Panduan Agar Doa Lebih Cepat Dikabulkan Allah SWT

Reporter : Ulyaeni Maulida
Selasa, 5 Mei 2020 06:01
Panduan Agar Doa Lebih Cepat Dikabulkan Allah SWT
Berdoalah kepada Allah SWT dengan penuh kepasrahan.

Dream – Berdoa kepada Allah SWT harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Salah satu cara terbaik agar doa segera diijabah adalah dengan memohon penuh kerendahan hati. Setiap muslim juga harus meyakini Allah adalah satu-satunya tempat untuk meminta.

Semakin seseorang merasa hanya Allah sebagai tempat memohon, maka semakin besar pula kesempatan doa tersebut diterima.

Allah SWT berfirman, “ Siapakah yang memperkenankan doa orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya. Dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu manusia sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada Tuhan yang lain? Amat sedikitlah kamu mengingatinya.” (QS. An-Naml: 62).

Agar doa mu segera diijabah, cobalah praktekkan cara-cara berikut ini.

1 dari 3 halaman

Meminta dengan penuh kerendahan hati

Berdoa© Pixabay.com

Cara terbaik agar doa segera diijabah adalah meminta dengan penuh kerendahan hati. Selalu yakin bahwa “ Tiada daya tiada upaya. Melainkan karena Allah semata”

Bersihkan hati dari segala kesombongan duniawi. Bersimpuh sepenuhnya kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman, “ Dan Rabbmu berfirman: Berdoalah kepada-Ku. Niscaya akan Ku perkenankan bagimu. Sesugguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk nerak jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al-Ghafir: 60).

2 dari 3 halaman

Yakin Segala Sesuatu adalah Milik Allah SWT

Berdoa© Shutterstock

Dalam berdoa, harus selalu yakin bahwa apa yang telah Allah takdirkan adalah yang terbaik bagi hambanya. Selalu percaya bahwa apa yang ada didunia hanyalah titipan dan semuanya adalah milik Allah SWT.

Seperti firman Allah SWT dalam Al-Quran:

“ Katakanlah: Sesugguhnya sembahyangku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah. Rabb semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya. Dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerakan diri (kepada Allah).” (QS. Al-An’am: 162-163).

3 dari 3 halaman

Berdoa dengan Doa Nabi Muhammad SAW.

Berdoa© Pixabay.com

Nabi Muhammad SAW. memiliki serangkaian doa yang diajarkan kepada kita.

Nabi punya doa untuk keluar dan masuk ke rumah, doa di pagi dan sore hari, doa ketika melihat bulan sabit, doa ketika melihat bintang, bulan dan matahari, serta doa untuk makan dan minum. Semua yang beliau lakukan selalu diiringi dengan doa.

Nabi Muhammad SAW. tak hanya sekedar berdoa. Namun beliau juga selalu melakukannya secara berulang dan dipenuhi dengan perasaan penuh haru didalamnya.

Aishah RA berkata: Nabi memberi tahu kami tentang sholat malamnya. Nabi akan menangis sampai beliau membasahi janggutnya dengan air mata beliau. Dan kemudian beliau duduk setelah sholat dan beliau akan terus menangis saat berdoa.

Begitulah ajaran Nabi SAW. Beliau selalu bersungguh-sungguh dalam berdoa. Selalu memenuhi setiap doa dengan perasaan penuh harap hanya kepada Allah SWT.

(Sumber: stress/">aboutislam.net)

Beri Komentar