Jawaban dari Sholat Istikharah Bukan Datang Lewat Mimpi

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 22 Agustus 2019 13:36
Jawaban dari Sholat Istikharah Bukan Datang Lewat Mimpi
Sholat Istikharah disunahkan kepada mereka yang menghadapi kebimbangan dalam mengambil keputusan.

Dream - Sholat Istikharah biasanya dilakukan seorang muslimah disaat bimbang menentukan pilihan. Kebimbangan diharapkan terjawab ketika menunaikan amalan sholat sunnah tersebut. 

Dengan sholat Istikharah kita berharap mendapatkan petunjuk dari Allah sehingga bisa mengambil keputusan terbaik.

Tetapi sunah ini tidak berlaku bagi orang yang sudah merasa yakin dengan keputusannnya. Juga pada orang yang condong pada salah satu pilihan.

Tujuan dilaksanakannya Sholat Istikharah adalah untuk menumbuhkan kemantapan hati dalam menentikan pilihan yang belum mantap benar.

Kebanyakan orang mungkin menganggap jawaban dari Sholat Istikharah tersampaikan lewat mimpi. Dalam mimpi tersebut, akan ada isyarat yang merujuk pada satu pilihan.

Namun apakah benar pandangan yang menyatakan jawaban Sholat Istikharah lewat mimpi?

1 dari 5 halaman

Tak Ada Hubungan Mimpi dengan Sholat Istikharah

Dikutip dari NU Online, Ulama besar asal Suriah, Syeikh Said Ramadhan Al Buthi pernah ditanya mengenai persoalan ini. Dia pun menuangkan jawaban atas pertanyaan tersebut dalam himpunan fatwanya, Masyurat Ijtima'iyyat.

" Tidak ada hubungan antara Sholat Istikharah dengan mimpi saat tidur, bahkan Sholat Istikharah itu hanya sebatas melaksanakan sholat lalu berdoa dengan doa yang disarikan dari Rasulullah. Lalu iringilah dengan melakukan perbuatan yang diistikharahi. Jika perbuatan itu baik, maka Allah akan mudahkan, dan jika buruk maka Allah akan memalingkan seseorang dari perbuatan tersebut."

 

2 dari 5 halaman

Lewat Kemudahan atau Kesulitan

Pandangan tersebut mengisyaratkan tidak ada kaitannya mimpi seseorang dengan Sholat Istikharah yang sudah dilakukan. Dalam fatwanya yang lain, Syeikh Said menegaskan seharusnya seseorang bergegas menjalankan hal yang dia istikharahi sesudah sholatnya.

Apabila merasakan kemudahan dalam menjalankannya, maka hal itulah yang terbaik baginya. Tetapi jika yang dijalani terasa berat dan banyak halangan, maka hal itu tidak baik baginya.

" Buah dari Sholat Istikharah bukanlah berupa lega atau tidaknya hati, juga tidak pada mimpi saat tidur. Hal yang dituntut dari seseorang setelah melaksanakan Sholat Istikharah adalah melanjutkan apa yang biasa dilakukannya dan melaksanakan sebab-sebab terjadinya hal yang ia istikharahi. Jika ternyata baik, maka Allah akan memudahkannya, dan jika buruk maka Allah akan mengunci jalannya dan akan mengikat hal tersebut (agar tidak terjadi)."

 

3 dari 5 halaman

Kemantapan Hati

Ulama lain yang juga mengutarakan pendapat senada yaitu Syeikh Mutawali As Sya'rawi. Dalam fatwanya yang termaktub pada Al Fatawa As Sya'rawi, Syeikh Mutawali menyatakan mimpi tidak berlaku untuk Sholat Istikharah.

" Mimpi pada saat tidur tidaklah berlaku pada Sholat Istikharah, tetapi mimpi tersebut bermula dari isi hatinya terhadap suatu subjek tertentu. Istikharah secara syara' hanya tertentu pada hal yang diajarkan oleh Nabi Muhammad, yakni sholat dua rakaat lalu memohon pada Allah dengan doa yang sudah dijelaskan (dalam hadis), lalu apa yang tercerahkan (merasa lega) dalam hatimu setelah melaksanakan shalat dan doa istikharah, maka itulah hal yang dikehendaki oleh Allah padamu."

Antara Syeikh Said Ramadhan Al Buthi dan Syeikh Mutawali As Sya'rawi memiliki perbedaan mengenai jawaban Sholat Istikharah. Syeikh Said menyatakan jawaban sholat sunah tersebut akan terwujud lewat mudah atau sulitnya menjalankan hal yang diistikharahi. Sedangkan Syeikh Mutawali berpandangan jawaban terletak pada kemantapan hati setelah menjalankan Sholat Istikharah.

Meski demikian, keduanya sama-sama menyatakan jawaban sholat Istikharah tidaklah lewat mimpi. Juga, keduanya menyatakan mimpi dalam tidur tidak ada kaitannya dengan Sholat Istikharah sama sekali.

Sumber: NU Online.

4 dari 5 halaman

Doa Sholat Istikharah agar Dapat Petunjuk Terbaik

Dream - Manusia selalu dihadapkan dengan beragam pilihan. Hal itu terjadi pada seluruh aspek kehidupan.

Saat berada dalam kondisi ini, jalan yang terbaik adalah meminta petunjuk kepada Allah. Caranya melalui sholat Istikharah.

Sholat sunah ini mungkin identik dengan memilih jodoh. Padahal, sholat ini bisa dijalankan untuk semua hajat atau kebutuhan.

Dengan istikharah, kita memasrahkan diri kepada Allah. Tentu kita berharap petunjuk yang terbaik dari Allah sehingga kita mantap dalam menjatuhkan pilihan.

Doa ini dianjurkan dibaca dalam rangka meminta petunjuk usai sholat Istikharah.

 

5 dari 5 halaman

Doa Istikharah

 Doa istikharah

Ya abshoron nadzirina wa ya asma'as sami'ina wa ya asro'al hasibin wa ya arhamar rohimina wa ya ahkamal hakimina sholli 'ala muhammadin wa 'ala ali baitihi wa khirli fi kadza wa kadza…

Artinya,

" Wahai Zat Yang Maha Melihat dari semua yang bisa melihat, wahai Yang Maha Mendengar dari semua yang bisa mendengar, wahai Yang Maha Penyayang dari semua penyayang, wahai Yang Maha Bijaksana dari semua yang bijaksana, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan segenap keluarganya, pilihkanlah untukku dalam perkara ini dan ini… (sebutkan hajatnya)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone