Cara Bersyukur Kepada Allah Sesuai Tuntunan Islam

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selasa, 3 Desember 2019 17:47
Cara Bersyukur Kepada Allah Sesuai Tuntunan Islam
Bersyukur merupakan cara kita untuk berterima kasih kepada Allah SWT atas kenikmatan yang diberikan.

Dream - Bersyukur kepada Allah SWT merupakan hal yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Dalam keadaan susah ataupun senang, umat muslim harus tetap bersyukur kepada Allah SWT.

Bersyukur adalah suatu perbuatan yang bertujuan untuk berterima kasih atas segala kenikmatan yang telah Allah berikan. Lawan dari syukur sendiri adalah kufur nikmat, yaitu sifat enggan untuk menyadari atau bahkan mengingkari bahwa nikmat yang telah didapatkan adalah dari Allah SWT.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk bersyukur kepada Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa cara bersyukur kepada allah dan nikmatnya dalam islam.

1 dari 3 halaman

Cara Bersyukur kepada Allah SWT

 © Dream

Imam Al Ghazali menerangkan bahwa cara bersyukur kepada Allah SWT dapat dilakukan dengan empat cara yaitu seperti dikutip dari buku Amalan Pembuka Rezeki tulisan Karya Haris Priyatna, Lisdy Rahayu.

Bersyukur dengan lisan

Cara bersyukur kepada Allah SWT pertama yaitu bersyukur dengan lisan. Bila hati seseorang telah sangat yakin bahwa segala nikmat yang didapatkan berasal dari Allah SWT, dia pasti akan mengucapkan Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).

Bersyukur dengan hati.

Cara bersyukur kepada Allah SWT berikutnya yaitu bersyukur dengan hati. Bersyukur dengan hati dilakukan dengan menyadari sepenuhnya bahwa segala nikmat dan rezeki yang didapatkan semata-mata merupakan karunia dan kemurahan Allah SWT. Bersyukur dengan hati bisa membawa seseorang pada sikap menerima karunia Allah, dengan penuh keikhlasan tanpa kecewa atau keberatan betapa pun kecilnya nikmat tersebut.

Bersyukur dengan tindakan

Cara bersyukur kepada Allah SWT ketiga yaitu dengan tindakan. Bersyukur dengan tindakan bermakna bahwa semua nikmat yang diperoleh harus dimanfaatkan di jalan yang diridhai-Nya. Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa Allah SWT sangat suka melihat nikmat yang diberikan kepada hambaNya dengan cara dimanfaatkan sebaik-baiknya. Contohnya seperti orang kaya yang membagi-bagikan sebagian hartanya sebagai akat sedekah dan masih banyak contoh lainnya.

Merawat kenikmatan

Apabila mendapatkan nikmat dari Allah SWT usahakan untuk merawatnya agar tidak rusak. Hal ini juga termasuk sebagai cara bersyukur kepada Allah SWT. Contohnya seperti merawat tubuh kita yang sehat karena karunia dari Allah SWT.

2 dari 3 halaman

Cara Bersyukur Atas Nikmat Allah

 © Dream

Banyak cara yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan kepadamu.

Cara bersyukur dengan menjaga kesehatan

Salah satu contoh cara bersyukur dengan menjaga kesehatan yaitu dengan menghindari rokok dan minuman beralkohol. Kedua hal tersebut adalah mudharat dan akan memberikan banyak masalah kesehatan untuk tubuh kita.

Cara bersyukur dengan pola hidup sehat

Menjaga makan, istirahat yang cukup, berolahraga, merupakan suatu cara bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan dalam bentuk pola hidup sehat.

Cara bersyukur dengan menjaga kebersihan

Islam juga menaruh perhatian lebih dalam urusan menjaga kesehatan serta mensyukuri nikmat sehat yakni dengan cara selalu menjaga kebersihan. Lingkungan yang bersih membuat lingkungan tersebut menjadi sehat dan baik untuk kita.

Cara bersyukur dengan taat beribadah

Taat beribadah merupakan bentuk nyata mensyukuri atas kenikmatan yang Allah SWT berikan. Karena pada dasarnya, merealisasikan segala macam amal shalih merupakan bentuk dari mensyukuri nikmat Allah.

Cara bersyukur dengan senyuman

Senyum merupakan salah satu bentuk perbuatan syukur atas semua nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Tidak hanya itu, senyuman juga bisa memberikan energi posti kepada orang lain dan juga merasakan nikmat dari Allah SWT.

3 dari 3 halaman

Cara Bersyukur dalam Islam

 © Dream

Dalam Islam juga disebutkan bagaimana cara bersyukur yang benar.

Selalu mengingat Allah SWT dalam hati nurani

Selalu mengingat Allah SWT dimanapun dan kapanpun merupakan bentuk bersyukur kepada Sang Pencipta. Karena semua yang ada di dunia ini adalah ciptaan-Nya, mulai dari manusia sampai alam yang kita tinggali ini. Maka dari itu, jagalah hati kita setiap detik untuk mengingat kebesaran-Nya.

Menjauhi penyakit hati

Penyakit-penyakit dalam hati bisa membuat seseorang menjadi kufur nikmat. Kita harus bisa memurnikan hati dari hal-hal buruk, seperti perasaan hasad, takkabur, riya', atau ujub.

Meningkatkan ketaqwaan

Cara bersyukur tidak harus melalui lisan atau hati saja, melalui perbuatan juga bisa. Contohnya seperti menjadi pribadi yang bertaqwa. Menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya

Beramal kepada orang-orang yang membutuhkan

Jika kamu diberikan kenikmatan reeki yang berlimpah, maka salah satu cara bersyukur yang bisa kamu lakukan yaitu dengan berbagi kepada sesama manusia. Disebagian harta kita terdapat hak untuk orang yang membutuhkan. Maka dari itu, kita tidak boleh lupa beramal maupun bersedekah.

Membagi ilmu yang dimiliki

Hendaknya bagi kamu yang memiliki ilmu tinggi atau berwawasan luas membagikannya kepada orang lain. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membagi-bagikan ilmu yang kamu miliki. Seperti menjadi tenaga pendidik, bahkan juga bisa lewat tulisan artikel yang bermanfaat di internet atau sosial media.

 

(Andrawira Diwiyoga/Sumber: dalamislam dan merdeka)

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna