Tukang Sayur Keliling Jadi Sarjana, Bawa Dagangan Saat Wisuda

Reporter : Sugiono
Kamis, 5 Maret 2020 17:43
Tukang Sayur Keliling Jadi Sarjana, Bawa Dagangan Saat Wisuda
Keterbatasan dana tidak menjadi penghalang untuk meraih cita-cita.

Dream - Aksi seorang mahasiswa penjual sayur keliling datang ke wisuda sambil membawa motor lengkap dengan sayur dagangannya viral di media sosial.

Mahasiswa bernama Amirudin tersebut baru saja lulus dari Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, Jawa Tengah, pada 29 Februari 2020.

Di foto tersebut, Amirudin berpose menunggangi sepeda motor. Sementara keranjang berisi aneka sayuran dan kebutuhan dapur lainnya nangkring di bagian boncengan.

Sambil berpose di atas motornya, sarjana S1 PJOK (Pendidikan, Jasmani, Olah raga, dan Kesehatan) itu memegang tulisan yang bunyinya cukup menginspirasi siapa pun yang membacanya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by infocegatansolo (@_infocegatansolo) on

" Senadyan balungan kere, Alhamdulillah iso podo kancane" . Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya " Meskipun orang tak punya, Alhamdulillah bisa seperti teman-teman lainnya." Sementara di latar belakang posenya itu, terlihat Gedung Olah Raga (GOR) UTP Surakarta.

1 dari 5 halaman

Tidak Malu Jadi Penjual Sayur Keliling

Amirudin bercerita dia awalnya sangat bersemangat untuk kuliah, tapi tidak bisa karena terkendala keuangan.

Karena itulah dia tidak malu untuk menjadi penjual sayur keliling. Selain untuk membiayai kuliah, uang hasil jualan sayuran juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2 dari 5 halaman

Ingin Jadi Dosen

Setelah lulus dari UTP, Amirudin berkeinginan untuk melanjutkan kuliah S2 agar bisa menjadi seorang dosen.

" Cita-cita saya adalah menjadi dosen, dan pada saat yang sama mendapatkan uang untuk bertahan hidup dan biaya kuliah," katanya.

Selain jualan sayur, Amirudin juga menjual sapi dan kambing di kampungnya untuk memastikan mimpinya jadi dosen segera terwujud.

Sumber: World of Buzz

3 dari 5 halaman

Masya Allah, Pengayuh Becak Ini Akhirnya Jadi Sarjana

Dream - Profesi sebagai penarik becak tidak membuat Hamzah Amirullah berhenti menempuh pendidikan. Meski harus bersusah payah, pemuda asal Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, itu akhirnya menjadi sarjana lulusan Universitas Terbuka (UT).

Hamzah resmi menyandang gelar sarjana setelah diwisuda pada Minggu kemarin. Pemuda ini viral di media sosial setelah salah satu kawannya, Abd Rahman Wahab, mengunggah fotonya di Facebook.

Di satu foto, Hamzah terlihat berdiri mengenakan toga lengkap. Di sampingnya ada satu unit becak yang kerap dia pakai untuk mencari nafkah.

Sementara pada foto lainnya, Hamzah mendorong becaknya dengan mengenakan toga tersebut. Sementara di becak itu duduk seorang wanita yang merupakan ibunya.

" Alhamdulillah sarjanami ini saudara terbaikku beliau punya kisah yang haru berangkat dari sebuah becak sederhana beliau menjadi seorang sarjana muda," tulis Abd Rahman, dikutip dari pojoksatu.id, Senin 19 November 2018.

Abd Rahman, mengatakan foto-foto tersebut dikirim sendiri oleh Hamzah. Dia merasa bangga pada perjuangan Hamzah demi bisa meraih sarjana.

" Saudaraku Muhammad Hamzah Amirullah Us dengan becaknya," tulis Abd Rahman.

4 dari 5 halaman

Datang ke Wisuda dengan Becak

Pengguna Facebook lainnya, Irwan Fals, mengunggah video saat Hamzah sedang mengayuh becak mengenakan toga. Sedangkan di bangku penumpang, sang ibu duduk dengan anggun tengah menuju tempat berlangsung prosesi wisuda Hamzah.

Irwan juga menjelaskan Hamzah memang kerap bekerja serabutan sejak SD hingga lulus kuliah. Menurut dia, pemuda itu pernah menjadi tukang batu, pemulung, nelayan, hingga tukang becak.

" Inspiratif !!!! Teman yang satu ini, Muhammad Hamzah Amirullah Us lagi viral di Facebook dan grup-grup WhatsApp. Pagi tadi, ia menghadiri wisudanya di UT Majene dengan mengendarai becak bersama ibunya," tulis Irwan.

Sumber: Pojoksatu.id

5 dari 5 halaman

Ini Videonya

Beri Komentar