Bacaan Surat Al-Fil Arab, Latin, dan Arti, Beserta Keutamaannya Jika Sering Dibaca

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 14 Maret 2022 15:01
Bacaan Surat Al-Fil Arab, Latin, dan Arti, Beserta Keutamaannya Jika Sering Dibaca
Surat Al-Fil mengisahkan tentang kekuasaan Allah SWT yang mengusir Raja Abrahah dan pasukan gajahnya yang menyerang Ka’bah.

Dream – Bacaan surat-surat pendek biasanya akan Sahabat Dream baca setelah membaca Al-Fatihah ketika sedang menunaikan sholat. Meski bukan bagian dari rukun sholat, membaca surat pendek, atau potongan dari surat panjang, adalah sunnah yang tentunya membawa nilai pahala bagi yang mengerjakannya. 

Surat dengan jumlah ayat pendek biasanya banyak ditemukan dalam Quran juz ke-30 atau biasa disebut dengan Juz Amma. Salah satunya yang sering dibaca saat sholat sendiri atau berjamaah adalah surat Al-Fil.

Nama surat Al-Fil yang berarti gajah memiliki lima ayat dan sangat mudah untuk dihafalkan. Bahkan anak-anak usia dini sudah banyak yang menghafal bacaan surat ini. Ketika sudah mampu menghafalnya, kita bisa selangkah lebih maju dengan mengetahui makna di balik bacaan surat Al-Fil.

Banyak makna dan arti surat Al-Fil yang memberikan pelajaran hidup bagi seorang muslim. Salah satunya adalah cerita tentang kekuasaan Allah SWT yang menghancurkan pasukan gajah yang berusaha menghancurkan kabah. Selain kandungan maknanya, beragam keutamaan surat Al-Fil cukup banyak untuk diperoleh mereka jika sering membacanya

Nah, berikut adalah bacaan surat Al-Fil Arab, latin, dan arti, serta keutamaannya yang dirangkum oleh Dream melalui kapanlagi.com.

1 dari 2 halaman

Bacaan Surat Al-Fil Arab, Latin, dan Artinya

 Bacaan Surat Al-Fil Arab, Latin, dan Artinya© Shutterstock.com

اَلَمْتَرَكَيْفَفَعَلَرَبُّكَبِاَصْحٰبِالْفِيْلِۗ

Alam tara kaifa fa'ala rabbuka bi ash-haabil fiil.

Artinya: “ Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?”

اَلَمْيَجْعَلْكَيْدَهُمْفِيْتَضْلِيْلٍۙ

Alam yaj'al kaidahum fii tadhliil.

Artinya: “ Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?”

وَّاَرْسَلَعَلَيْهِمْطَيْرًااَبَابِيْلَۙ

Wa arsala 'alaihim thairan abaabiil.

Artinya: “ dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong,” 

تَرْمِيْهِمْبِحِجَارَةٍمِّنْسِجِّيْلٍۙ

Tarmihim bihijaratim minsijjiil.

Artinya: “ yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar,”

فَجَعَلَهُمْكَعَصْفٍمَّأْكُوْلٍࣖ

Faja'alahu ka'ashfim ma'kul.

Artinya: “ sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).”

2 dari 2 halaman

Keutamaan Surat Al-Fil

 

Keutamaan Surat Al-Fil© Shutterstock.com

 

Surat Al-Fil menjadi salah satu surat yang sangat populer di tengah umat Islam. Jumlah ayatnya yang sedikit, hal ini membuatnya mudah untuk dihafalkan. Bahkan surat Al-Fil juga sering dibaca dalam sholat fardhu maupun sholat sunah. Tak hanya mudah dihafal saja, surat Al-Fil juga cukup dikenal oleh umat Islam tentang kisahnya di masa lalu. Di mana membuktikan akan kebesaran Allah SWT yang mengusir Raja Abrahah dan pasukan gajahnya.

Oleh karena itu, barangsiapa yang membaca surat Al-Fil ini, maka ada banyak sekali keutamaannnya. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca surat Al-Fil yang penting diketahui sahabat Dream seperti dikutip dari kapanlagi.com:

Wirid untuk Mendapatkan Kemenangan

Keutamaan membaca surat Al-Fil yang pertama adalah wirid untuk mendapatkan kemenangan. Di mana ketika surat ini dibaca saat sedang berada di medan pertempuran, maka dipercaya akan bisa membuat musuh lari dengan sendirinya. Hal ini karena musuh tersebut dibayangi oleh rasa takut yang sangat besar.

Apalagi jika surat Al-Fil dibacakan langsung pada pemimpin yang sedang memimpin peperangan tersebut. Maka akan ada kuasa Allah SWT yang akan menolong dalam peperangan itu.

Menjadi Pegangan untuk Melawan Orang Dzalim

Keutamaan berikutnya dari membaca surat Al-Fil adalah menjadi pegangan untuk melawan orang yang dzalim. Dalam kehidupan sehari-hari, surat ini bisa sahabat Dream amalkan untuk melindungi rumah dari orang-orang yang dzalim. Dengan begitu, rumahmu pun akan selalu berada dalam perlindungan Allah SWT dan penghuninya bisa tinggal di rumah tersebut denga naman, nyaman, dan tenteram.

Untuk Melawan Gangguan Musuh

Keutamaan dari membaca surat Al-Fil adalah untuk melawan dari gangguan musuh. Mengingat bahwa kejahatan bisa terjadi di mana saja. Terutama bagi yang sedang mengalami peperangan. Suasana yang mencekam dan kehadiran orang-orang dzalim bisa memunculkan rasa ketakutan.

Namun dengan membaca surat Al-Fil, hal ini mampu untuk bisa membentengi diri dari ancaman musuh, tak terkecuali saat terjadi peperangan atau musuh orang dzalim. Dengan membaca surat Al-Fil, maka insya Allah, Allah SWT akan melenyapkan rasa takut itu dan memberikan perlindungan dari serangan musuh yang mengancam jiwa.

Amalan agar Selamat dari Bahaya

Dalam kehidupan ini, kita bisa saja dipertemukan oleh orang-orang yang jahat. Bahkan kita sendiri tidak tahu bentuk kejahatan seperti apa yang akan dilakukan dan kapan akan terjadi. Oleh karena itu, salah satu bentuk upaya untuk membentengi diri adalah dengan membaca doa, yakni surat Al-Fil.

Membaca surat Al-Fil ini dianjurkan untuk dibaca ketika menjalankan sholat subuh. Di mana sebelumnya, yakni pada rakaat pertama membaca surat Al-Insyirah. Hal tersebut dipercaya bisa mendatangkan kebaikan bagi yang membacanya. Baru kemudian di rakaat kedua membaca surat Al-Fil.

Itulah bacaan surat Al-Fil Arab, latin, dan artinya yang bisa sahabat Dream hafalkan. Bahkan jika sering membaca surat Al-Fil, ada beragam keutamaan yang bisa didapatkan oleh mereka yang mengamalkannya.

Beri Komentar