5 Ayat Alquran untuk Obat Patah Hati dan Sedih

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Kamis, 2 Juli 2020 18:00
5 Ayat Alquran untuk Obat Patah Hati dan Sedih
Berusaha berprasangka baik kepada Allah SWT dan percaya atas takdir terbaiknya adalah salah satu solusi untuk menenangkan diri yang patah hati.

Dream – Perasaan sedih dan kecewa biasanya akan muncul ketika seseorang patah hati. Banyak merenung hingga menangis menjadi salah satu respons diri kala mengalaminya.

Tak jarang, orang yang merasakan patah hati akan terpuruk dalam kesedihan hingga merasa putus asa. Jika tidak ditangani dengan baik, perasaan tersebut akan menimbulkan stress berkepanjangan bahkan trauma.

Sebagai umat Islam, kita diajarkan untuk selalu berbaik sangka dan memohon untuk ditunjukkan takdir terbaik oleh Allah SWT. Agar tak terus-terusan merasa patah hati, ada baiknya kita juga berusaha mendekatkan diri dan menerima segala takdir yang sudah ditentukan.

Berikut 5 ayat rekomendasi yang bisa menjadi bahan renungan bagi kita agar merasa lebih tenang saat patah hati.

1 dari 6 halaman

QS. Al Insyirah: 1-5

 40 Kata-Kata Bijak Islami Dari Al Quran© MEN

" Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu? dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu, yang memberatkan punggungmu? Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu, Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan..” (QS. Al Insyirah: 1-5 )

Surat Al-Insyirah merupakan salah satu surat yang bisa memberikan kelapangan hati bagi siapa yang membacanya.

Dalam ayat ke 5, Allah SWT berfirman bahwa sesudah kesulitan ada kemudahan, hal ini menjadi sebuah bukti bahwa ketika kita mengalami suatu hal yang buruk, atau sulit, Allah SWT menjanjikan kemudahan untuk kita setelahnya.

 

 

2 dari 6 halaman

QS. Al Baqarah:216

 QS. Al Baqarah:216© Dream.co.id

" ... Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui,"


3 dari 6 halaman

QS. Al Baqarah:155-156

 QS. Al Baqarah 155© Dream.co.id

" Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar," (QS. Al Baqarah:155)

 

 QS. Al Baqarah 156© Dream.co.id

" (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: " Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun" (QS. Al Baqarah:156)

Dua ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah SWT akan menguji hambanya dalam berbagai bentuk musibah atau cobaan, seperti rasa takut kepada musuh, rasa lapar karena kekurangan makanan, kekurangan harta benda karena hilang atau sulit mendapatkannya, berkurangnya jiwa akibat bencana yang menelan korban jiwa atau gugur di medan jihad fi sabilillah, dan berkurangnya buah-buahan yang tumbuh di muka bumi.

Allah SWT pun menjanjikan kepada orang-orang yang sabar menghadapi musibah tersebut, bahwa mereka akan mendapatkan sesuatu yang menyenangkan hati mereka di dunia dan di akhirat.

 

 

4 dari 6 halaman

QS. Al Baqarah:286

 QS. Al Baqarah:286© Dream.co.id

" Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): " Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir" . (QS. Al Baqarah:286)

 

5 dari 6 halaman

QS. At-Taubah:40

 QS. At Taubah:40© Dream.co.id

" Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: " Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita" . Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS. At-Taubah:40)


6 dari 6 halaman

Doa Ketika Patah Hati

Salah satunya dengan membaca doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW ini. Doa ini tercantum dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim.

 Doa saat patah hati© dream.co.id

Allahuma ajurni fi mushibati wa akhlifli khaira minha.

Artinya:

" Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya."

(Dari berbagai sumber)

Beri Komentar