Besarnya Keutamaan Ziarahi Makam Orangtua

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 11 Oktober 2018 20:00
Besarnya Keutamaan Ziarahi Makam Orangtua
Ziarah kubur bisa menjadi salah satu jalan untuk berbakti pada orangtua.

Dream - Ziarah kubur merupakan amalan sunah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Apalagi makam orangtua sendiri.

Terkadang, banyak dari kita jarang bisa berziarah. Padatnya aktivitas kerap menjadi alasan bagi kita untuk berziarah.

Padahal, ada keutamaan yang begitu besar dari amalan ini. Sehingga sebisa mungkin kita meluangkan waktu untuk berziarah.

Dikutip dari NU Online, Syeikh Al Bujairimi dalam Tuhfatul Habib alal Khatib menjelaskan keutamaan mengunjungi makam orangtua.

" Al Hakim meriwayatkan dari Abu Hurairah RA dengan keadaan marfu', 'Siapa saja yang menziarahi sekali makam kedua orangtuanya atau salah satu dari keduanya pada setiap Jumat, niscaya Allah mengampuninya dan ia tercatat sebagai anak yang berbakti kepada keduanya."

 

1 dari 1 halaman

Salah Satu Wujud Bakti

Bakti anak tidak hanya ketika orangtua masih hidup. Anak tetap bisa berbakti meski ibu bapaknya telah tiada. Hal itu bisa dilakukan lewat berbagai cara yang salah satunya adalah menziarahi makam orangtua.

Ziarah kubur juga bisa menjadi sarana bagi anak yang merasa telah berbuat durhaka kepada orangtua. Meskipun dia sering membantah perkataan orangtua, bukan berarti doanya untuk ibu bapaknya tidak terkabul.

" Diriwayatkan bahwa seorang anak yang kedua orang tuanya wafat sementara ia pernah berdurhaka terhadap keduanya, lalu ia berdoa kepada Allah sepeninggal keduanya, niscaya Allah mencatatnya sebagai anak yang berbakti."

Sebagai anak, kita mungkin tidak akan pernah bisa membalas kebaikan orangtua. Ziarah ke makam mereka dan mendoakan bisa jadi jalan bagi kita untuk berbakti. Maka sempatkanlah waktu di sela kesibukan demi ziarah kubur bapak ibu kita meskipun hanya sekali.

Selengkapnya...

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik