Penjual Es Cincau Kuasai 4 Bahasa, Fasih Karena Rajin Baca Buku

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Selasa, 20 April 2021 15:47
Penjual Es Cincau Kuasai 4 Bahasa, Fasih Karena Rajin Baca Buku
Mr Nanang fasih dalam empat bahasa yakni Bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, dan Belanda.

Dream - Salah satu minuman andalan untuk melepas dahagas setelah berpuasa sepanjang hari adalah es cincau kelapa muda. Perpaduan air kelapa dan jelly dari daun cincau dengan santan, serta manisnya sirup membuat minuman ini  sangat cocok dijadikan hidangan pembuka.

Di kawasan Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, terkenal seorang pernjual es cincau bernama Nanang Sukandar alias Mr Nanang. Berusia 55 tahun, Nanang diketahui fasih dalam empat bahasa yakni Bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, dan Belanda.

Seperti apa sosok Mr Nanang penjual es cincau ini? Dan bagaimana dirinya bisa fasih empat bahasa? Dilansir dari merdeka.com, Selasa 20 April 2021, berikut ulasannya.

 

1 dari 4 halaman

Sempat Viral

Nanang sempat menjadi sorotan masyarakat lantaran fasih berbahasa asing. Bahkan di tahun 2014 hingga 2015, dirinya sempat diundang ke sejumlah stasiun televisi karena kemampuannya yang tak biasa itu.

Menurutnya, keberanian untuk berkomunikasi dengan bahasa asing saat berjualan cincau membawanya ke titik yang tak ia duga sebelumnya.

" Iya saya masih ingat, tahun 2015 akhir itu ramai. Kemudian sampai 2019 itu masih banyak langganan yang datang, namun pas di 2020 itu sepi dan saya juga sempat vakum karena memang pandemi," ujar Nanang.

2 dari 4 halaman

Belajar dari Membaca Buku

Mr Nanang© Merdeka.com

Nanang mengungkapkan jika dirinya tidak pernah mengenyam pendidikan bahasa asing secara formal. Kemampuannya dalam menguasai berbagai bahasa asing hanya ia pelajari secara otodidak dari buku bacaan hingga kamus yang selalu dibawanya saat berjualan.

Ia juga banyak belajar bahasa asing dari beberapa buku favoritnya, salah satunya Das Kapital, karya filsuf asal Jerman Karl Marx.

" Knowledge is power," kata Nanang seperti dilansir dari Fimela.com.

 

 

3 dari 4 halaman

Sering Berbicara dengan Warga Asing

Kemampuannnya dalam berbahasa asing kian terasah karena dirinya cukup getol mempraktikkan bahasa asing kepada sejumlah pembeli, hingga turis luar negeri yang sedang berkunjung di Kota Hujan tersebut.

Menurut pengakuannya, sejak Sekolah Menengah Pertama, ia kerap ‘berburu’ bule di tempat-tempat umum untuk sekadar berkomunikasi.

Tak ayal, keberaniannya itu membawanya berkah di masa sekarang hingga dagangannya laris manis diburu para warga yang penasaran dengan aksi cas-cis-cus nya itu.

“ What is the cincau? Cincau is from the leaves, become just like jelly,” kata Nanang saat ditanya oleh seorang Youtuber lokal.

 

4 dari 4 halaman

Pernah Diajak Jalan-jalan ke Inggris

Rupanya kemampuannya dalam berbahasa asing juga mendapat perhatian dari para turis yang ia ajak bercakap-cakap. Ia mengaku pernah ditawari pergi ke Inggris secara gratis untuk sekadar jalan-jalan.

Pengalaman tersebut diterimanya saat masih duduk di bangku SMK. Ketika itu ia diajak oleh seorang turis yang tertarik dengan kecakapannya berbahasa Inggris hingga diajak berkeliling ke negeri Britania Raya itu.

“ Pernah diajak ke Bristol, England saat masa SMK (1 bulan sebelum lulus). Waktu itu cuma disuruh berkunjung saja oleh turis bernama Jessie Louis Gounding,” kenangnya.

Sumber: merdeka.com

Beri Komentar