Bacaan Sholawat Haji dan Usaha agar Impian Berhaji Segera Terwujud

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 23 Juni 2022 20:01
Bacaan Sholawat Haji dan Usaha agar Impian Berhaji Segera Terwujud
Jika berniat menunaikan ibadah haji, usahakan agar tidak lupa untuk selalu berdoa dan berikhtiar.

Dream – Upaya untuk mewujudkan impian menunaikan ibadah haji di Baitullah bisa dilakukan berbagai cara. Seseorang tak perlu juga mendapatkan uang banyak terlebih dahulu untuk mewujudkan niatnya menunaikan haji.

Sudah banyak cerita tentang masyarakat dari kalangan biasa, bahkan dengan ekonomi di bawah rata-rata yang bisa berangkat haji. Impian itu berhasil diwujudkan karena mereka bekerja keras demi bisa mencapai target tabungan haji yang diperlukan. Usaha pergi haji tentunya tak hanya bergantung dari jalan ikhtiar saja ya, sahabat Dream.

Jangan lupa juga untuk memperbanyak doa agar bisa pergi haji yang selalu dimohonkan kepada Allah SWT. Kita meyakini segala sesuatu berjalan atas kehendak Sang Pencipta. Apalagi ibadah haji yang adalah panggilan suci dari Allah SWT. Sahabat Dream bisa membaca sholawat haji berupa sholawat Hajjiyyat yang bisa memudahkan seseorang untuk segera naik haji.

Selain membaca sholawat haji, usahakan juga untuk melakukan ibadah-ibadah lainnya yang diperintahkan oleh Allah SWT. Nah, berikut adalah bacaan sholawat haji dan tips agar cepat haji sebagaimana dirangkum Dream melalui bincangsyariah.com dan islampos.com.

1 dari 3 halaman

Bacaan Sholawat Hajjiyyat

Bacaan Sholawat Hajjiyyat© Shutterstock.com

Sholawat haji yang bisa sahabat Dream amalkan agar bisa segera naik haji adalah sholawat hajjiyyat. Sholawat ini ditulis oleh Syekh Ahmad Qusyairi dalam kitab Al-Wasiilah Al-Hariyyah fi Al-Shalawat Ala Khairil Bariyyah. Berikut adalah bacaan dan artinya yang bisa sahabat Dream amalkan:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِ نَبِيِّكَ عَلَيْهِ أَفْضْلُ الصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ فِيْ لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهٖ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ.

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin tuballighunaa bihaa hajja baitikal haraam wa ziyaarata qabri nabiyyika alaihi afdhalus shalaatu was salaamu fi luthfin wa ‘aafiyatin wa salaamatin wa bulughil maraam wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa barik wa sallim.

Artinya: “ Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah shalawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya shalawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya.”

2 dari 3 halaman

Tips agar Cepat Naik Haji

Tips agar Cepat Naik Haji© Shutterstock.com

Setelah mengetahui bacaan sholawat haji, sahabat Dream juga perlu mengetahui beberapa tips agar bisa cepat naik haji. Berikut adalah tips-tipsnya yang bisa kamu ikuti:

Lebih Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Tips yang pertama agar cepat naik haji adalah lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi pada manusia adalah atas kehendak-Nya. Walaupun secara finansial kita sudah cukup, namu jika Allah SWT belum mengizinkan, maka hal itu tidak akan terjadi.

Jadi, banyak-banyaklah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tak hanya berdoa dan sholat saja. Tetapi juga lakukan amalan-amalan baik seperti berbakti pada orang tua, mempelajari ilmu agama, sholat ke masjid, dan masih banyak lagi.

Bersedekah

Tips berikutnya adalah bersedekah. Inilah hitung-hitungan versi Allah SWT yang sangat istimewa dibanding dengan hitung-hitungan secara umum. Bersedakah, meskipun membuat kita mengeluarkan uang, namun hal tersebut tidak akan membuat kita menjadi jatuh miskin. Justru Allah SWT akan menambah rezeki untuk kita.

Sahabat Dream harus menjadikan aktivitas sedekah sebagai usaha untuk memperoleh ridho dari Allah SWT sehingga nantinya mengizinkan kita untuk bisa menunaikan ibadah haji di Baitullah.

Menabung

Jika ada niat untuk menunaikan ibadah haji, maka hal penting yang harus sahabat Dream lakukan adalah menabung. Mungkin terdengar sederhana, namun dalam pelaksanaannya sendiri ada banyak sekali godaan. Terutama dari nafsu sendiri yang kerap kali ingin membeli berbagai barang.

Tak perlu khawatir meski menabung sedikit demi sedikit. Jika kamu melakukannya dengan istiqomah, insya Allah apa yang kamu niatkan itu akan terwujud atas izin Allah SWT. Kamu bisa memasang target kapan tabungan itu akan dibuka dan tentunya selama menabung usahakan agar tidak menggunakan uang itu sama sekali ya, sahabat Dream.

3 dari 3 halaman

Tips agar Cepat Naik Haji© Freepik.com

Berhemat

Hal yang tak kalah penting agar cepat naik haji adalah berhemat. Sahabat Dream harus bisa membedakan barang mana yang memang dibutuhkan atau hanya sekadar keinginan saja. Kalau pun bisa kurangi juga pembelian barang-barang yang kurang bermanfaat agar dana tersebut bisa dialokasikan untuk tabungan haji.

Mengingat bahwa sikap boros sendiri sangatlah tidak baik dan dilarang dalam Islam. Pastikan saja bahwa semua kebutuhan primer benar-benar terpenuhi dan kontrol diri untuk tidak membelanjakan barang-barang yang memang tidak dibutuhkan.

Konsisten

Lakukan semua usaha-usaha untuk naik haji secara konsisten. Baik itu beribadah, melakukan amalan-amalan seperti membaca sholawat haji, berdoa, dan berdzikir, kemudian menabung dan sebagainya. Karena tanpa adanya konsistensi, maka akan percuma saja dan membuat impianmu semakin lama untuk terwujud. Pastikan kamu menanamkan kedisiplinan yang baik di dalam diri dan ketika Allah SWT sudah mengizinkan, maka momen yang dinantik-nantikan itu akan tiba.

Melengkapi Informasi tentang Keberangkatan Haji

Tips lainnya agar cepat naik haji adalah melengkapi informasi tentang keberangkatan haji. Ini sangat penting untuk kamu yang benar-benar berniat naik haji agar selalu up to date pada informasi yang berhubungan dengan keberangkatan haji. Informasi itulah yang nantinya akan membimbingmu mulai dari pendaftaran, pengurusan dokumen, hingga keberangkatan nanti.

Beri Komentar