Ganjaran Bagi Manusia Meski Baru Punya Niat Berbuat Baik

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 30 Oktober 2018 06:00
Ganjaran Bagi Manusia Meski Baru Punya Niat Berbuat Baik
Amalan baik diganjar pahala berlipat, apalagi jika masih sebatas niat.

Dream - Setiap orang tentu memiliki kecenderungan untuk berperilaku baik maupun buruk. Bahkan, orang memiliki kebebasan untuk menentukan perilakunya.

Namun demikian, patut diperhatikan setiap perbuatan ada balasannya. Baik itu perbuatan baik maupun sebaliknya.

Terkait ganjaran, terdapat sejumlah firman Allah SWT yang menjelaskan hal ini. Demikian pula sabda Rasulullah Muhammad SAW.

Dikutip dari Bincangsyariah, dari sekian banyak dalil tersebut, ada satu hadis yang patut diperhatikan, yang derajatnya adalah qudsi. Hadis ini diriwayatkan Muslim dari Abu Hurairah RA.

Rasulullah SAW. bersabda, Allah Azza Wa Jalla berfirman, " Jika hambaKu berniat melakukan satu kejelekan, maka janganlah kalian catat atas niat jelek itu, jika ia melakukan niat jeleknya maka tulislah kejelekannya satu kejelekan. Dan jika ia berniat melakukan satu kebaikan lalu ia tidak melakukannya, maka tulislah untuknya satu kebaikan, jika ia melakukannya, maka tulislah untuknya sepuluh kebaikan."

 

1 dari 1 halaman

Ini Maknanya

Hadis ini menunjukkan betapa baiknya Allah SWT kepada pada hamba-Nya. Allah melarang malaikat mencatat niat buruk seorang hamba dan baru membolehkan dicatat jika sudah dikerjakan.

Berbeda jika mengenai kebaikan. Setiap orang yang berniat melakukan kebaikan, Allah SWT memerintahkan malaikat mencatatnya sebagai satu catatan. Jika sudah dilakukan, maka seorang hamba mendapatkan dua catatan kebaikan.

Hadis ini juga mengajarkan kebaikan selalu mengandung dampak lebih besar daripada keburukan. Allah SWT menyiapkan ganjaran berlipat bagi orang yang melakukan kebaikan.

Meski niat saja sudah diganjar banyak pahala, kita tetap harus mengupayakan terwujudnya amalan baik tersebut. Sebisa mungkin amalan baik itu hanya berhenti pada niat.

Selengkapnya...

Beri Komentar