Bagaimana Menentukan Waktu Buka Puasa Ketika di Pesawat?

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 24 Mei 2019 12:00
Bagaimana Menentukan Waktu Buka Puasa Ketika di Pesawat?
Masalah yang kerap dihadapi ketika berada di dalam pesawat adalah menyesuaikan waktu.

Dream - Ketika bepergian menggunakan pesawat, kita terkadang kesulitan menyesuaikan waktu. Apalagi jika pergi ke luar negeri.

Terbang dari Indonesia malam hari namun sampai tujuan masih siang pada hari yang sama. Ada perbedaan waktu yang terkadang membuat kita kesulitan.

Apalagi jika kita bepergian saat bulan Ramadan seperti sekarang ini. Masalah yang paling terlihat adalah menentukan waktu buka puasa.

Dikutip dari Siakapkeli, Mufti Malaysia Zulkifli Mohamad Al-Bakri, menjelaskan sebenarnya ada keringanan bagi orang yang sedang bepergian jauh untuk tidak berpuasa. Syaratnya dia harus mengganti di hari lain.

Tetapi, bagi orang yang memutuskan untuk tetap berpuasa baik mengikuti negara asal atau negara tujuan, maka perlu memberhatikan ayat 187 Surat Al Baqarah.

" Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai waktu malam (Magrib)."

1 dari 1 halaman

Begini Caranya

Zulkifli menjelaskan ayat ini menjelaskan waktu berbuka ditetapkan jika masuk malam. Penandanya adalah hari yang berubah menjadi petang.

Hal ini juga dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dari Umar bin Khattab.

Rasulullah SAW bersabda, " Jika malam tiba dari sini (arah timur) dan siang pergi dari sini (arah barat) dan matahari terbenam, maka orang yang berpuasa hendaklah berbuka."

Imam An Nawawi dalam kitabnya Al Majmu' menjelaskan maksud hadis ini.

" Selesai dan sempurnanya puasa itu dengan terbenamnya matahari seperti yang disepakati seluruh Muslim."

Dari berbagai dalil ini, Zulkifli mengatakan waktu berbuka untuk orang puasa yang berada di dalam pesawat adalah waktu malam yang disaksikan dengan mata telanjang. Bisa juga dengan diumumkan oleh awak pesawat berdasarkan waktu setempat.

Namun demikian, sangat dianjurkan untuk melihat langsung kondisi langit dengan mata telanjang. Jika sudah petang, maka dapat berbuka puasa.

Sumber: Siakapkeli.my

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie