Lafal Niat Puasa 'Asyura dan Keutamaannya

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 18 Agustus 2021 20:00
Lafal Niat Puasa 'Asyura dan Keutamaannya
Puasa 'Asyura bisa menghapus dosa setahun lalu.

Dream - Hari 'Asyura yang ditunggu-tunggu akhirnya datang. Hari ke-10 Muharram tahun ini, 1443 H, jatuh bertepatan dengan Kamis, 19 Agustus 2021.

Saat Hari 'Asyura tiba, umat Islam dianjurkan untuk melaksankanan puasa sunah. Puasa ini punya banyak keutamaan.

Rasulullah Muhammad SAW menyebut puasa terbaik adalah puasa sunah di Hari 'Asyura. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis Rasulullah yang diriwayatkan Imam Muslim.

" Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulannya Allah, Muharram."

Salah satu keutamaan Puasa Sunah 'Asyura adalah dihapuskannya dosa setahun yang lalu. Keutamaan ini sungguh luar biasa.

Nah, bila ingin melaksanakan Puasa 'Asyura, awali dengan membaca lafal niat ini di malam hari. Jangan lupa makan sahur ya.

1 dari 5 halaman

Lafal Niat Puasa 'Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُورَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma 'asyuraa lillahi ta'ala.

Artinya,

" Saya niat puasa 'Asyura karena Allah Ta'ala."

Sumber: NU Online.

2 dari 5 halaman

Doa 'Asyura Untuk Memohon Ampunan

Dream - Hari 'Asyura merupakan momen yang tepat untuk memohon ampunan karena hari yang jatuh pada 10 Muharram ini mengandung banyak keistimewaan. Sangatlah pas kiranya kita memanfaatkan Hari 'Asyura untuk bertobat dari kesalahan sudah lalu maupun akan datang.

Keistimewaan hari `Asyura 10 Muharram ini banyak diisi umat muslim dengan menjalankan ibadah sunnah puasa Asyura. Tak seperti puasa Ramadhan, membaca niat puasa `asyura diperbolehkan dilakukan pada pagi atau siang hari.

Dengan memohon ampunan serta mengisinya melalui ibadah puasa 10 Muharram kita mengharapkan sifat Allah Allah memberikan pengampunan tanpa perhitungan. Selama hamba-Nya mau bertobat dan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Kemuliaan 'Asyura sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Manfaatkan sebaik mungkin, dengan menambah amal ibadah.

Ketika 'Asyura tiba, jangan lupa baca doa ini agar kita mendapatkan ampunan dari Allah.

 

3 dari 5 halaman

Doa 'Asyura Memohon Ampunan

اللهم يَا مُحْسِنُ قَدْ جَاءَكَ الْمُسِيْءُ، وَقَدْ أَمَرْتَ يَا مُحسِنُ بِالتَّجَاوُزِ عَنِ الْمُسِيْءِ، فَأَنْتَ الْمُحْسِنُ وَأَنَا الْمُسِيْءُ، فَتَجَاوَزْ عَنْ قَبِيْحِ مَا عِنْدِيْ بِجَمِيْلِ مَا عِنْدَكَ، فَأَنْتَ بِالْبِرِّ مَعْرُوْفٌ، وَبِاْلإِحْسَانِ مَوْصُوْفٌ، أَنِلْنِيْ مَعْرُوْفَكَ وَأَغْنِنِيْ بِهِ عَنْ مَعْرُوْفِ مَنْ سِوَاكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ

Allahumma ya mukhsinu qod jaakal musiu, wa qod amarta ya muhsinu bittajawuzi 'anil musii wa antal mukhsinu wa anal musiu fatajawaz 'an qobikhi ma 'indi bijamili ma 'indaka fa anta bil birri ma'rufun wa bil ikhsani maushuf, anilni ma'rufaka wa aghnini bihi 'an ma'rufi man siwaka ya arkhamar rakhimin, wa shallallahu ta'ala 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallama tasliman katsiran ila yaumid din.

Artinya,

" Ya Allah, wahai Dzat yang baik, telah datang kepada-Mu orang yang jahat dan Engkau telah menyuruh untuk memaafkan orang yang jahat. Engkau Maha Baik dan aku orang jahat, maka ampunilah kejahatanku dengan keindahan diri-Mu. Engkau dikenal dengan selalu berbuat baik, dan disifati dengan ihsan. Berilah aku kebaikan-Mu dan cukupkan aku dengannya dari kebaikan selain diri-Mu, wahai Dzat yang paling pengasih di antara para pengasih. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat pada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga serta sahabatnya, juga memberikan keselamat hingga hari pembalasan."

Sumber: Bincang Syariah.

4 dari 5 halaman

Doa 10 Muharram Agar Dipanjangkan Usia Untuk Selalu Dekat Allah

Dream - Muharram adalah bulan pembuka tahun Hijriah. Di bulan pertama kalender Islam ini terdapat hari istimewa yang selalu dinantikan muslim yakni 10 Muharram.

Pada 10 Muharram kita dianjurkan memberbanyak doa. Anjuran ini banyak disampaikan karena terdapat banyak keutamaan hari `Asyura, sebutan lain untuk tanggal penuh keberkahan ini.

Berada di Muharram, maka kita akan menjumpai hari-hari selama setahun penuh. Tahun nanti akan ditutup dengan hadirnya Zulhijah.

Tidak ada yang tahu apakah kita bisa melewati setahun ini secara penuh. Karena bisa jadi, kesempatan hidup kita terhenti di tahun ini.

Ketika kematian tiba, maka waktu kita untuk beribadah kepada Allah menjadi terputus. Tentu, kita ingin selalu dekat dengan Allah.

Agar kita diberkahi panjang usia untuk lebih dekat pada Allah, dianjurkan membaca doa ini di 10 Muharram nanti.

 

5 dari 5 halaman

Doa 10 Muharram Untuk Panjang Usia

اَللَّهُمَّ يَا مُفَرِّجَ كُلِّ كَرْبٍ، وَيَا مُخْرِجَ ذِي النُّونِ يَوْمَ عَاشُورَاءَ، وَيَا جَامِعَ شَمْلِ يَعْقُوبَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ، وَيَا غَافِرَ ذَنبِ دَاوُدَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ، وَيَا كَاشِفَ ضُرِّ أَيُّوبَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ، وَيَا سَامِعَ دَعْوَةِ مُوسَى وَهَارُونَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ، وَيَا خَالِقَ رُوحِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَبِيبِكَ وَمُصْطَفَاكَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ، وَيَا رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنتَ إِقْضِ حَاجَاتِنَا فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، وَأَطِلْ أَعْمَارَنَا فِي طَاعَتِكَ وَمَحَبَّتِكَ وَرِضَاكَ، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ، وَأَحْيِنَا حَيَاةً طَيِّبَةً، وَتَوَفَّنَا عَلَى اْلإِسْلاَمِ وَاْلإِيمَانِ، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين

Allahumma ya mufarrija kulli karbin, wa ya mukhrijadzin nuni yauma 'asyuraa wa ya jami'a syamli ya'quba yauma 'asyuraa wa ya ghafira dzanbi dawuda yauma 'asyuraa wa ya kasyifa dlurri ayyuba yauma 'asyuraa wa ya sami'a da'wati musa wa haruna yauma 'asyuraa wa ya kholiqo rukhi sayyidina muhammadin shallallahu 'alaihi wa sallaiama khabibika wa musthofaka yauma 'asyuraa wa ya rakhmanad dunya wal akhirati la ilaha illa anta iqdli khajatina fid dunya wal akhirati wa athil a'marana fi tho'atika wa makhabbatika wa ridlaka ya arkhamar rakhimin wa akhyina hayatan thoyyibatan wa tawaffana 'alal islami wal imani ya arkhamar rakhimin wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam, walhamdulillahi rabbil 'alamin.

Artinya,

" Ya Allah, wahai Yang membebaskan segala kesulitan. Wahai Yang melepaskan Dzin-Nun (Nabi Yunus) di hari ‘Asyura. Wahai Yang menghimpun kembali yg berserak Nabi Ya’qub di hari ‘Asyura. Wahai Yang mengampuni dosa Nabi Daud di hari ‘Asyura. Wahai Yang menyembuhkan derita Nabi Ayub di hari ‘Asyura. Wahai Yang mendengar doa Nabi Musa dan Nabi Harun di hari ‘Asyura. Wahai Yang menciptakan ruh Nabi Muhammad Saw di hari ‘Asyura. Wahai Yang mengasihi dunia dan akhirat. Panjangkanlah umurku dalam ibadah dan cinta kepada-Mu. Wahai Yang maha Pengasih diantara yang pengasih. Hidupkan-lah aku dalam kehidupan yang baik, matikanlah aku dalam kepasrahan dan percaya kepada-Mu. Wahai Yang maha Pengasih diantara yang Pengasih."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar