tersebut:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Allâhumma anta rabbî, lâ ilâha illâ anta khalaqtanî. Wa anâ 'abduka, wa anâ 'alâ 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu. A'ûdzu bika min syarri mâ shana'tu. Abû'u laka bini'matika 'alayya. Wa abû'u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahû lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta.

Artinya:Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau."

Doa setelah Sholat Subuh untuk Memohon Rezeki

Allah SWT tentu sudah membagi rezeki kepada masing-masing umat-Nya. Meski begitu, rezeki tersebut tidak serta merta datang begitu saja. Tetapi juga harus ada usaha untuk menjemputnya dan yang tak kalah penting adalah berdoa. Nah, inilah doa setelah sholat subuh untuk memohon rezeki yang bisa sahabat Dream amalkan dan juga dibaca oleh Rasulullah saw:

اللَّهُمَّإِنِّيأَسْأَلُكَعِلْمًانَافِعًاوَرِزْقًاطَيِّبًاوَعَمَلًامُتَقَبَّلًا

Allahumma innii asaluka 'ilmaanaafi'aa. Wa rizqontoyyibaa wa amalammutaqobbalaa.

Artinya: “ Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima." (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Selain itu ada doa setelah sholat subuh lainnya yang bisa dibaca untuk memohon rezeki sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Daud berikut ini:

اللَّهُمَّإِنِّيأَصْبَحْتُأُشْهِدُكَوَأُشْهِدُحَمَلَةَعَرْشِكَوَمَلَائِكَتَكَوَجَمِيعَخَلْقِكَأَنَّكَأَنْتَاللَّهُلَاإِلَهَإِلَّاأَنْتَوَأَنَّمُحَمَّدًاعَبْدُكَوَرَسُولُكَ

Allahumma inni ashbathu usyhiduka wa usyhidu hamalata 'arsyika wa malaikatika wa jami'a khalqika annaka antallahu la ilaha illa anta wa anna Muhammadan 'abduka wa rasuluka.

Artinya:Ya Allah, aku telah berpagi, aku persaksikan Engkau, dan aku persaksikan kandungan 'arys-Mu, malaikat-malaikat-Mu serta seluruh makhluk-Mu bahwa Engkau adalah Allah, tiada tuhan selain-Mu dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba-Mu dan Rasul-Mu.” (Sunan Abi Dawud, Kitab Al-Adab, Bab Ma Yaqulu Idza Ashbaha, nomor 4407).

3 dari 3 halaman

Doa setelah Sholat Subuh

Doa setelah Sholat Subuh Mohon Rezeki Halal

Apa gunanya rezeki yang datang kepada kita jika tidak halal? Tentu akan sia-sia dan tentu tidak mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Oleh karena itu, selain berusaha untuk mendapatkan rezeki yang halal, sahabat Dream juga harus mendukungnya dengan berdoa. Berikut adalah doa setelah sholat subuh untuk memohon rezeki yang halal:

اللَّهُمَّاكْفِنِىبِحَلاَلِكَعَنْحَرَامِكَوَأَغْنِنِىبِفَضْلِكَعَمَّنْسِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika 'an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika 'amman siwaak.

Artinya:Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu." (HR. Tirmidzi).

Itulah beberapa keutamaan dari menjalankan sholat subuh serta doa setelah sholat subuh yang bisa sahabat Dream amalkan sebagaimana doa tersebut juga dibaca oleh Rasulullah saw.

Beri Komentar